PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU BK DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS APLIKASI ONLINE CANVA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5079Keywords:
Guidance and Counseling Media, Canva, Guidance and Counseling TeacherAbstract
Abstrak: Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu guru bimbingan dan konseling mengembangkan kemampuan dalam membuat media bimbingan yang mudah dan menarik bagi para peserta didik. Mitra dalam pengabdian ini adalah guru Bimbingan dan Konseling yang tergabung dalam musyawarah guru bimbingan dan konseling (MGBK) Madrasah Aliyah di Yogyakarta sejumlah 25 guru. Pelaksanaan kegiatan bersifat daring menggunakan media Zoom dengan materi pengantar media bimbingan dan konseling, berbagai jenis media dan pembuatan media berbasis aplikasi Canva. Hasil kegiatan adalah terdapat perbedaan rata-rata skor pemahaman tentang media bimbingan dan konseling antara sebelum pelatihan sebesar 27 dan sesudah pemberian pelatihan menjadi 29. Selain itu, para guru bimbingan dan konseling juga mampu membuat media bimbingan dan konseling yang mudah dan menarik menggunakan aplikasi Canva.
Abstract:This community service aims to help guidance and counseling teachers develop skills in making guidance media for students. Partners in this service are 25 Guidance and Counseling teachers who are members of the Guidance and Counseling Teacher Council (MGBK) Madrasah Aliyah in Yogyakarta. Implementation of this activities using Zoom media with introductory materials for guidance and counseling media, various types of media and the creation media based on Canva application. The result of the activity is that there is a difference in the average score of understanding on guidance and counseling media between before training of 27 and after providing training to 29. In addition, guidance and counseling teachers are also able to create easy and interesting guidance and counseling media using the Canva application.
References
Ahmad, U., Thalib, M., & Munifah, M. (2018). Pengaruh Layanan Informasi Manajemen Diri Disertai Media Poster untuk Meningkatkan Disiplin Belajar di Sekolah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Palu. Jurnal Konseling Dan Psikoedukasi, 3(1), 37–48.
Ahmadi, Y. (2018). Pembelajaran Wacana Sebagai Landasan dalam Berliterasi Sastra untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 1(1).
Auliyah, A., & Flurentin, E. (2016). Efektifitas penggunaan media film untuk meningkatkan empati siswa kelas VII SMP. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 19–26.
Diana, P., & Jaya, P. (2021). Pengembangan Materi Ajar Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Canva di SMK Negeri 5 Padang. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 9(1), 32–39.
Hapsari, A. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1–9.
Heinich, R., Molenda, M., Russel, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional media and technology for learning. Pearson Education Ltd.
Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD/SMP/SMA/SMK.
Molepo, L., & Mothudi, H. (2014). Factors that hinder students benefitting from videoconference broadcast services. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(1), 497.
Pranowo, T. A., Sugiharto, D. Y. P., & Sutoyo, A. (2014). Pengembangan media bimbingan dan konseling melalui komik edukasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1).
Puspita, K., Nazar, M., Hanum, L., & Reza, M. (2021). Pengembangan E-modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(2), 151–161.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Risqiyain, L. H., & Purwanta, E. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Informasi Karier untuk Meningkatkan Kematangan Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 88–93.
Suarsana, I. M., Pujawan, I. G. N., & Suartama, I. K. (2017). Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SLBTuna Rungu. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 480–487.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.
Wicaksana, E. J., Atmadja, P., & Asmira, Y. (2020). Pengembangan Poster Kesehatan Reproduksi Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Canva pada Usia Remaja Sekolah di SMA. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 160–172.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).