SAS APP: MEWUJUDKAN UMKM BERBASIS DIGITAL DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT PRINGGASELA LOMBOK TIMUR

Authors

  • Selamat Muliadi Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5104

Keywords:

Technology, SMEs, Desa Pringgasela, SAS APP

Abstract

Abstrak: Pada era industri 4.0, pengetahuan teknologi informasi sangat penting. UMKM merupakan perusahaan mikro yang seharusnya menggunakan akses informasi untuk kesejahteraan ekonomi. Hadirnya teknologi digital mengubah cara pengelolaan usaha dengan memberikan tantangan dan peluang baru bagi pengembangan UMKM. Program pengabdian ini fokus untuk menyusun sebuah sistem aplikasi di lingkunagn UMKM yang terletak di Desa Pringgasela Lombok Timur. Metode kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan beberapa tahap, menganalisis situasi dengan observasi langsung, wawancara ke pihak-pihak terkait, menetapkan program yang relevan dan membuat aplikasi sistem terintegrasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar pelaku UMKM dapat memanfaatkan internet dan teknologi untuk menunjang pemasaran dan memperluas jangkauan target konsumen melalui digital marketing. Peluang ini hadir dengan solusi aplikasi bernama SAS APP (Selamet Abdullah Salim: Aplikasi Konsultasi Bisnis Syariah), yakni aplikasi untuk membantu para UMKM dan Entrepreneurs dalam meningkatkan perekonomian dan mendapatkan konsultas yang tepat pada bisnis yang dijalankan. Aplikasi ini juga dilengkapi fasilitas dan fitur permodalan syariah bagi Entrepreneurs terkendala dengan modal usaha.


Abstract:  In the industry era 4.0, knowledge of information technology very important. Micro, Small and Medium Enterprises (SMEs) is a micro business that should used the information access for economic welfare. The presence of digital information to change the way of business management by giving challenges and opportunities for the development of SMEs. This dedication program has a focus on developing aplication system in the SMEs area Desa Pringgasela East Lombok. The dedication method activity is carried out in several stages, namely by analyzing the situation by observation, interview with relevant parties, establishing relevant program and create an integrated system application. The purpose of this activity is to make SMEs people can take advantage of the internet and technology to support the marketing and to expand consumers range through digital marketing. This opportunities come out with an application named SAS APP (Selamet Abdullah Salim: Islamic Business Consultant Application), that is an application used to help SMEs and Entrepreneurs for increasing economic purpose, also getting the right consultation for their business. This application also completed by facilities and fislamic capital eatures for those who has less capital work.

References

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233–247.

Astuti, R. P., Kartono, K., & Rahmadi, R. (2020). Pengembangan UMKM melalui Digitalisasi Tekonolgi dan Integrasi Akses Permodalan. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 248–256. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5764

Basry, A., & Sari, E. M. (2018). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). IKRA-ITH INFORMATIKA : Jurnal Komputer Dan Informatika, 2(3), 53–60. http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/266

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Hafni, R., & Rozali, A. (2017). Analisis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (umkm) terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Ilmu Ekonomi Dan Studin Pembangunan, 15(2), 77–96.

Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX,†9(1), 195–204.

Lubis, T. A., & junaidi, junaidi. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 3(3), 163–174. https://doi.org/10.22437/ppd.v3i3.3535

Permana, S. H. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Aspirasi, 8(1), 93–103.

Putra, A. H. (2018). Peran Umkm Dalam Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2). https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162

Saifullah, M. R. (2015). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi: Adopsi Inovasi dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi pada UMKM Kampung Sepatu di Tambak Osowilangon, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 3(2), 132–141.

Santhi, N. H., & Affandi, Y. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah (Ukm) (Studi Kasus Pada UKM Tenun Di Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur). JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(1), 52–65. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i1.2112

Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., Hendriyanto, A., & Ilma, L. L. (2017). Strategi Pengembangan Ukm Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136. https://doi.org/10.25124/jmi.v16i2.319

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Kecamatan Jatinangor. 1.

Syaiful, S. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing. AKMEN Jurnal Ilmiah, 13(3), 629–636.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 327–337.

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Articles