PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL MENGGUNAKAN VIDEO SCRIBE SPARKOL BAGI GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5064Keywords:
Digital Learning Media, Training, Video Scribe Sparkol.Abstract
Abstrak: Guru belum optimal dalam memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, hal yang penting apabila guru dapat mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia salah satunya video scribe sparkol. Tujuan pengabdian ini adalah membekali guru membuat media pembelajaran digital menggunakan video scribe sparkol. Metode pelaksanaan pengabdian melalui lima tahapan yaitu survey lapangan, koordinasi dengan mitra, sosialisasi program, pelaksanaan program, evaluasi kegiatan. Mitra dalam program pengabdian ini adalah SDN Cibentar 3 Kabupaten Majalengka, dengan subyek pengabdian yaitu guru kelas yang berjumlah 10 orang. Indikator capaian berdasarkan tingkat kepuasan mitra terhadap program pelaksanaan pengabdian pada kriteria minimal puas dan produk media pembelajaran yang dibuat oleh guru. Hasil yang dicapai pada kegiatan ini adalah guru dapat secara mandiri membuat media pembelajaran digital menggunakan video scribe sparkol serta tingkat kepuasan mitra terhadap pelaksanaan program pelatihan berkategori sangat puas 70% dan berkategori puas 30%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan memberikan dampak yang positif terhadap guru dalam membuat media pembelajaran digital yang menarik untuk pembelajaran.
Abstract:Â Teachers have not been optimal in utilizing technology in learning activities. Therefore, it is important that teachers can optimize the use of learning media by utilizing available technology, one of which is video scribe sparkol. The purpose of this service is to equip teachers to create digital learning media using video scribe sparkol. The method of implementing service through five stages, namely field surveys, coordination with partners, program socialization, program implementation, activity evaluation. Partners in this service program are SDN Cibentar 3, Majalengka Regency, with the subject of service, namely class teachers, totaling 10 people. Achievement indicators are based on the level of partner satisfaction with the service implementation program on the minimum criteria of satisfaction and learning media products made by teachers. The results achieved in this activity are that teachers can independently create digital learning media using video scribe sparkol and the level of partner satisfaction with the implementation of the training program is categorized as very satisfied 70% and categorized as satisfied 30%. Thus, it can be concluded that the implementation of the training has a positive impact on teachers in creating attractive digital learning media for learning.
References
Anwar, Z., Ikawati, H. D., & Syarifah. (2013). Mentoring Sebagai Suatu Inovasi Dalam Peningkatan Kinerja. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Anwariningsih, S. H. (2014). Kesiapan Penggunaan ICT pada Sekolah Dasar di Daerah Rural dalam Perubahan Paradigma Pembelajaran. Seminar Nasional Dan Call For Papers UNIBA.
Asmu, H., Haris, I., & Lamatenggo, N. (2018). Keefektifan koordinasi kepala sekolah dalam mengintegrasikan program dan kegiatan di SMA Negeri 1 Manangu Kabupaten Boalemo. Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 3(1), 87–94.
Athena, T. (2018). Pemanfaatan Media Sparkol Video Scribe Di Sekolah Dasar. Elpeduaem, 4(4), 19–21. https://doi.org/10.32492/lppm.v4i4.649
Dewi, P. S. (2016). Peta konsep sebagai pendukung pembelajaran dalam memahami pengetahuan konsep dasar IPA untuk calon guru sekolah dasar 386. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3, 386–407.
Drijvers, P., Kieran, C., Mariotti, M. A., Ainley, J., Andresen, M., Chan, Y. C., Dana-Picard, T., Gueudet, G., Kidron, I., Leung, A., & Meagher, M. (2010). Integrating Technology into Mathematics Education: Theoretical Perspectives. In New ICMI Study Series (Vol. 13). https://doi.org/10.1007/978-1-4419-0146-0_7
Farell, G., Simatupang, W., & Giatman, M. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring pada SMK dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1185–1190.
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i1.28982
Fitriana, D. (2018). Peran Media E-Learning Dalam Pembelajaran Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Literasi Matematika dan Norma Sosiomatematik. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global,†0291, 58–62.
Hajrawati. (2013). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Berdasarkan Standar Nasional. Jurnal Eklektika, 1(2), 137–152.
Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran literasi digital pada peserta pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Anuva, 4(2), 231–240.
Kholidin. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Program Video Scribe Sparkol Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Institusi, 06(12), 21.
Mashoedah. (2021). Instructional media using video scribe for training industrial electronics teachers. Journal of Physics: Conference Series, 1833(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1833/1/012066
Munir, M. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). CV. Alfabeta.
Nurrohmah, F., Putra, F. G., & Farida, F. (2018). Development of Sparkol Vedio Scribe Assisted Learning Media. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3), 233–250. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2613
Prajana, A., & Astuti, Y. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran oleh Guru SMK Di Banda Aceh dalam Upaya Implementasi Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p033
Roza, L., & Rodhiah, S. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Sma Islam As-SyafiÃyah Dalam Membuat E-Book Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 5(3), 1040–1049.
Saman. (2017). Tinjauan teoritis pembelajaran berbasis videoscribe pada siswa. Prosiding Seminar Nasional, 03(1), 386–391.
Shalikhah, N. D., & Mardiana, A. (2020). Edutainment with video scribe in thematic learning. Journal of Physics: Conference Series, 1517(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1517/1/012058
Winda, N. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 87–94. https://doi.org/10.33654/sti.v1i1.343
Zhu, X., & Liu, J. (2020). Education in and After Covid-19: Immediate Responses and Long-Term Visions. Postdigital Science and Education, 2(3), 695–699. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00126-3
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).