Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Jurnal Ulul Albab merupakan media  yang memuat karya tulis berupa penelitian maupun pengembangan keilmuan pada bidang ilmu-ilmu Sains, ilmu-ilmu sosial dan Humaniora berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait.. 
Penulis diharapkan untuk memasukkan artikel melalui laman Jurnal Ulul   Albab (http://journal.ummat.ac.id/index.php/JUA/index), semua tahapan proses dari submit, review sampai dengan terbit dilakukan melalui laman tersebut. Kami tidak akan memproses ajuan yang dikirimkan selain melalui laman tersebut. Apabila penulis mengalami kesulitan, maka dapat menghubungi melalui email lppm.ummat@gmail.com atau support contact yang tertera pada laman tersebut.

Penulis perlu untuk memperhatikan dengan seksama tentang berbagai ketentuan dan kriteria yang diberlakukan oleh jurnal Ulul Albab:

  1. Penulis harus memastikan bahwa artikel yang akan dikirimkan sesuai dengan focus & scope Jurnal Ulul Albab
  2. Artikel yang akan dikirimkan belum pernah terbit dan tidak sedang dalam proses terbit di seminar ataupun jurnal lain.
  3. Artikel yang dikirim telah sesuai dengan gaya selingkung Jurnal Ulul Albab (silakan menggunakan template yang telah disediakan)
  4. Setiap nama penulis yang tertera dalam artikel telah ditulis dengan benar, dilengkapi affiliasi dan email.
  5. Penulis ketika mengirimkan artikel melalui laman Jurnal Ulul Albab, berarti telah menyatakan setuju untuk memindahkan hak copyright kepada Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT).
  6. Artikel ditulis dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, untuk mengurangi resiko kesalahan penulisan dapat menggunakan alat bantu seperti grammarly (untuk bahasa inggris) dan typoonline (untuk bahasa indonesia).
  7. Artikel memiliki jumlah halaman antara 6 sampai dengan 12 halaman.
  8. Artikel tidak mengandung bullet dan numbering
  9. Penulis tidak menambahkan penulisan bab diluar yang telah ditetapkan dalam template.
  10. Penulis disarankan untuk menggunakan aplikasi reference management and formating seperti Mendeley, Zotero dan EndNote, style referensi yang digunakan APA 6th Edition (American Psychological Association)
  11. Sitasi, penulis tidak dibenarkan melakukan sitasi dengan cara menyalin dari publikasi lain yang belum dibaca sumber aslinya. Misal Axxxx dalam Bxxxx
  12. Referensi yang digunakan minimal 10, dengan minimal 70% dari sumber primer, sangat dianjurkan untuk menggunakan 5 tahun terakhir.
  13. Untuk memudahkan dalam menyiapkan artikel, gunakan template yang telah disediakan Jurnal Planoearth.
  14. Lakukan copy paste text only, kemudian pilih style yang telah disediakan pada bagian ribbon style
  15. Simpan artikel Anda dalam format “.doc”

 

Catatan:

  • Pastikan email yang digunakan untuk korespondensi aktif dan senantiasa diakses secara berkala (lebih baik jika terhubung pada smartphone)
  • Cantumkan no Hp yang bisa dihubungi pada saat mendaftar akun, hal ini akan digunakan untuk keperluan korespondensi yang mendesak ataupun melakukan konfirmasi terhadap status artikel yang sudah terlampau lama


KETENTUAN BAGIAN BAB JURNAL PLANOEARTH:

JUDUL

Penulisan judul singkat dan jelas, perlu untuk menekankan pada subjek/variabel riset yang menunjukkan kebaharuan. Hindari penggunaan kata “studi kasus”, “pengaruh”. Judul dituliskan dengan format Senteces case (kapital diawal judul).

IDENTITAS AUTHOR

Author. Author/penulis yang dicantumkan dalam artikel harus benar-benar memiliki peran dalam penulisan artikel tersebut. Nama ditulis secara lengkap (tanpa gelar). Apabila terdapat nama penulis yang hanya terdiri dari satu kata, maka penulisan pada OJS diulang bagian first name dan last name sama atau bagian first name disingkat dari huruf terdepan disertai tanda titik (.) dan last name ditulis lengkap. contoh: seorang penulis namanya hanya “Irawan”, maka penulisannya “Irawan, Irawan” atau bisa ditulis “I. Irawan”. Seluruh nama penulis yang terdapat pada artikel (file full text) harus dituliskan juga pada laman OJS Jurnal Ulul Albabsaat melakukan submit (jika memiliki akun google scholar dan Orcid disarankan untuk mengisikannya pada bagian meta data penulis di OJS)
Afiliasi. Setiap nama penulis harus dilengkapi dengan afiliasi, dalam penulisan afiliasi tidak mengenal profesi (guru, mahasiswa, dosen, dll) sehingga tidak perlu dicantumkan. Apabila dalam satu artikel terdapat beberapa penulis dengan afiliasi yang sama, maka afiliasi cukup dituliskan satu kali. Format penulisan afiliasi Prodi/jurusan/departement fakultas (koma) Institusi (koma) alamat Kota kodepos (koma) Negara.

Contoh: Progran Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Muhammadiyah Mataram, Jl. KH. Ahmad Dahlan, Kota Mataram 83127, Indonesia

e-Mail: setiap nama penulis yang tercantum dalam artikel wajib dituliskan emailnya, email yang digunakan untuk koresponding (komunikasi antara author dengan editor) diberi tanda bintang.

