PENDAMPINGAN PENENTUAN HARGA POKOK PENJUALAN (HPP) DAN HARGA JUAL PADA UMKM KERUPUK DAN KEMPLANG DESA LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM

Authors

  • Anggun Widiya Universitas Indo Global Mandiri
  • Leriza Desitama Anggraini Universitas Indo Global Mandiri
  • Mutiara Kemala Ratu Universitas Indo Global Mandiri
  • Endah Dewi Purnamasari Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10457

Keywords:

cost of product sold, selling price, lembak village, accounting

Abstract

ABSTRAK

Desa Lembak yg terletak di Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan dengan potensi yang dimilikinya menjadi salah satu penyumbang perekonomian bangsa melalui UMKM yang ada didalamnya. Desa Lembak memiliki potensi pendapatan dari masyarakatnya yang menjual kerupuk dan kemplang di sepanjang jalan Desa Lembak Kabupaten Muara Enim Sumatera selatan. Penjualan kerupuk dan kemplang khas desa Lambak ini pun telah merambah hingga keberbagai daerah di Indonesia. Namun, potensi tersebut tidak sejalan dengan keuntungan yang diperoleh bagi pelaku usaha. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah minimnya pengetahuan pelaku usaha terhadap konsep akuntansi yaitu harga pokok penjualan serta harga jual. Oleh karena itu, tujuan kegiatan pendampingan  ini adalah untuk memberikan edukasi terkait penentuan harga pokok penjualan (HPP) yang tepat bagi pelaku UMKM. Pendampingan Perhitungan HPP  pada UMKM kerupuk dan kemplang Desa Lambak pada kenyataannya disambut baik oleh pelaku usaha. Pelaku Usaha yang sebelumnya sangat awam terhadap konsep akuntansi penentuan harga pokok penjualan dan harga jual menjadi lebih paham dan dapat menerapkan perhitungan harga pokok penjualan dan penghitungan harga jual, sehingga dapat menentukan laba dari hasil penjualan produk kerupuk dan kemplang.

 

Kata kunci: harga pokok penjualan; harga jual; desa lembak; akuntansi

 

ABSTRACT

Due to the MSMEs present there, Lembak Village in South Sumatra's Muara Enim Regency has the potential to become one of the region's economic contributors. Lembak Village, Muara Enim Regency, South Sumatra, has potential income from its residents who sell kerupuk and kemplang along the Lembak Village road. Kerupuk and kemplang sales, which are typical to Lembak village, have also expanded to other parts of Indonesia. This potential, however, does not correspond to the advantages gained for business owner. One of the problems is that business owners don't comprehend accounting terms like cost of product sold and selling price.Therefore, the objective of this mentorship activity is to give MSME actors information regarding the assessment of the appropriate cost of products sold (HPP). Business players in Lambak Village  welcomed assistance in calculating the cost of products sold (HPP) and selling price for kerupuk and kemplang MSMEs. Business players who had previously had a very limited understanding of the accounting concept of calculating the cost of products sold and selling prices were more knowledgeable and were able to use the calculations to assess the profit from the sale of kerupuk and kemplang products.

 

Keywords: cost of product sold; selling price; lembak village; accounting

Author Biography

Anggun Widiya, Universitas Indo Global Mandiri


References

Anggraini, Leriza, D., Faradillah, & Rosalina, W. (2022). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM Pada Pelaku Usaha Clothing Line. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 540–546. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.9745

Desa Lembak. (2022). Wilayah Geografis Desa Lembak Kabupaten Muara Enim. http://lembak-muaraenim.desa.id/pages/wilayah-geografis

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2022). Kerupuk Kemplang Lembak: Desa Wisata Shuji Lembak, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. https://jadesta.kemenparekraf.go.id/paket/kerupuk_kemplang_lembak_1

Pangesti, S. (2021). PENGUATAN REGULASI PERSEROAN TERBATAS PERORANGAN USAHAMIKRO DAN KECIL DALAM MENDUKUNG PEMULIHAN EKONOMI MASA PANDEMI COVID-19. RECHTSVINDING: Media Pembinaan Hukum Nasional, 10(1), 117–131.

Santoso, A., Sulistyawati, A. I., & Setyo Wahdi, N. (2021). PEMBERDAYAAN UKM MELALUI PENYULUHAN PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK. Buletin Abdi Masyarakat, 1(2), 1–10. http://journal.stie-yppi.ac.id/index.php/bam

Satriani, D., & Vijaya Kusuma, V. (2020). PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DAN HARGA POKOK PENJUALAN TERHADAP LABA PENJUALAN. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(2), 438–445.

Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i2.408

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian).

Widyastuti, I., & Mita, D. (2018). Akuntansi Perhitungan Harga Pokok Penjualan Dengan Metode Pesanan Untuk Menentukan Harga Jual. Jurnal Moneter, V(1), 74–85.

Wiralestari, Firza, E., & Mansur, F. (2018). PELATIHAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN FULL COSTING SEBAGAI DASAR PENENTUAN HARGA JUAL PEMPEK PADA UMKM PEMPEK MASAYU 212. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 46–52.

Downloads

Published

2022-09-16

Issue

Section

Articles