PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI POKOK PROSEDUR TEKS PADA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5024Keywords:
Pandemic, Learning, Text Procedure, Smartphone, VideographyAbstract
Abstrak: Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memeberikan wawasan pengetahuan sekaligus ketrampilan kepada siswa SMP untuk menggunakan teknologi terutama dalam membuat dan mengolah video seagai media pembelajaran masa kini. Sehingga tidak ada lagi siswa yang merasa kesulitan ketika harus mengumpulkan penugasan pembelajaran dalam jaringan (daring) berupa karya video. Pengabdian ini menggunakan metode fungsional dan pelatihan. Metode pendekatan fungsional. digunakan untuk mengidentifikasi masalah dengan melakukan pendekatan struktural dengan pihak sekolah. Tahapan selanjutya adalah kegiatan pelatihan sebagai penyelesaian masalah yang timbul. Peserta pelatihan berjumlah 30 orang dan dilaksanakan dari tanggal 29 Januari – 13 Februari 2021 secara tatap muka karena sekolah terkonfirmasi berada ada zona hijau penyebaran covid-19. Beberapa tahapan pengabdian adalah 1) pemberian materi prosedur teks 2) pemaparan dan pelatihan Teknik videografi meliputi pengaturan smartphone dan teknik pengambilan video 3) pelatihan editing video 4) evaluasi. Pengabdian ini memberikan wawasan lebih mengenai pemanfaatan teknologi yang dimiliki siswa. Siswa menjadi paham tentang teknik pengambilan serta pengolahan dasar video sehingga menumbuhkan kreatifitas siswa dalam proses belajar.
Â
Abstract: This service activity aims to provide insight into knowledge as well as skills for junior high school students in technology usage, especially in making and processing videos as of today's learning media. Therefore, no more students find the difficulty in time of collecting online learning assignments in the form of video works. This service uses functional and training methods. The functional approach method is used to identify problems by taking a structural approach with the school. The next stage is training activities as a solution to problems that arise. The training participants are amounted to 30 people and was carried out from January 29 to February 13, 2021 face to face because it was confirmed that the school was in a green zone for the spread of COVID-19. Some of the stages of service are 1) providing text procedure material 2) exposure and training in videography techniques including smartphone settings and video capture techniques 3) video editing training 4) evaluation. This service provides more insight into the use of technology owned by students. Students become aware of basic video retrieval and processing techniques so to foster student creativity in the learning process.
References
Adnyana, P. B., Citrawathi, D. M., Putu, N., & Ratna, S. (2020). Efektivitas Pelatihan Pembuatan Flipped Classroom Video dengan Smartphone dan Aplikasi Kinemaster (Program PkM). Proceeding Senadimas Undiksha, 1758–1765.
Amalia, R. U., Isnaeni, B., & Hanafi, Y. (2020). Analisis kendala peserta didik dalam pembelajaran online materi biologi di Smp Negeri 3 Bantul. Bio Education, 5(2), 10–15. http://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/2422/2043
Apriani Ramadisu; Oktaviani, Wiwin A, Y. M. (2020). Pembuatan Video Metode Tangkap Layar Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), Vol 4, No 6 (2020): DESEMBER, 1049–1057.
Arthana, I. K. R., Dantes, G. R., & Dantes, N. (2018). Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (tik) dalam bidang pendidikan melalui penerapan smart school. Jurnal Widya Laksana, 7(1), 81–91.
Darmawan, A., & Hamidi, J. (2018). Membuat Media Video Pembelajaran. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Kumar, J. A., Muniandy, B., & Wan Yahaya, W. A. J. (2019). Exploring the effects of emotional design and emotional intelligence in multimedia-based learning: an engineering educational perspective. New Review of Hypermedia and Multimedia, 25(1-2), 57–86. https://doi.org/10.1080/13614568.2019.1596169
Nasution, R. D., Saragih, F. H., & Sembiring, P. S. M. A. (2020). Pendampingan Sistem Pembelajaran Online Berbasis Aplikasi Google Meet Bagi Guru-Guru Smp It Daarul Istiqlal Dan Smp It Rahmat Marindal I, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), 188. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i4.20365
Novianti E, Fatkhia Alda Rizka, & Nuryana Zalik. (2020). Analisis kebijakan pembelajaran di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Islam , 11(2), 201–211. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi
Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73.
Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7.
Ramanta, D., & Dwi Widayanti, F. (2020). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 0(0), 61–67. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/81
Santoso, D. T., & Sari, R. P. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Video Conference Bagi Dosen Dan Mahasiswa Untuk Menunjang Pembelajaran Daring Di Masa Pandemic Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1240–1249. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3110
Sinensis, A. R., Firdaus, T., & Khusuma, A. (2021). Edukasi Pemahaman Covid-19 pada Pemudik dengan Status ODP (Orang Dalam Pengawasan) Di Desa Sumber Agung Kabupaten OKU Timur. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(1), 19–25. https://doi.org/10.51214/japamul.v1i1.84
Wahidin, W., & Telaumbanua, P. (2021). Menumbuhkan Motivasi Belajar Warga Belajar Keaksaraan Fungsional di PKBM Wisata Kelurahan Pahandut Seberang Kota Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 19–36. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.110
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).