ABSTRAK

Abstrak harus memuat tujuan, metode, hasil, dan simpulan yang disampaikan secara singkat, padat dan jelas sehingga dapat menunjukkan kebaharuan dibandingkan penelitian lain yang telah ada. Abstrak tidak memuat sitasi, rumus, tabel dan gambar. Ditulis dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, tidak menggunakan istilah yang tidak lazim/tidak baku untuk digunakan, jumlah kata pada abstrak antara 150 sampai 250 kata. Pada bagian abstrak berbahasa inggris diawali dengan menuliskan judul dalam versi bahasa inggris, ditebalkan (bold) dan diakhiri dengan titik.

Kata kunci, harus mencerminkan isi dari artikel, agar memudahkan penulis lain untuk mencari dan mensitasi artikel tersebut. Penulisan kata kunci tidak disingkat dan menggunakan istilah yang lazim dalam bidang Perencanaan Wilayah dan Kota. Kata kunci dalam bahasa inggris (keyword) bukan merupakan hasil terjemahan, tetapi istilah serupa yang lazim dalam bahasa inggris sesuai dengan bidang Perencanaan Wilayah dan Kota.

PENDAHULUAN

Pada bagian pendahuluan harus memuat latar belakang, urgensi penelitian dan gap analisis dengan penelitian yang telah ada, sehingga dapat menunjukkan kebaharuan yang diberikan dalam ilmu pengetahuan mengenai Penataan Ruang. Tujuan dari penelitian harus tampak dengan jelas dalam bagian pendahuluan, pada bagian pendahuluan lebih baik tidak memuat tabel dan gambar. Pendahuluan disajikan secara lugas, dan tidak lebih dari dua halaman.

METODE

Metode dituliskan secara jelas dengan memuat teknik pengambilan data dan analisis yang digunakan untuk memperoleh hasil, selain itu dapat memuat jumlah responden yang digunakan dalam penelitian. Penulisan rumus dapat menggunakan equation dengan mencantumkan sumber utama yang digunakan sebagai acuan. Bagi penulis yang artikelnya bukan dari hasil penelitian, maka pada bagian metode ini dapat digunakan untuk memuat tahapan penggalian informasi dan kriteria sumber informasi yang digunakan untuk melakukan kajian secara kritis dan mendalam.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil dan pembahasan setidaknya dapat mencakup “what?” yang menyampaikan hasil atau temuan dari penelitian, data yang disajikan bukan data mentah, “why?” kajian saintifik dan terlihat adanya kaitan antara hasil yang diperoleh dan konsep dasar; “what else?” bandingkan hasil penelitian anda dengan riset lain, disarankan untuk memberikan implikasi hasil penelitian baik dari teoritis maupun penerapan.

Hasil dan pembahasan ditulis dalam satu kesatuan, penulis tidak dibenarkan memisahkan hasil dan pembahasan terlebih dalam bentuk bab baru. Cara menulis dalam hasil dan pembahasan dilakukan secara langsung dengan mengulas secara tajam satu demi satu hasil penelitian yang diperoleh dengan didukung referensi yang relevan dan diutamakan dari sumber primer. Hasil yang disajikan dalam bagian ini adalah hasil “bersih”. Proses analisis data seperti perhitungan statistik dan proses pengujian hipotesis tidak perlu disajikan. Hanya hasil analisis dan hasil pengujian hipotesis saja yang perlu dilaporkan. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, gambar dan grafik (ketentuan penulisan terpisah) untuk memperjelas penyajian hasil penelitian secara verbal.

SIMPULAN

Simpulan memuat pernyataan dari hasil analisis pembahasan yang dilakukan terhadap temuan penelitian serta menjawab dari tujuan penelitian. Simpulan menekankan pada kebaharuan dari penemuan atau pengembangan yang dilakukan. Simpulan ditulis secara singkat, padat dan jelas dalam satu paragraf.

Apabila terdapat saran dari penelitian yang berkaitan dengan hasil riset untuk dikembangkan oleh peneliti lain dapat disampaikan secara singkat dan jelas dalam paragraf baru atau ditulis dalam satu kesatuan simpulan.

UCAPAN TERIMA KASIH (OPTIONAL)

Ucapan terima kasih memuat apresiasi yang diberikan oleh penulis kepada pihak-pihak yang telah berperan dalam penelitian, baik dalam bentuk support dana, perizinan, konsultan, maupun membantu dalam pengambilan data.

REFERENSI

Referensi yang dituliskan sesuai dengan sitasi yang ada di dalam artikel, jumlah referensi minimal 10 referensi dengan >70% dari sumber primer (jurnal) dengan kemutakhiran 5 tahun terakhir.

 

KETENTUAN PENULISAN TABEL DAN GAMBAR

  1. Tabel dan gambar harus sesuai dengan kebutuhan informatif paper
  2. Setiap tabel, gambar/grafik harus disertai dengan caption, untuk table caption terletak dibagian atas tabel, sedangkan untuk gambar dan grafik caption terletak dibagian bawah.
  3. Sebelum menggunakan tabel dan gambar, penulis ditekankan untuk memberikan narasi ulasan terkait dengan tabel atau gambar yang akan disajikan disertai dengan mencantumkan nomor dari tabel atau gambar yang disajikan.
  4. Gambar harus memiliki resolusi yang baik
  5. Untuk gambar grafik sangat disarankan berwarna tanpa judul grafik, untuk legenda dituliskan pada bagian caption setelah nama grafik
  6. Tabel harus memuat minimal dua baris data dan memerlukan hitungan, dan tidak ada pengulangan satuan
  7. Tabel hanya menggunakan garis pada bagian atas dan bawah dari kepala tabel dan penutup pada akhir data.
  8. Tabel harus disajikan secara utuh, tidak terpotong ke halaman lain
  9. Apabila terdapat dua tabel yang isinya saling berkaitan dapat diletakkan secara berdekatan
  10. Penyajian tabel dan gambar/grafik dapat menggabungkan dua kolom teks apabila diperlukan

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.