BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS ANAK-ANAK MELALUI PERMAINAN DI GAMPONG ATEUK LAM-URA

Authors

  • Putri Dini Meutia Universitas Abulyatama
  • Cut Rahmawati Universitas Abulyatama
  • Rini Susiani Universitas Abulyatama
  • Ugahara Ugahara Universitas Abulyatama
  • Dara Nazua Effridanda Universitas Abulyatama
  • Fitri Fitri Universitas Abulyatama

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10827

Keywords:

training, games, increase.

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan bimbingan belajar ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak-anak usia sekolah dasar melalui permainan. Bimbingan belajar ini dilaksanakan di Gampong Ateuk Lam-Ura, Aceh Besar. Peserta dari bimbingan belajar ini ada 8 anak. Permainan yang diberikan berupa menyusun kata, menebak kata, menulis kata, spelling bee game, throwing ball, dan gesturing. Kegiatan ini dilaksanakan 1 bulan dan setiap pertemuan berdurasi 1 jam. Hasil dari kegiatan ini adalah anak-anak selama mengikuti bimbingan belajar sangat bersemangat. Hal ini terbukti dengan peningkatan kosakata baru mereka. Oleh karena itu diperlukan metode yang efektif, kreatif, dan menyenangkan dalam pengajaran bahasa Inggris kepada anak-anak usia sekolah dasar.

 

Kata kunci: bimbingan belajar; permainan; peningkatan.

 

ABSTRACT

This training activity aimed to improve the English vocabulary of elementary school-age children through games. This activity was carried out in Gampong Ateuk Lam-Ura, Aceh Besar. The participants of this training were 8 children. The games were in the form of composing words, guessing words, writing words, spelling bee games, throwing balls, and gesturing. This activity was carried out for 1 month and each meeting was 1 hour. The result of this activity is the children during the training are very enthusiastic. It can be seen from the increase in their new vocabulary. Therefore, an effective, creative, and fun method is needed in teaching English to elementary school-age children.

 

Keywords: training; games; increase.

References

Fitria, R., Ervina, Kurniati, & Astafi, R. (2021). Pendampingan peningkatan kemampuan bahasa Inggris siswa panti asuhan Dayang Dermah Bengkalis. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3540

Magfirah, S., Adam, S., Maricar, F., & Pandjaitan, I. P. (2021). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris melalui Media Games di Lingkup Komunitas Ternate. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 109–116. https://doi.org/10.30812/adma.v2i1.1261

Soenarto, R. M. (2010). English Through Games Book 2 for Children up to 12. Jakarta: PT Elex Meida Komputindo.

Suryani, Meutia, P. M., Majid, A. H., Dauyah, E., Susiani, R., Ugahara, … Irfan, A. (2022). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris untuk Anak-anak Usia Sekolah Dasar di Desa Lampoh Keudee. Jurnal Abdimas Unaya, 2(1), 26–30.

Warman, J. S., Mardian, V., Suryani, L., Fista, F. R., & Irwan, I. (2019). Program Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Ingris Anak-anak Panti Asuhan Melalui Pemberdayaan Mahasiswa. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., 6(1), 1–10.

Warman, J. S., & Mardiyah, F. (2019). The Implementation and Effectiveness of Integrated Approaches in Improving English Basic Skills for Beginners. JEELL (Journal of English Education, Linguistics, and Education), 3(2), 280–285.

Downloads

Published

2022-09-23

Issue

Section

Articles