PEMANFAATAN PROGRAM KERJA RUANG KITA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN COVID-19 PADA MASYARAKAT

Authors

  • Muhammad Ali Adriansyah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
  • Dian Dwi Nur Rahmah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman
  • Diana Diana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5053

Keywords:

Community Service Program, Online, Extraordinary Conditions, Covid-19.

Abstract

Abstrak: Permasalahan yang diangkat dalam pengabdian ini adalah tidak adanya promosi kesehatan terkait Covid-19 dari tenaga kesehatan setempat melalui media elektronik maupun cetak sehingga kurangnya pengetahuan masyarakat terkait Covid-19 dan adaptasi kebiasaan baru (New Normal). Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat Masyarakat agar dapat mandiri menjaga hidup sehat. Program unggulan untuk Pengabdian kepada Masyarakat dilaksankan di Masyarakat pada tanggal 8 Juli sampai dengan 18 Agustus 2020 adalah “Ruang Kitaâ€, program edukasi kesehatan Covid-19 dan New Normal dengan media video dan poster yang disebarkan di sosial media dan ke masyarakat smasyarakat Masyarakat sebagai metode penyelesaian masalah. Langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah yaitu (1) edukasi terkait mencuci tangan yang benar, (2) edukasi jenis-jenis masker, cara penggunaan masker, dan adaptasi kebiasaan baru, dan (3) edukasi cara menjalin komunikasi positif dengan anak. Setelah video dan poster diperlihatkan, sebanyak 83,3% responden tahu cara mencuci tangan yang benar serta nilai rata-rata pengetahuan masyarakat sebesar 84 yang merupakan kategori baik.

 

Abstract: The problem raised in this service is the absence of health promotion related to Covid-19 from local health workers through electronic and print media so that there is a lack of public knowledge regarding Covid-19 and the adaptation of new habits (New Normal). This Community Service Program aims to help increase public knowledge so that they can independently maintain a healthy life. The flagship program for Community Service carried out in the Community on July 8 to August 18, 2020 is "Our Room", a Covid-19 and New Normal health education program with video media and posters distributed on social media and to the community The community as a solution method problem. The steps in solving the problem are (1) education related to proper hand washing, (2) education on types of masks, how to use masks, and adaptation of new habits, and (3) education on how to establish positive communication with children. After the videos and posters were shown, as many as 83.3% of respondents knew how to wash their hands properly and the average value of community knowledge was 84 which was a good category.

 

References

Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Adminitrative Law & Governance Journal, 2(4), 697–709.

Ausrianti, R., Andayani, R. ., Surya, D. O., & Suryani, U. (2020). Edukasi Pencegahan Penularan Covid 19 serta Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial pada Pengemudi Ojek Online. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(3), 59–64.

Baloran, E. T. (2020). Knowledge, Attitudes, Anxiety, and Coping Strategies of Students during COVID-19 Pandemic. Journal of Loss and Trauma, 1–8.

Ge, X., & Land, S. . (2004). A Conceptual Framework for Scaffolding Ill-Structured Problem solving Processess Using Question Prompts and Peer Interactions. ETR&D, 52(2), 5–22.

Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) Revisi Ke-5. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Kurniawati, K. R. A., Santosa, F. H., & Bahri, S. (2020). Sosialisasi Hidup Sehat di Tengah Wabah Virus Corona. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 58–65.

Listyarini, A. D. (2017). Penyuluhan dengan Media Audio Visual Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Sekolah. Jurnal STIKES Cendekiautama Kudas, 112–117.

Mona, n. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2).

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pratiwi, A. D. (2020). Pembagian Masker Dan Sabun Cuci Tangan Sebagai Upaya Antisipasi Penyebaran Covid-19. KESMAS UWIGAMA: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1).

Prihantana, A. S., & Wahyuningsih, S. S. (2016). Hubungan Pengetahuan Dengan Tingkat Kepatuhan Pengobatan Pada Pasien Tuberkolosis Di RSUD Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Jurnal Farmasi Sains Dan Praktis, 2(1).

Priyanto, A. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Pencegahan Kekambuhan Luka Diabetik. Jurnal Ners Dan Kebidanan, 5(3).

Risnawaty, G. (2016). Faktor Determinan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Masyarakat Di Tanah Kalikedinding. Jurnal Promkes, 4(1), 70–81.

Shorea, R., Agrina, & Woferst, R. (2011). Efektifitas Promosi Kesehatan Melalui Audio Visual Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Di SMAN 2. Jurnal Keperawatan Suaka Insan.

Suharto, E. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Sulasamono, B. S. (2012). Problem Solving: Signifikansi, Pengertian, dan Ragamnya. Setya Widya, 28(2).

World Health Organization. (2009). WHO Guidelines on Hand Hygiene in Health Care, First Global Patient Safety Challenge Clean Care is Safer Care. Geneva: WHO Perss.

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Articles