MICROSOFT OFFICE BASIC TRAINING FOR KINDERGARTEN TEACHERS
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.15919Keywords:
Training, Microsoft Office, Teachers, Kindergarten.Abstract
Abstrak: Microsoft Office merupakan program yang memberikan manfaat yang sangat besar bagi dunia teknologi yang terus berkembang, dalam hal pengolah kata digunakan untuk Pendidikan. Tujuan dari pengabdian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan keilmuan, dan keterampilan para guru dalam hal pengoperasian Microsoft Office dasar. Pelaksaan pengabdian dilakukan pada Guru-guru di TK Al Biruni yang berjumlah 10 orang. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan dalam kegiatan adalah: (1) melakukan Assesment dengan berkoordinasi dan FGD (Focus Group Discussion) dengan Guru-guru; (2) Planning and Development yaitu membuat materi tentang pengoperasian Microsoft Office dasar; (3) Implementation dilaksanakan sosialisasi pengoperasian Microsoft Office dasar; (4) Evaluasi: mengecek pemahaman dan keterampilan Misrosoft Office. Berdasarkan hasil pelatihan guru-guru merasa mendapat ilmu dan skill yang aplikatif dan bermanfaat. Jika dibuat dalam prosentase peningkatan ilmu dan skil tentang Dasar Microsoft Office naik dari kemapuan awal 25% jumlah yang paham, setelah sosialisai jumlah yang paham menjadi lebih dari 75%. Kemampuan yang dilatihkan dan dimiliki peserta sangat berguna sekali bagi guru TK Al Biruni.
Abstract: Microsoft Office is a program that provides enormous benefits for the ever-developing world of technology in terms of word processing used for Education. This service aims to provide teachers with scientific knowledge and skills in terms of basic Microsoft Office operations. Ten teachers at Al Biruni Kindergarten carried out the dedication. The community service methods used in the activity are (1) conducting an Assessment in coordination and FGD (Focus Group Discussion) with teachers; (2) Planning and Development; (3) Implementation; and (4) Evaluation. Based on the results of the training, teachers have acquired knowledge and skills that are applicable and useful. If it is made in the percentage of increasing knowledge and skills about Basic Microsoft Office, it increases from the initial ability of 25% of those who understand. After socialization, the number of those who understand becomes more than 75%. The abilities the participants trained and possessed were beneficial for Al Biruni Kindergarten teachers.
References
Agustino, D. P., Jepriana, I. W., & Putra, I. P. F. E. (2020). Pelatihan Microsoft Office dan Desain Grafis untuk Perangkat Desa. Widyabhakti: Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 38–48.
Bakhri, A. S. (2021). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word pada Siswa Kelas XII SMK Texar Karawang. Abdimas: Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(2), 7–11.
Diana, A., Retno Utari, D., & Saputro, A. (2019). Peningkatan Mutu Siswa dengan Pelatihan Microsoft Office bagi Siswa PKBM Jakarta Selatan. IKRAITH-ABDIMAS, 2(3), 55–62.
Fadli, A., Jannah, W., Juniyati, R. E., & Hermansyah, H. (2021). Pelatihan Komputer Menggunakan Aplikasi Microsoft Office untuk Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar bagi Guru MI Swasta NW 2 Borok’ Tumbuh Kecamatan Suralaga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–6.
Haq, F. A. S. N., & Asmar, K. (2022). Pelatihan Penggunaan Microsoft Word dalam Membuat Media Pembelajaran. JMS: Jurnal Masyarakat Siber, 1(1), 27–32. https://jurnal.unsia.ac.id/index.php/jms/index
Kasymir, E., Achfisti, S. U., Hamid, D., Octarina, N. A., Yanti, A. N., Qonitah, A., Wulandari, T., & Aulia, T. (2022). Pelatihan Dasar Microsoft Word Guna Meningkatkan Kinerja Staf Desa Ulak Kapal. BUGUH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–5.
Mugiarso, M., Sugiyatno, S., Atika, P. D., & Ismaniah, I. (2020). Pelatihan Microsoft Office Pada Perangkat Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi. Jurnal Sains Teknologi Dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 19–26. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JSTPM
Munandar, A., Nora, A., Maharani, F., & Nurdelila, N. (2022). Pelatihan Microsoft Excel Di Kantor Badan Perencanaan Dan Penelitian Pengembangan Daerah Kota Padangsidempuan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Radisi, 2(2), 50–55. https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v2i2.157
Ngatmiyatun, B. (2021). Peningkatan Kemampuan Penggunaan Microsoft Office 365 Melalui Pelatihan dan Simulasi pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 77–85.
Pawening, R. E., Hikmah, F., Kamila, F., Humaidah, F., Zahro, F., Sholehah, P. M., Imami, F. N., & Lailiah, F. (2021). PKM Pelatihan Microsoft Office untuk Meningkatkan Keterampilan Administrasi Perkantoran bagi Siswi SMK Nurul Jadid. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(3), 726–735. https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2870
Putri, N. W. S., Suryati, N. K., Kartini, K. S., & Krisna, E. D. (2020). Peningkatan Softskill ICT Guru melalui Pelatihan Penggunaan Microsoft Office dan Sosial Media. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(4), 507–517. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2081
Saptari, M. A., & Trisna, T. (2022). Pelatihan Optimalisasi Microsoft Office bagi Mahasiswa Tingkat Akhir IAIN Lhokseumawe. Jurnal Vokasi, 6(2), 138–142.
Sinaga, B., Tarigan, N. M. B., Marpaung, M., Barus, M. T. B., & Laia, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Siswa/i Dengan Pelatihan Microsoft Office Bagi Siswa/i SMK Budi Bersubsidi Sunggal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelita Nusantara, 1(2), 102–109.
Sitepu, A. C., Lubis, R. M. F., Simanjuntak, M. S., Sianturi, M. P., Purba, R. G., Damanik, N., Ginting, C. O., Sirait, S., & Turnip, G. H. (2022). Pelatihan Microsoft Office Word dan PowerPoint kepada Siswa SMP Gereja Kristen Protestan Indonesia Padang Bulan (Pamen). Unggul Imperial - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–7.
Yusri, R., Edriati, S., & Yuhendri, R. (2020). Pelatihan Microsoft Office Excel sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Mengolah Data. Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 32–37. https://doi.org/10.22202/JR.2020.V1i2.3914
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).