STRATEGI PROMOSI DALAM PENINGKATAN JUMLAH MAHASISWA BARU FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.31764/jua.v22i2.591Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi promosi yang di lakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram dalam upaya rekrutmen dan peningkatan jumlah mahasiswa baru sebagai salah satu indikator kemajuan Universitas termasuk Fakultas. FISIPOL merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Mataram. Untuk dapat memotivasi calon mahasiswa maka strategi promosi yang merupakan ujung tombak dari suatu perencanaan pemasaran sangat di butuhkan untuk mencapai tujuan. Keberhasilan FISIPOL dalam meningkatkan jumlah mahasiswa tidak terlepas dari strategi promosi. Strategi dan metode promosi yang dimaksud adalah rencana untuk penggunaan secara maksimal dari komponen seperti iklan, promosi institut, promosi kualitas, biaya dan sarana prasarana. Metode analisis data digunakan analisis kualitatif dari data dan informasi yang diperoleh dari informan diolah dan di simpulkan maknanya sebagai hasil laporan akhir penelitian ini. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan penggunaan metode promosi 4P+S yaitu product, price, place, promotion dan satisfaction menunjukan hasil yang positif dan signifikan dalam meningkatkan jumlah mahasiswa baru khususnya di FISIPOL Universitas Muhammadiyah Mataram.Kata Kunci: Strategi; Promosi; Mahasiswa; Fisipol
References
Fred R. David (ed), Manajemen Strategis Konsep, Edisi 10, diterjemahkan oleh Ichsan Seryobudi, Jakarta: Salemba Empat, 2006.
http://www.kejujuran.click/2015/10/Komponen-Komponen-Marketing-MixLengkap.html?m=l
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jakarta, Prehallindo, 2000.
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium, Jakarta, Prehallindo, 2002.
Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran.Alih Bahasa Imam Nurmawan.Jakarta : Penerbit Salemba Empat. 2001.
Lamb, Hair, dan McDaniel. 2001. Pemasaran. Buku1. Penerjemah David Octarevia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Lamb, Hair, dan McDaniel. 2001. Pemasaran. Buku2. Penerjemah David Octarevia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Lupioyadi, Rambat. 2001, Manajemen Pemasaran Jasa.Jakarta Penerbit Salemba Empat.
Michael E. Porter, Strategi Bersaing, Tehnik Menganalisis Industry dan Pesaing, Jakarta: Erlangga, 2001, hal 35.
Michael E. Porter, Strategi Bersaing, Tehnik Menganalisis Industry dan Pesaing, Jakarta: Erlangga, 2001, hal 16.
Michael E. Porter, Strategi Bersaing (competitive Strategy), Tanggerang: Kharisma Publishing Grup, 2007.
Moekijat.Manajemen Pemasaran. Bandung : Penerbit Mandar Maju.2000.
Philip, Kotler, Prisip-Prinsip Pemasaran (edisi kedelapan, jilid 1), Jakarta: Erlangga, 2001.
Sigit, Suhardi. Marketing Praktis. Cetakan Pertama. Yogyakarta:Penerbit Liberty, 2007.
Solihin, Ismail, Manajemen Strategik, Bandung: Penerbit Erlangga, 2012.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Swasta, Basu dan Irawan.Manajemen Pemasaran Modern. Edisi II Yogyakarta: Liberty, 2008.