PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SD NO. 1 KAPAL

Authors

  • Ni Made Dwijayani Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ida Ayu Gde Suwiprabayanti Putra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika IKIP PGRI Bali

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1016

Keywords:

Adobe Flash, matematika, media, pembelajaran

Abstract

ABSTRAK

Pengabdian yang dilaksanakan di SD No. 1 Kapal ini melibatkan empat orang guru yang terdiri dari dua orang guru kelas V dan dua orang guru kelas III. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru untuk membuat alat peraga sederhana dan media pembelajaan manipulatif untuk dapat digunakan oleh siswa dalam mengkonstruksi kembali sebuah konsep, khususnya matematika. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari empat kegiatan utama yaitu sosialisasi, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Implementasi di lapangan adalah dengan memberikan sosialisasi terkait konsep media pembelajaran manipulatif, memberikan pelatihan dalam membuat media pembelajaran manipulatif dan melaksanakan pendampingan kepada guru untuk menyusun media pembelajaran manipulatif berbasis perangkat lunak Adobe Flash, dan melaksanakan evaluasi dari setiap tahap pelaksanaan yang melibatkan penulis dan guru. Sedangkan alat peraga matematika disusun oleh pembantu lapangan (mahasiswa) dengan menggunakan konsep yang sudah disetujui oleh guru kelas III. Hasil dari kegiatan ini adalah media pembelajaran manipulatif berbasis Adobe Flash dengan topik jaring-jaring kubus, alat peraga matematika dengan topik kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan jenis-jenis segitiga, buku pedoman menyusun media pembelajaran berbasis Adobe Flash, dan buku petunjuk penggunaan alat peraga.

 

Kata kunci: Adobe Flash; matematika; media; pembelajaran.

 

ABSTRACT

Activities carried out in SD No. 1 Kapal involved four teachers consisting of two teachers of grade 5th and two from grade 3rd. This activity aimed to provide training to teachers to make simple teaching aids and manipulative learning media used by students in reconstructing a concept, especially mathematics. The activities consist of four main activities, namely socialization, training, assistance and evaluation. Implementation in the field was to provide socialization related to the concept of manipulative learning media, provide training in making manipulative learning media and provide assistance to teachers to develop manipulative learning media based on Adobe Flash software, and carry out evaluations of each stage of implementation involving writers and teachers. While mathematics teaching aids were prepared by field assistants (students) using concepts that have been approved by 3rd grade teachers. The results of this activity are Adobe Flash-based manipulative learning media with the topic of cube nets, mathematical teaching aids with the topic of the least common factors (KPK) and types of triangles, manuals to compile Adobe Flash-based learning media, and user guides for teaching aids.

 

Keywords: Adobe Flash; mathematics; media; learning

References

Afari, E. (2013). Students’perceptions of the learning environment and attitudes in game based mathematics classrooms. Springer Science and Business, 16(1), 131-150.

Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 123-132.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

PPG. (2012). Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: Kemendikbud.

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1-7.

Sukayati, A. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta: P4TK Matematika.

Wasilah, E. B. (2012). Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Hasil Praktikum IPA Melalui Penggunaan Media Kartu. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 82-90.

Downloads

Published

2019-11-19

Issue

Section

Articles