PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN TEKNOLOGI KEPADA PESERTA DIDIK SEKOLAH RAKYAT

Authors

  • Artika Arista Sistem Informasi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Nurhafifah Matondang Sistem Informasi Diploma III, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ruth Mariana Bunga Wadu Sistem Informasi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16385

Keywords:

Learning, Computer technology, Pancoran Folk School, Office 365

Abstract

Abstrak: Di era digital saat ini, pengenalan teknologi sangat penting untuk anak-anak. Pengetahuan mengenai teknologi nantinya berguna bagi mereka di masa depan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat Secara Loyalitas (PASCAL) ini adalah upaya pengenalan teknologi bagi anak didik kepada mitra yaitu Sekolah Rakyat Pancoran di wilayah Pancoran Jakarta dengan fokus pengenalan dan pembelajaran teknologi komputer dan aplikasinya. Tujuan kegiatan yaitu menyiapkan siswa dan siswi untuk meningkatkan potensi serta mempersiapkan merekaagar siap menghadapi persaingan di era digital. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran, pemaparan materi dan praktik yang dikemas dalam bentuk permainan. Pembelajaran yang diberikan berupa pengenalan penggunaan komputer, seperti cara menyalakan komputer, mematikan komputer, melakukan browsing dan menggunakan Office 365. Hasil tanya jawab, latihan dan kuis dengan peserta setelah pelaksanaan kegiatan pelatihan dari 30 peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan didapatkan informasi bahwa terdapat peningkatan pemahaman terkait pemanfaatan Teknologi informasi sebesar 60% dari yang dulu nya hanya 25% menjadi 85%. Rencana tindak lanjut yaitu pendampingan berkelanjutan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.

Abstract: In today's digital age, the introduction of technology is very important for children. Knowledge of technology will be helpful for them in the future. This Loyalty Community Service (PASCAL) activity aims to introduce technology for students to partners, namely Pancoran Public School in the Pancoran Jakarta area with a focus on introducing and learning computer technology and its applications. The purpose of the activity is to prepare students to increase their potential and prepare them to be ready to face competition in the digital era. Activities are carried out using learning methods, material exposure, and practice packaged as games. The learning provided is an introduction to the use of computers, such as how to turn on the computer, turn off the computer, browse, and use Office 365. The results of questions and answers, exercise, and quiz with participants after the implementation of training activities from 30 participants who participated in the activity obtained information that there was an increase in understanding related to the use of information technology by 60% from the previous 25% to 85%. The follow-up plan is continuous assistance according to technological developments.

References

Anshori, S. (2017). Pemanfaatan Tik Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Di Sekolah. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 1(1), 10–20.

Arista, A. (2022). Comparison Decision Tree and Logistic Regression Machine Learning Classification Algorithms to determine Covid-19. Sinkron: Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 7(1), 59–65. https://doi.org/10.33395/sinkron.v7i1.11243

Arista, A., & Abbas, B. S. (2022). Using the UTAUT2 model to explain teacher acceptance of work performance assessment system. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 2200–2208. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22561

Arista, A., Muliawati, A., & Rahayu, T. (2022). Peningkatan Mutu Sumber Daya Yang Mandiri Melalui Teknologi Informasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 3712–3719. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10177

Arista, A., & Ngafidin, K. N. M. (2022). An Information System Risk Management of a Higher Education Computing Environment. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology (IJASEIT), 12(2), 557–564. https://doi.org/10.18517/ijaseit.12.2.13953

Arista, A., Purabaya, R. H., & Isnainiyah, I. N. (2023). Pendampingan Pendidikan Dan Pelatihan Pemasaran Digital Berbasis Media Sosial Instagram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 2730. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14861

Arista, A., Purbaya, M. E., & Ngafidin, K. N. M. (2021). Digital business roadmap webinar: Exploring creative digital business idea. Community Empowerment, 6(12), 2193–2199. https://doi.org/10.31603/ce.6290

Falih, N., Sarika, -, & Arista, A. (2021). Guestbook System For Laboratory Secretariat During Covid-19 Pandemic. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(2), 387–399. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2120

Khairun Nisa Meiah Ngafidin, Arista, A., & Nisa Sofia Amriza, R. (2021). Implementasi Firebase Realtime Database pada Aplikasi FeedbackMe sebagai Penghubung Guru dan Orang Tua. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(2), 327–334. https://doi.org/10.29207/resti.v5i2.2909

Nisa, K., Ngafidin, M., Purbaya, M. E., & Arista, A. (2022). Sosialisasi Link and Match Teknologi Informasi antara Dunia Akademik dan Kebutuhan Industri: Kiat-Kiat Menjadi Android Developer. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 37–45. https://doi.org/10.33061/awpm.v6i1.5818

Nurlaili Isnainiyah, I., Zaidiah, A., & Arista, A. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran dengan Teknologi Google Assistant sebagai Inovasi KBM Sekolah Luar Biasa di Jakarta. Online) Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 481–488. https://doi.org/10.37478/abdika.v2i4.2287

Purabaya, R. H., Kraugusteeliana, K., & Arista, A. (2022). Socio-economic empowerment of the Tengkurak Village society through education assistance and social media-based digital marketing training. Community Empowerment, 7(9), 1591–1594. https://doi.org/10.31603/ce.7853

Rizal, M., Mustapita, A. F., & Sari, A. F. K. (2020). Pelatihan Untuk Pengajuan Pembiayaan Mudharabah Perbankan Syariah Sebagai Peningkatan Kinerja UMKM. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i1.2569

Sara, O. K., Teodosiana, F., Lendu, M., Mude, A., Kurniati, E., Randu, S. L., Sistem, P., & Fakultas Teknologi, I. (2023). Pengenalan Perangkat Tik Bagi Anak Sekolah Dasar Di Desa Pemo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 6073–5077. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI

Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 6(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437

Sri, R., Gunarti, W. S., & Lestari, D. (2017). Motivasi Relawan Sosial Dalam Pelaksanaan Bimbingan Belajar Plus Di Sekolah Rakyat Kejawan Putih Surabaya. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 01, 15–21.

Suherman, A., Weny, D., & Bastaman, W. (2019). Perkembangan Sekolah Rakyat (Volkschool) Di Gunung Kencana Kabupaten Lebak Banten. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 2(2), 11–21.

Tjahjanto, -, Arista, A., & Ermatita, -. (2022). Application of the Waterfall Method in Information System for State-owned inventories Management Development. Sinkron: Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 7(4), 2182–2192. https://doi.org/10.33395/sinkron.v7i4.11678

Wardani, K. R. N., Fitriani, E., Fithri, N., & Makmuri, K. (2022). Pengenalan Dasar Komputer (Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada Siswa SD Muhammadiyah 4 Palembang. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 1121–1126. https://doi.org/10.54082/jamsi.356

Published

2023-08-02

Issue

Section

Articles