PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU BK DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS APLIKASI ONLINE CANVA

Authors

  • Dhanang Suwidagdho Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Luky Kurniawan Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Ruly Ningsih Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5079

Keywords:

Guidance and Counseling Media, Canva, Guidance and Counseling Teacher

Abstract

Abstrak: Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu guru bimbingan dan konseling mengembangkan kemampuan dalam membuat media bimbingan yang mudah dan menarik bagi para peserta didik. Mitra dalam pengabdian ini adalah guru Bimbingan dan Konseling yang tergabung dalam musyawarah guru bimbingan dan konseling (MGBK) Madrasah Aliyah di Yogyakarta sejumlah 25 guru. Pelaksanaan kegiatan bersifat daring menggunakan media Zoom dengan materi pengantar media bimbingan dan konseling, berbagai jenis media dan pembuatan media berbasis aplikasi Canva. Hasil kegiatan adalah terdapat perbedaan rata-rata skor pemahaman tentang media bimbingan dan konseling antara sebelum pelatihan sebesar 27 dan sesudah pemberian pelatihan menjadi 29. Selain itu, para guru bimbingan dan konseling juga mampu membuat media bimbingan dan konseling yang mudah dan menarik menggunakan aplikasi Canva.

Abstract:This community service aims to help guidance and counseling teachers develop skills in making guidance media for students. Partners in this service are 25 Guidance and Counseling teachers who are members of the Guidance and Counseling Teacher Council (MGBK) Madrasah Aliyah in Yogyakarta. Implementation of this activities using Zoom media with introductory materials for guidance and counseling media, various types of media and the creation media based on Canva application. The result of the activity is that there is a difference in the average score of understanding on guidance and counseling media between before training of 27 and after providing training to 29. In addition, guidance and counseling teachers are also able to create easy and interesting guidance and counseling media using the Canva application.

References

Ahmad, U., Thalib, M., & Munifah, M. (2018). Pengaruh Layanan Informasi Manajemen Diri Disertai Media Poster untuk Meningkatkan Disiplin Belajar di Sekolah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Palu. Jurnal Konseling Dan Psikoedukasi, 3(1), 37–48.

Ahmadi, Y. (2018). Pembelajaran Wacana Sebagai Landasan dalam Berliterasi Sastra untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 1(1).

Auliyah, A., & Flurentin, E. (2016). Efektifitas penggunaan media film untuk meningkatkan empati siswa kelas VII SMP. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 19–26.

Diana, P., & Jaya, P. (2021). Pengembangan Materi Ajar Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Canva di SMK Negeri 5 Padang. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 9(1), 32–39.

Hapsari, A. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1–9.

Heinich, R., Molenda, M., Russel, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional media and technology for learning. Pearson Education Ltd.

Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SD/SMP/SMA/SMK.

Molepo, L., & Mothudi, H. (2014). Factors that hinder students benefitting from videoconference broadcast services. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(1), 497.

Pranowo, T. A., Sugiharto, D. Y. P., & Sutoyo, A. (2014). Pengembangan media bimbingan dan konseling melalui komik edukasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1).

Puspita, K., Nazar, M., Hanum, L., & Reza, M. (2021). Pengembangan E-modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(2), 151–161.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Risqiyain, L. H., & Purwanta, E. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Informasi Karier untuk Meningkatkan Kematangan Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 88–93.

Suarsana, I. M., Pujawan, I. G. N., & Suartama, I. K. (2017). Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SLBTuna Rungu. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 480–487.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.

Wicaksana, E. J., Atmadja, P., & Asmira, Y. (2020). Pengembangan Poster Kesehatan Reproduksi Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Canva pada Usia Remaja Sekolah di SMA. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 160–172.

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Articles