PELATIHAN iPUBLIC iSPEAKING iUNTUK iPELAJAR

Authors

  • Muhammad Fikry Aransyah Universitas Mulawarman
  • Arwin Sanjaya Universitas Mulawarman
  • Nadratul Naima Universitas Mulawarman
  • Trisna Pitaloka Wulan Dari Universitas Mulawarman
  • Muhammad Irfan Shalahudin Universitas Mulawarman
  • Novan Fransa Nanda Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5107

Keywords:

i Public Speaking, Training, Student, Public Places

Abstract

Abstrak: Melihat orang-orang dari usia muda sampai dewasa masih banyak yang kesulitan dalam melakukan public speaking menjadikan penulis mengambil pengabdian ini sebagai bahan materi, dengan penerapan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan para siswa sebagai peserta pelatihan yang nantinya akan menjadi penerus bangsa. Pelatihan ini penting untuk diselenggarakan mengingat masih banyaknya kasus di mana seseorang takut dan tidak percaya diri untuk berbicara di depan umum. Tujuan diselenggarankannya acara ini untuk menumbuhkan kembali semangat para peserta yang mungkin saja sebelumnya masih malu ataupun takut ketika berbicara di depan umum. Yang menjadi peserta dalam kegiatan ini adalah murid SMA dari tiga (3) sekolah yang berbeda, yaitu SMAN 2 Enrekang, SMK 1 Samarinda, dan SMAN 6 Penajam Paser Utara. Metode yang digunakan alah metode Webinar dan bimbingan teknis, di mana pelatihan yang dilakukan berdampak pada apa yang ingin diketahui oleh para pelajar. Pelatihan dilaksanakan dengan efektif dalam meningkatkan pengetahuan peserta. Hal tersebut terbukti dengan tingkat partisipasi dari peserta dan peningkatan pemahaman sebesar 63,5 %. Setelah mendapatkan pelatihan ini diharapkan apa yang disampaikan dapat berguna dan diterapkan di kehidupan sehari-hari.

 

 

Abstract: i Seeing people from young age to adulthood are still many who have difficulty in doing public speaking makes the author take this devotion as material material, with the application of a learning approach that is in accordance with what the students need as trainees who will later become the successor of the nation. This training is important to hold considering the number of cases where a person is afraid and not confident to speak publicly. The purpose of this event is to regenerate the spirit of the participants who may have previously been embarrassed or afraid when speaking in public. The participants in this activity are high school students from three (3) different schools, namely SMAN 2 Enrekang, SMK 1 Samarinda, and SMAN 6 Penajam Paser Utara. The methods used are webinar methods and technical guidance, where the training has an impact on what students want to know. The training was carried out effectively in improving the knowledge of participants. This was proven by the participation rate of the participants and increased understanding by 63.5%. After getting this training it is expected that what is delivered can be useful and applied in daily life.

 

References

Andhika Pamungkas, A. K. (2020). Pelatihan Public Speaking untuk Pelajar SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Seminar Nasional Abdimasmu, 1(2), 71–78.

Asriandhini, B., Khasidah, M. N., & Adi Kristika, P. N. (2020). Pelatihan Dasar Public Speaking Untuk Mengembangkan Keterampilan Penyampaian Informasi dan Kepercayaan Diri Bagi Siswa Tunarungu. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(2), 71. https://doi.org/10.32493/jls.v2i2.p71-84

Komarudin, K. (2017). Efektivitas Pelatihan Kognitif-Perilaku Untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Siswa Kelas Xi. Journal of Health Studies, 1(2), 8–17. https://doi.org/10.31101/jhes.181

Kurniadi, D. (2007). Prinsip Prinsip Dasar Manajemen Pelatihan. Kajian Mandiri Pelatihan Dan Pengembangan SDM, 1–46.

Oktavianti, R., & Paramita, S. (2019). Pengenalan Public Speaking Di Smp Katolik Abdi Siswa Ii Jakarta Barat. Buletin Udayana Mengabdi, 18(2), 72–77. https://doi.org/10.24843/bum.2019.v18.i02.p12

Oktavianti, Roswita, & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi Yang Efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 117–122. https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4335

Rizky, I. J., & D.Aksa, Y. A. (2021). Pelatihan Public Speaking. Devosi, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.33558/devosi.v1i1.2491

Swestin, G., & Primasanti, K. B. (2015). Public Speaking Dalam Konteks Pengajaran. Scriptura, 4(2), 60–68. https://doi.org/10.9744/scriptura.4.2.60-68

Syaifulloh, M., Riono, S. B., Nuur, A., & Darma, P. (2020). Pelatihan Menangani Culture Shock pada Siswa yang Akan Memasuki Dunia Pendidikan Baru dan Dunia Kerja di SMA Ikhsaniyah Kota Tegal. JurnalMasyarakat Mandiri, 4(4), 579–587. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v4i4.2469

Usman, U., & Hajrah, H. (2019). Pelatihan public speaking bagi siswa SMA Negeri 5 Barru. Dedikasi, 21(2), 1–4. https://doi.org/10.26858/dedikasi.v21i2.11472

Wahyuni, E. (2015). Hubungan Self-Effecacy dan Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Jurnal Komunikasi Islam, 05.

Yanti, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Public Speaking Melalui Metode Pelatihan Kader Pada Organisasi Iskada. Skripsi, 8(1), 28–48.

Yusa, M., Hadinegoro, A., & Fatkhurohman, A. (2018). IMPLEMENTASI teknologi tepat guna kepada masyarakat. Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, ISSN 2615-(April), 25–30.

Zaini, M. (2019). Effectiveness of Self Talk Techniques to Improve Public Speaking Ability in Class X Students of Daring Business and Marketing Business in SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Progam Studi Bimbingan Dan Konseling FKIP Universitas Lampung Mangkurat, 4(2), 135–145.

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Articles