PELATIHAN PEMBUATAN KEMASAN DAN DESAIN LOGO TERHADAP PRODUK BARU BERUPA CAKE SINGKONG CARAMEL DI DESA ALAI SELATAN KECAMATAN LEMBAK

Authors

  • Hendri Diansyah Universitas Indo Global Mandiri, Palembang
  • Gilang Arya Farmadani Universitas Indo Global Mandiri, Palembang
  • Yozi Juandri Universitas Indo Global, Mandiri
  • Tedi Aditia Universitas Indo Global, Mandiri
  • Muhammad Andika Universitas Indo Global, Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10507

Keywords:

cake, cassava, packaging, logo.

Abstract

ABSTRAK

Desa Alai Selatan belum memiliki sebuah usaha yang mempunyai logo serta kemasan usaha yang menarik dan inovatif. Pembuatan kemasan dan logo pada pengabdian masyarakat ini bertujuan agar masyarakat Desa Alai Selatan memiliki semangat dan motivasi dalam berwirausaha agar SDA desa dapat dimanfaatkan guna kemajuan desa itu sendiri. Metode pengabdian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yakni studi pustaka, pelatihan, observasi. Melalui studi pustaka, diperoleh teori-teori terkait dan hasil penelitian sebelumnya. Kemudian dengan cara observasi dimana dilakukannya pengamatan pada produk. selama proses pendampingan menghasilkan  inovasi  kemasan  dan desain logo mengalami  peningkatan secara signifikan secara produksi. Dampak  dari  program  pengabdian  masyarakat  dengan  program pendampingan  UMKM “Cake Singkong Caramel†Desa Alai Selatan Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim terhadap mitra sangat besar karena dapat menambah wawasan dan kreativitas masyarakat didesa tersebut. Kesimpulannya adalah dilakukannya pengabdian ini agar masyarakat di Desa Alai Selatan Kecamatan Lembak dapat meningkatkan kreativitas masyarakat.

 

Kata Kunci : kue; singkong; kemasan; logo.

 

ABSTRACT

South Alai Village does not yet have a business that has an attractive and innovative logo and business packaging. The manufacture of packaging and logos for community service aims to make the people of South Alai Village have enthusiasm and motivation in entrepreneurship so that village natural resources can be utilized for the progress of the village itself. The service method used is descriptive qualitative and data collection techniques namely literature study, training, observation. Through literature study, related theories and results of previous research were obtained. Then by way of observation where observations are made on the product. during the mentoring process, packaging innovations and logo designs experienced a significant increase in production. The impact of the community service program with the MSME assistance program "Cake Cassava Caramel" South Alai Village, Lembak District, Muara Enim Regency on partners is very large because it can add insight and creativity to the community in the village. The conclusion is that this service is carried out so that the community in Alai Selatan Village, Lembak District can increase community creativity.

 

Keywords : cake; cassava; packaging; logo.

Author Biographies

Hendri Diansyah, Universitas Indo Global Mandiri, Palembang

Fakultas Ekonomi

Gilang Arya Farmadani, Universitas Indo Global Mandiri, Palembang

Fakultas Ekonomi

Yozi Juandri, Universitas Indo Global, Mandiri

Fakultas Ekonomi

Tedi Aditia, Universitas Indo Global, Mandiri

Fakultas Ekonomi

Muhammad Andika, Universitas Indo Global, Mandiri

Fakultas Ekonomi

References

Arifudin, O. (2020). INTEGRITAS. Jurnal Pengabdian, 4(1), 21.

Freeman. (2004). Stakeholder Theory and the Corporate Objective Revisited. Organization Science, 15(3).

Himawan, Asep, S., & Sugeng, S. (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) Pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisa Deskriptif. Scientific Journal Of Informatics, 1(1), 53–63.

Kasmir. (2013). kewiraushaan (Revisi). PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. dan A. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedelapan. Erlangga.

Mahmudah, M., & Supri Wahyudi, U. (2017). Analisis Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Pasar Tradisional Sleko di Kota Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 59–72. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.129

Miller, R.L. dan Meiners E, R. (2000). Teori Mikroekonomi Intermediate, penerjemah Haris Munandar. PT. Raja Grafindo Persada.

Sukirno, S. (2008). Mikroekonomi: Teori Pengantar. Edisi Ketiga. PT Raja Grafindo Persada.

Tambajong. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 1291–1301.

Titik, W., & Purwaning Budi, L. (2017). Ibm-Pendampingan Usaha Kerupuk Rumahan Di Desa Kembang Kabupaten Pacitan. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 2(01).

Downloads

Published

2022-09-27

Issue

Section

Articles