PENINGKATAN PEMAHAMAN PENGGUNAAN GOOGLE CLASS ROOM DAN MEETING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID19

Authors

  • Yuggo Afrianto Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Asep Syaepudin Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Novita Br Ginting Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Suratun Suratun Teknik Elektro, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5090

Keywords:

Covid-19, E-Learning, Google Classroom, Google Meet

Abstract

Abstrak: Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang sangat luas, salah satunya pada bidang pendidikan. Pembelajaran mengalami perubahan bentuk operasional yang digeneralisasi melalui kebijakan, yaitu instruksi social distancing hingga pembelajaran di rumah. Masyarakat perlu segera beradaptasi untuk memahami aplikasi e-learning, terutama untuk siswa SD dan SMP. Maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada siswa SD dan SMP terkait e-learning google classroom dan google meet. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di kampung Babakan Tengah Rt 03 Rw 02 Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari focus group discussion, pelatihan, dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini para siswa mampu memanfaatkan penggunaan teknologi dengan baik dengan peningkatan pemahaman penggunaan e-learning dengan tingkat pemahaman sebesar 100%.


Abstract:  The Covid-19 pandemic has had a comprehensive impact, one of which is on education. Learning has changed for generalized operations through policies, namely social distancing instructions to learning at home. The community needs to adapt immediately to understand e-learning applications, especially for elementary and junior high school students. Hence, this community service aims to provide training for elementary and junior high school students related to e-learning google classroom and google meet. This community service activity was carried out in Babakan Tengah village Rt 03 Rw 02 West Cilebut Village, Sukaraja District, Bogor Regency. The method of implementing the activities consists of focus group discussions, training, and mentoring. The results of this community service are students can take advantage of the use of technology by increasing their understanding of the use of e-learning with an understanding level of 100%.

References

Afrianto, Y., & Andes. (2021). Efektivitas Sosialisasi Pemahaman Covid -19 Menggunakan Aplikasi Berbasis Android Di Desa Babakan Cilebut. CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 1(1), 18–24.

Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z dan Pemeliharaan Relasi Antar Generasi dalam Perspektif Budaya Jawa. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(2), 84–105.

Cilebut Barat, Sukaraja, Bogor. (2019). In Wikipedia bahasa Indonesia. https://id.wikipedia.org/wiki/Cilebut_Barat,_Sukaraja,_Bogor

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Marlina, M., Junedi, B., Nasrullah, A., & Mustika, H. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid 19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 836–846.

Mitayani, & Fridalni, N. (2016). Pemanfaatan Terong Sebagai Manisan Untuk Meningkatkan Perekonomian Petani. Prosiding Seri Ekonomi Konferensi Nasional PkM CSR Ke-2, 2, 81–84.

Moudy, J., & Syakurah, R. A. (2020). Pengetahuan terkait usaha pencegahan Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 4(3), 333–346.

Pemerintah Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014 tentang Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dalam Implementasi Kurikulum 2013.

Rohim Yunus, N., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15048

Rothman, T. (2016). Increasing Student Engagement with Online Learning Platforms. Entrepreneur India.

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas, A. (2019). Pelatihan E-Learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3470

Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 59–70. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290

Wahyuni, I. (2020). Dinamika Pembelajaran “DARING†Pada Masa Pandemi COVID 2019. Institut Agama Islam Negeri Kendari. http://iainkendari.ac.id/content/detail/dinamika_pembelajaran_daring_pada_masa_pandemi_covid

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Articles