PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL BAGI GURU SD MUHAMMADIYAH 5 PORONG
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10273Keywords:
digital learning, elementary school, learning media, muhammadiyahAbstract
ABSTRAK
Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan guru SD Muhammadiyah 5 Porong dalam pembuatan media pembelajaran berbasis digital yang diprakarsai oleh Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sebagai wujud kegiatan abdimas (pengabdian masyarakat) dosen. Rincian kegiatan yang telah diberikan terdiri dari dua materi pelatihan, yaitu pengembangan menggunakan aplikasi Canva. Hasil yang didapat pada pelatihan materi pertama, yaitu sejumlah 39% saja yang aktif menyusun media pembelajaran. Selanjutnya, pada kegiatan evaluasi, sudah menempuh 55% yang sudah menghasilkan produk. Selain itu, kegiatan evaluasi tugas juga dilaksanakan sebagai bentuk Kegiatan pendampingan. Selanjutnya yang akan dilaksanakan adalah penambahan tugas dan pendampingan rutin sehingga terdapat produk video pembelajaran yang layak diunggah pada Youtube Chanel sekolah.
Â
Kata kunci: digital learning; media pembelajaran; muhammadiyah; sekolah dasar
Â
ABSTRACT
This training was carried out with the aim of increasing the competence of SD Muhammadiyah 5 Porong teachers in making digital-based learning media initiated by the Faculty of Psychology and Educational Sciences, University of Muhammadiyah Sidoarjo as a form of abdimas (community service) lecturers. The details of the activities that have been provided consist of two training materials, namely development using the Canva application. The results obtained in the first training material, that is, only 39% are active in compiling learning media. Furthermore, in evaluation activities, 55% have already produced products. In addition, task evaluation activities are also carried out as a form of mentoring activities. The next thing that will be carried out is the addition of tasks and routine assistance so that there are learning video products that are worthy of being uploaded on the school's Youtube Chanel.
Â
Keywords: digital learning; elementary school; learning media; muhammadiyah
References
Amalda, N., & Prasojo, L. D. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 11–21.
Badrus, M. (2018). PENGARUH MOTIVASI MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Studi di SMA Mardi Utomo Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 143–152.
Busono, S., Rosid, M. A., & Rahmawati, Y. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Digital untuk Tenaga Pendidik. ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(1), 81–87.
Hakim, A. R., Gejik, B., & Syahrudin, H. (2015). Pengaruh Motivasi Oleh Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Madrasah Aliyah. JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(11).
Helmie, J., Nurviyani, V., Taufik, M. S., & Mulyana, A. (2022). Pelatihan Implementasi Virtual Reality (VR) Sebagai Media Pembelajaran Berbasis DIgital untuk Mengembangkan KOmpetensi Pedagogik Guru-guru SD di Kecamatan Cipanas. Jurnal Warta Desa, 4(1), 34–40.
Prastiti, M. R. (2020). Media Pembelajaran Berteknologi Digital. Rumah Belajar-Kemdikbud. http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2020/09/media-pembelajaran-berteknologi-digital/
Roshonah, A. F., Damayanti, A., Rahmatunnisa, S., & Masykuroh, K. (2021). Pelatihan Literasi Digital untuk Guru PAUD di Wilayah Sukabumi Jawa Barat. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 47–56.
Rusli, D. (2021). Pelatihan Media Belajar Digital Bagi Guru SDIT Mutiara Pariaman di Era New Normal. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1226–1231.
WID. (2022). Sekilas Pandang Revolusi Industri 4.0. Majalah Jendela-BLKM Kemendikbud. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/fokus/detail/sekilas-pandang-revolusi-industri-4-0
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.