AKTUALISASI INDUSTRI 4.0 DALAM RANGKA PENINGKATAN LITERASI DIGITAL GURU PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10597Keywords:
digital literacy improvement, nursery school teacher, Zoom applicationAbstract
ABSTRAK
Peningkatan literasi digital terhadap guru merupakan hal yang perlu dilakukan di era revolusi industri 4.0 saat ini. Semenjak pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap dunia pendidikan, tuntutan kompetensi digital guru karena adanya kebijakan pembelajaran secara daring menjadi sangat vital. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan digital guru PAUD melalui pelatihan pengoperasian aplikasi Zoom di PAUD Ceria Anak Bangsaku, Desa Jabon Mekar, Kecamatan Parung sebanyak 6 orang. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah pelatihan aplikasi Zoom yang dibagi menjadi 3 (tiga) tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil kegiatan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa literasi digital guru PAUD meningkat setelah diberi pelatihan yang dapat dilihat dari indikator pada tahapan evaluasi. Hasil evaluasi dari 6 guru PAUD yang terlibat menunjukkan bahwa 83% menjadi lebih tahu aplikasi Zoom dan cara pengoperasiannya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kegiatan ini berjalan sesuai dengan sasaran dan tujuan pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu peningkatan literasi digital pada guru PAUD.
Â
Kata kunci : peningkatan literasi digital; guru PAUD; aplikasi Zoom
Â
ABSTRACT
Increasing digital literacy for teachers is something that needs to be done in the current era of the industrial revolution 4.0. Because the Covid-19 pandemic has had an impact on the world of education, the need for digital teacher competence due to learning policies is very important. Therefore, this community service was carried out with the aim of increasing the digital skills of nursery school teachers through training on the operation of Zoom application at Ceria Anak Bangsaku (CAB) nursery school, Jabon Mekar Village, Parung District. The method applied in this activity was training. It was divided into 3 (three) stages: preparation, implementation, and evaluation. The results of the training showed that the digital literacy of CAB teachers increased after training had given. It was seen from the indicators at the evaluation stage. The evaluation results showed that 83% CAB teachers becoming more familiar with Zoom application and how operate it. Thus, this community service was in accordance with the objective of this activity which was increasing digital literacy for nursery school teachers.
Â
Keywords: digital literacy improvement; nursery school teacher; Zoom application
References
Astriawati, N., Santosa, S., Agusta, G. E., Purnomo, C., & Subekti, J. (2022). PELATIHAN EDITING VIDEO BERBASIS APLIKASI KINEMASTER UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL GURU. 6(2).
Azzahra, I. M., & Andriani, K. M. (2022). MINAT ORANGTUA MENYEKOLAHKAN ANAK DI LEMBAGA PAUD PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal AUDHI, 5(1), 42–51. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI
Binus, U. (2021). Memasuki Industri 4.0, Inilah Tuntutan Bagi Para Pekerja Millenial. Retrieved from https://graduate.binus.ac.id/2021/03/03/memasuki-industri-4-0-inilah-tuntutan-bagi-para-pekerja-millenial/
Blanchard, M. R., LePrevost, C. E., Tolin, A. D., & Gutierrez, K. S. (2016). Investigating Technology-Enhanced Teacher Professional Development in Rural, High-Poverty Middle Schools. Educational Researcher, 45(3), 207–220. https://doi.org/10.3102/0013189X16644602
Mujahidin, E., Bahruddin, E., & Hartono, R. (2020). The Role of Meeting Applications in Improving Student Productivity and Health Management amid Corona Virus Pandemic. Universal Journal of Educational Research, 8(9), 3965–3969. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080921
Nurhasanah, N., Husnaini, N., & Indira Astriya, B. R. (2022). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 25–33. https://doi.org/10.51700/almutaliyah.v2i1.297
Sukirman, S., Sarwahdi, S., Handika, A. S. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENGOPERASIKAN ZOOM MEETING DAN MENGELOLA GOOGLE FORM UNTUK MENDUKUNG PROSES DAN EVALUASI BELAJAR DARI RUMAH (BDR). In Jurnal Widya Laksana (Vol. 11, Issue 1).
Zenius, Z. (2022). Mengenal Kendala Pembelajaran Daring – Zenius untuk Guru. Retrieved from Zenius: https://www.zenius.net/blog/kendala pembelajaran-daring
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.