Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Pada Siswa di SMP Darul Hikmah Mataram

Authors

  • Abrar Abrar Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Komang Sundara Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/civicus.v5i2.977

Keywords:

peranan, pendidikan, kewarganegaraan, menanamkan, sikap, nasionalisme

Abstract

Salah satu upaya pemerintah dalam menumbuhkan nasionalisme adalah dengan memberikan pemahaman melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mulai dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas,  bahkan sampai ke perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanamkan sikap nasionalisme pada siswa Sekolah Menengah Pertama Darul Hikmah Mataram. Metode dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data berupa data kualitatif, dengan perolehan data sebagai sumber data primer melalui wawancara dan sumber data, dan data sekunder melalui dokumentasi serta catatan yang terkait. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn yang dilaksanakan di SMP Darul Hikmah Mataram mampu menumbuhkan semangat nasionalisme para peserta didik. Hal ini terlihat dari kehidupan para siswa yang selalu antusias melaksanakan hari-hari besar nasional, melaksanakan upacara bendera, selalu aktif dalam kegiatan pramuka, rajin masuk sekolah, disiplin dalam kehidupan sehari-hari, rajin melaksanakan tugas yang diberikan guru. Kesadaran siswa-siswi akan pentingnya pendidikan sangat tinggi, terlihat pada saat proses belajar mengajar, jarang ada yang malas apalagi bolos. Jika ada siswa-siswi yang malas, biasanya setelah diberikan teguran dan nasihat akan sadar dengan sendirinya.

 

One of the Government's efforts in fostering nationalism is to provide understanding through learning of citizenship education ranging from primary level to secondary school, even to the College. The purpose of this research is to know the role of civic education in cultivating a learning attitude of nationalism on a junior high school student Darul Hikmah Mataram. Research methods and approaches used is descriptive qualitative. Data collection method using observation, interview and documentation. The type of data in the form of qualitative data, with the acquisition of the data as the source of primary data through interviews and data sources, and secondary data through documentation and the related notes. Data analysis using data reduction, the presentation of data, and the verification conclusion and withdrawal. The results showed that the learning of PKn in SMP Darul Hikmah Mataram was able to foster a spirit of nationalism learners. This is apparent from the lives of the students who have always been enthusiastic about carrying out major national days, carry out ceremonial flags, always active in Boy Scout activities, diligently attend school, discipline in our daily lives, diligently perform the duties given the teacher. Awareness of the students of the importance of education is very high, visible at the time the process of teaching and learning, there are lazy much less skipping. If there are students who are lazy, usually after being given a reprimand and advice will be aware of its own.

References

N. Fattah, “Manajemen Pendidikan,†Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

H. J. Muchtar, “Fikih Pendidikan,†2017.

M. H. Affan, “Membangun Kembali sikap Nasionalisme Bangsa Indonesia dalam Menangkal Budaya Asing di Era Globalisasi,†J. Pesona Dasar, vol. 3, no. 4, 2016.

A. S. Fibrianto and S. Bakhri, “Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) Dalam Pembentukkan Karakter, Moral Dan Sikap Nasionalisme Siswa Sma Negeri 3 Surakarta,†J. Moral Kemasyarakatan, vol. 2, no. 2, pp. 75–93, 2017.

M. Z. Alfaqi, “Memahami Indonesia Melalui Prespektif Nasionalisme, Politik Identitas, Serta Solidaritas,†J. Ilm. Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 28, no. 2, 2016.

O. Darmayati, I. Suntoro, and H. Yanzi, “Pengaruh Budaya dan Lingkungan Sekolah Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa,†J. Kult. Demokr., vol. 3, no. 4, 2015.

W. Hamisa, “Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa di Era Globalisasi,†Purwokerto Jur. Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, 2013.

W. Wuryandani, “Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran untuk menanamkan nasionalisme di sekolah dasar,†in Proceding seminar nasional lembaga penelitian UNY, 2010, pp. 1–10.

S. M. Suripto, “Pelaksanaan Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) dalam Upaya Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Siswa di SMP Negeri 3 Malang,†J. HKN FIS UM, vol. 3, no. 6, 2015.

R. A. Trisandi, “Peran Guru Sejarah Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Slawi Tahun Ajaran 2012/2013.†Universitas Negeri Semarang, 2013.

L. J. Moleong, “Metodologi Penelitian Kualitatif,(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010), cet,†Ke-13, h, vol. 111.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.

A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian, Jakarta: PT,†Rineka Cipta, p. 201:274, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2014.

I. RAWANTINA and N. Iriane, “Penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme untuk mewujudkan pendidikan karakter pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas x sma negeri 4 sidoarjo,†Kaji. Moral dan Kewarganegaraan, vol. 1, no. 1, pp. 39–54, 2013.

Downloads

Issue

Section

Articles