UPAYA MENUMBUHKAN MINAT STUDI SAINTEK SANTRI PONDOK PESANTREN MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN MEDIA PERAGA AYUNAN BANDUL SEDERHANA

Authors

  • Moranain Mungkin Jurusan Teknik Elektro, Universitas Medan Area
  • Habib Satria Jurusan Teknik Elektro, Universitas Medan Area
  • Zulkifli Bahri Jurusan Teknik Elektro, Universitas Medan Area
  • Rudi Salam Jurusan Teknik Industri, Universitas Medan Area

DOI:

https://doi.org/10.31764/jmm.v5i4.5120

Keywords:

Practicum Media, Student, Hidayatullah Islamic Boarding School.

Abstract

Abstrak: Pelajaran sains dan teknologi merupakan pelajaran yang sangat penting dalam kemajuan peradaban bangsa saat ini. Namun banyak siswa yang kurang tertarik dengan pelajaran ini karena banyaknya jumlah perhitungan sehingga siswa lebih cenderung monoton dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, kurangnya alat praktikum membuat siswa kurang tertarik untuk belajar. Oleh karena itu, kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam menumbuhkan motivasi belajar khususnya bidang sains. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan penjelasan teoritis dengan bantuan modul dan powerpoint dan pada akhirnya dilakukan verifikasi dengan mengaplikasikan alat peraga. Hasil angket, ditemukan bahwa dengan menggabungkan penggunaan modul dan alat, minat siswa terhadap pelajaran lebih antusias dengan tanggapan siswa 70% dari 20 siswa yang mengikuti kategori mencapai sangat setuju dengan kegiatan PKM.


Abstract:  Learning science and technology is a very important lesson in the progress of the nation's civilization today. However, many students are less interested in this lesson because of the large number of calculations so that students are more likely to be monotonous in participating in learning. In addition, the lack of practical tools makes students less interested in learning. Therefore, this PKM activity aims to increase student interest in fostering learning  motivation,  especially  in  the  field  of  science. The implementation of this activity is carried out using theoretical explanations with the help of modules and PowerPoint and at the end, verification is carried out by applying props. The results of the questionnaire, it was found that by combining the use of modules and tools, students'  interest  in the lesson was more enthusiastic with student responses 70% of the 20 students who attended the category reached strongly agree with PKM activities.

References

Adha, M. A., Gordisona, S., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2).

Arikunto, S., Ghozali, Sugiyono, Vardaro, M. J., Systems, H. I. T., AG, H. T., Jari, A., Pentti, M., Information, B. G., Procedure, T., Voltage, H., Procedure, T., Chen, P. C., Salcedo, R., Zhu, Q., De Leon, F., Czarkowski, D., Jiang, Z. P., Spitsa, V., … Kartika Dewi, A. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT.Bumi Aksara, 53(1).

Arikunto, & Suharsimi. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. In Rineka Apta.

Asfar, A. M. I. T., & Asfar, A. M. I. A. (2020). Landasan Pendidikan: Hakikat Dan Tujuan Pendidikan (Implications Of Philosophical Views Of People In Education ). Method, 1(January).

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1).

Hamid, A. (2019). Berbagai Metode Mengajar bagi Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 9(2).

Ira, M. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Jurnal Auladuna, 2(2).

Jenilan, J. (2018). Filsafat Pendidikan. EL-AFKAR : Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 7(1).

Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1).

Nugraheni, N., Trimurtini, T., Sari, E. F., CP, G. M., Agry, F. P., & Supriyanto, T. (2020). Optimalisasi Pemanfaatan E-Learning dalam Menghadapi Tantangan Era 4.0 Melalui Online Training bagi Guru SDK Girisonta. JURNAL PANJAR: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 2(2).

Santoso, D. T., & Sari, R. P. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Video Conference Bagi Dosen Dan Mahasiswa Untuk Menunjang Pembelajaran Daring Di Masa Pandemic Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6).

Satria, H. (2021). Pengaruh Teknik Cooperative Learning Berbasis Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Dasar-Dasar Elektronika. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 5(1).

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).

Toha, M., & Andriani, D. (2012). Ruang Lingkup dan Tujuan Penelitian Pendidikan. Metode Penelitian.

Wahyudi, M. A., & Lutfi, A. (2019). Analisis Reformasi Pendidikan dalam Mewujudkan Pemerataan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Administrasi Publik, 9(2).

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Articles