PELATIHAN JOB INTERVIEW DAN SOFT SKILLS GUNA MEMASUKI DUNIA KERJA

Authors

  • Tuti Wediawati Universitas Mulawarman
  • Faries Althalets Universitas Mulawarman
  • Lavenia Christine Sulistio Universitas Mulawarman
  • Putri Hendiani Universitas Mulawarman
  • Riska Musdalifah Universitas Mulawarman
  • Virda Verdina Universitas Mulawarman
  • Muhammad Fikry Aransyah Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5087

Keywords:

Job Interview, Soft Skills, Personal Branding

Abstract

Abstrak: Melihat perbandingan antara angka angkatan kerja dan pengangguran di Indonesia membuktikan bahwa untuk mencari pekerjaan di zaman sekarang ini sangat sulit. (Budidarma & Rukmini, 2015) mendapatkan hasil analisis terhadap pengaruh pelatihan tes wawancara kerja dan soft skills. Data menunjukkan bahwa terjadi perubahan mindset partisipan. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai teknik wawancara yang baik dan benar serta seberapa pentingnya soft skill dalam membentuk personal branding. Adapun metode pelaksanaan kegiatan pelatihan terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelatihan dilaksanakan dengan efektif dalam meningkatkan pengetahuan peserta. Hal tersebut terbukti dengan tingkat partisipasi dari peserta dan peningkatan pemahaman sebesar 76,9 % ,  melalui Pre-test dan Post-test. Peserta memiliki bekal persiapan kerja agar dapat diterima pada perusahaan yang diinginkan baik dari teknik melakukan interview kerja, teknik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Human Resources Development (HRD), body language pada saat melakukan interview kerja dan persiapan lain.

 

Abstract:  The high labor force participation and unemployment rates in Indonesia demonstrate that finding a job today is extremely difficult. (Budidarma & Rukmini, 2015) obtained the findings of an analysis on the effect of job interview test training and soft skills. The data show that the participants' mindset has shifted. This training aims to provide an understanding of proper interview techniques and the significance of soft skills in shaping personal branding. The method of carrying out training activities consists of stages: preparation, implementation, and evaluation. The training was practical in terms of increasing the participants' knowledge. It is proven that with the participation rate of participants and increased understanding by 76.9 %, measured by pre-test and post-test. Participants are provided with work preparation to be accepted by the desired company, including techniques for conducting job interviews, answering Human Resources Development (HRD) questions, body language during job interviews, and other preparations.

References

Akmal, S. Z., Rahmatika, R., & Grasiaswaty, N. (2019). Program Penyuluhan Persiapan Memasuki Dunia Kerja bagi Siswa SMKN 31 Jakarta. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 265. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i03.3642

Anggrianto, C. (2012). Personal Branding dan Entrepreneurship. 11(1), 31–38.

Ariestianie, R. A. (2019). Training “ Upgrading Self Value †untuk Mempersiapkan Mahasiswa dan Alumni dalam Menghadapi Proses Seleksi. 17–18.

Budidarma, P., & Rukmini, E. (2015). Pengaruh Pelatihan Soft Skills Terhadap Tingkat Self Esteem Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 22(1), 052–062.

El Akmal, M., Sirait, C., Agrifina Sinaga, T., Ulina, F., Restiani, D., & Sari, N. (2020). Gambaran Perilaku Faking Pada Kegiatan Wawancara Kerja. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 18(1), 20–29.

Krishnan, I. A., Ramalingam, S. J., Ching, H. S., & Maruthai, E. (2017). The Selection Pratices and Recruitments of Fresh Graduates in Local Organisations’s Job Interview. Journal of Languange and Communication, 4(2), 153–167.

Lisdiantini, N., Utomo, P. Y., & Afandi, Y. (2019). Pengaruh Soft Skills terhadap Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Madiun. Epicheirisi Journal, 3(2), 1–8.

Marliani, R. (2015). Psikologi Industri dan Organisasi. Pustaka Setia.

Mastur, & Triyono. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karier. Paramitra Publishing.

Michael, T. (2018). Peningkatan Soft Skill Proposal Penelitian. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 2(1), 34–42.

Nghi, N. Q., & Hien, L. T. D. (2020). Factors Affecting Job Searching Ability of Fresh University Graduates in the Mekong Delta , Vietnam. International Journal of Research and Review, 7(4), 548–552.

Nurjanah, A. S. (2018). Kecemasan Mahasiswa Fresh Graduate Dalam Melamar Pekerjaan. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 35. https://doi.org/10.24014/0.879160

Robles, M. M. (2012). Executive Perceptions of the Top 10 Soft Skills Needed in Today’s Workplace. Business Communication Quarterly, 75, 453–456.

Shuayto, N. (2012). The Case for Softskills development in MBA Programs. Global Conference on Business & Finance Proceedings. 7, 58–67.

Soenanto, H. (2014). Tepat Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja. Pustaka Widyatama.

Sulianta, F. (2018). Panduan Lengkap Pengembangan Softskill, Interpersonal Dan Intrapersonal Skill. Andi.

Syaifulloh, M., Riono, S. B., Nuur, A., & Darma, P. (2020). Pelatihan Menangani Culture Shock pada Siswa yang Akan Memasuki Dunia Pendidikan Baru dan Dunia Kerja di SMA Ikhsaniyah Kota Tegal. JurnalMasyarakat Mandiri, 4(4), 579–587. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2469

Turistiati, A. T., & Ramadhan, H. F. A. (2019). Pelatihan Soft Skills Dan Pendampingan Siswa-Siswi SMK Di Kota Bogor Untuk Persiapan Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.31334/jks.v2i1.286

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Articles