PENGENALAN TEKNOLOGI ROBOT SEDERHANA LINE FOLLOWER PADA ANAK-ANAK DESA

Authors

  • Syifaul Fuada Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hendriyana Hendriyana Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak, Universitas Pendidikan Indonesia kampus daerah di Cibiru, Jawa Barat, Indonesia
  • Nuur Wachid Abdul Majid Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia kampus daerah di Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia
  • Nadia Tiara Antik Sari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia kampus daerah di Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10161

Keywords:

Transfer Knowledge, Robot Line Follower Analog, Anak-anak Desa

Abstract

ABSTRAK                                                               

PkM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan (Transfer knowledge) atau mengenalkan teknologi robot kepada anak-anak desa yang sekolah di SD/SMP, yang secara khusus ditargetkan untuk Dsn. Galingan, Ds. Boreng, Kec./Kab. Lumajang, Jawa Timur. Kegiatan PkM ini diselenggarakan intuk memberikan pengetahuan dasar tentang robot sederhana Line Follower analog dan mendemonstrasikan cara kerjanya. PkM ini membekali anak-anak di desa sasaran dengan pandangan baru dalam bidang Robotika. Anak-anak di desa sasaran dipilih sebagai pilot project untuk kegiatan PkM serupa dengan sasaran yang lebih luas beberapa tahun kedepan. Kegiatan diselenggarakan satu hari saja (one-day activity), pada 31 Juli 2022 yang bertempat disalah satu warga desa sasaran. Metode pelaksanaan meliputi perencanaan, inti, dan evaluasi. Peserta antusias mengikuti kegiatan dan mendapatkan insight dari PkM ini. Diharapkan, suatu saat akan menjadi kampung model untuk hobi anak-anak dibidang robotika.

 

Kata kunci: Transfer Knowledge, Robot Line Follower Analog, Anak-anak Desa

 

ABSTRACT

This community service program aims to transfer knowledge to village children who study in elementary/junior high schools on robotics technology. It was specifically targeted for Dsn. Galingan, Ds. Boreng, Kec./Kab. Lumajang, East Java. This program provided fundamental knowledge about a simple analog Line Follower robot and demonstrated how it works. This program equips children in the Galingan villages with new perspectives in the field of Robotics. They were selected as pilot projects for a similar program with broader targets in the next few years; it was held for one-day activity (July 31, 2022). Implementation methods include planning, core, and evaluation. The children enthusiastically participated in the activity and gained insight. It is hoped that one day it will become a model village for children's hobbies in robotics.

 

Keywords: Transfer Knowledge, Line Follower Analog Robot, Village children

Author Biography

Syifaul Fuada, Universitas Pendidikan Indonesia

Profile: Scopus ID | Google Scholar | ORCID ID | ACADEMIA | SINTA | RESEARCHGATE | PUBLONS

References

Agustin, E. I., Yunardi, R. T., & Winarno, W. (2019). Line Follower Robot Training and Introduction of Internet of Things (IoT) for Students in Jombang City. Darmabakti Cendekia: Journal of Community Service and Engagements, 1(2), 50–55. https://doi.org/10.20473/dc.V1.I2.2019.50-55

Febtriko, A. (2017). Pemakaian Mobile Robot dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 2(2), 125–135. https://doi.org/10.36341/rabit.v2i2.215

Handayani, A. N., Wibawanto, S., & Faiz, M. R. (2021). Transfer Teknologi Line Robot Follower (LRF) Siswa Elbaith Rif’a Islamic Happy School Malang. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik (JITET), 1(5), 394–397.

Husni, N. L., Handayani, A., Prihatini, E., Evelina, E., & Anisa, M. (2019). Peningkatan Minat Anak di Bidang Robotika. SNAPTEKMAS, 1, 116–126. http://jurnal.polsri.ac.id/index.php/SNAPTS/article/view/2026

Jannah, F. R., Fuada, S., Putri, H. E., Zanah, F. W., & Pratiwi, W. (2021). Teaching analog Line-Follower (LF) robot concept through simulation for elementary students. Journal of Physics: Conference Series, 1987(1), 012046. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1987/1/012046

Junaidi, A. (2021). Pelatihan Robot Line Follower di Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper. TERANG, 3(2), 148–154. https://doi.org/10.33322/terang.v3i2.985

Rinanto, N., Santoso, M. Y., Subiyanto, L., Endrasmono, J., Hardiyanti, F., Afiuddin, A. E., Prasojo, B., Apriani, M., Setiyoko, A. S., & Khumaidi, A. (2021). Peningkatkan Prestasi Siswa Tingkat SD di Kelurahan Wonorejo Surabaya Melalui Pelatihan Robot Perunut Garis Analog. Jurnal Cakrawala Maritim, 4(2), 231–233. https://doi.org/10.33863/cakrawalamaritim.v4i2.1365

Rinanto, N., Subiyanto, L., Endrasmono, J., Santoso, M. Y., Hardiyanti, F., Afiuddin, A. E., Prasojo, B., Apriani, M., Setiyoko, A. S., & Khumaidi, A. (2019). Pelatihan Robot Line Tracer Analog untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Wonorejo 27 Surabaya. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 1(2), 15–22.

Setyarsih, W. (2020). Edukasi Robotika Siswa SDN Kecamatan Gayungan Surabaya dan Pengembangan Softskillnya. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.26740/ja.v6n1.p65-74

Downloads

Published

2022-09-08

Issue

Section

Articles