BIMBINGAN KEPADA SISWA/I MTs DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL KOMPETENSI SAINS MADRASAH (KSM) BIDANG MATEMATIKA TERINTEGRASI

Authors

  • Dedy Sofian M.Z. Universitas Nahdlatul Ulama NTB
  • Riana Riana Universitas Nahdlatul Ulama NTB
  • Sunardi Sunardi Universitas Nahdlatul Ulama NTB
  • Addin Gama Bertaqwa Universitas Nahdlatul Ulama NTB

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10447

Keywords:

madrasah science competition (KSM), guidance, integrated mathematics.

Abstract

ABSTRAK

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang kompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Adapun cabang yang dilombakan pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) yaitu Matematika terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi, dan IPA Terpadu Terintegrasi. Adapun metode yang pelaksana gunakan untuk melaksanakan bimbingan ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu: 1) Pre test, bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa/i MTs NW Ar Rahmah Pringgarata ; 2) Materi dan pembahasan soal-soal matematika terintegrasi ; 3) Post test, bertujuan untuk mengetahui kemampuan akhir siswa/i MTs NW Ar Rahmah Pringgarata. Berdasarkan hasil pre-test dan Post-test  dapat diambil kesimpulan bahwa Kemampuan peserta PKM dalam menyelesaikan soal-soal  matematika terintegrasi  meningkat, dan berdasarkan hasil angket dapat disimpulkan bahwa kegiatan bimbingan matematika terintegrasi ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan  dalam menyelesaikan soal-soal  matematika terintegrasi,  serta lebih dari 70%   Peserta PKM siap jika diutus untuk menjadi peserta lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM) pada bidang  matematika terintegrasi.

 

Kata kunci: kompetisi sains madrasah (KSM); bimbingan; matematika terintegrasi.

 

ABSTRACT

Madrasah Science Competition (KSM) is a competition in the field of science organized by the Ministry of Religious Affairs of the Republic of Indonesia. The branches contested at the Madrasah Science Competition (KSM) at the Madrasah Tsanawiyah (MTs) level are integrated mathematics, integrated social studies, and integrated science. The method that the implementer uses to carry out this guidance is divided into three stages, namely: 1) Pre test, aims to determine the initial ability of students of MTs NW Ar Rahmah Pringgarata; 2) Material and discussion of integrated math problems; 3) Post test, aims to find out the final ability of students of MTs NW Ar Rahmah Pringgarata. Based on the results of the pre-test and Post-test, it can be concluded that the ability of PKM participants in solving integrated mathematics problems has increased,  and based on the results of the questionnaire, it can be concluded that this integrated mathematics guidance activity is useful and can increase knowledge in solving integrated mathematics problems, and more than 70% of PKM participants are ready if sent to become participants in the Madrasah Science Competition (KSM) competition in the field of integrated mathematics.

 

Keywords: madrasah science competition (KSM); guidance; integrated mathematics.

References

Ariningsih, I., Studi, P., Matematika, P., Islam, U., Syarif, S., Riau, K., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Ilmu, F., Pahlawan, U., Tambusai, T., & Matematika, P. (2020). JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN. 1, 1–8.

Chuseri, A., Anjarini, T., Purwoko, R. Y., & Purworejo, U. M. (2021). PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS REALISTIK TERINTEGRASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS ( HOTS ) PADA. 3(1), 18–31. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.18-31

Dasar, S. (2021). Jurnal basicedu. 5(30), 247–255.

Hakim, W. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR MATEMATIKA TERINTEGRASI AGAMA BERBASIS AKM. 10(1), 29–38.

Ibrahim, M. (2021). The Development of Bilingual Teaching Materials on Mathematical Logic Based on Integrated Mathematics. 5(2), 454–462.

Ibrahim, M. (2022). DESIMINASI : PELATIHAN PENYUSUNAN LEMBAR KERJA SISWA. 6(1), 771–779.

Khaira, N., Idris, K., & Bahri, S. (2021). Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. 1(2), 89–100.

Riana, R., & Ibrahim, M. (2019). LKS Himpunan: Sebuah Pengembangan Matematika Integrasi. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 162. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1063

Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2014). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang. 01(2), 55–66.

Yuniati, S., Sari, A., Matematika, P. P., Tarbiyah, F., Hr, J., Km, S., Pekanbaru, T., & Yuniati, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) di Propinsi Riau. 4(1), 1–9.

Downloads

Published

2022-09-11

Issue

Section

Articles