PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU MELALUI PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11447Keywords:
middle school teacher, scientific worksAbstract
ABSTRAK
Pembuatan karya ilmiah merupakan salah satu syarat bagi guru untuk mengajukan kenaikan jabatan/pangkat. Beberapa guru mengalami kendala dalam pembuatan karya ilmiah untuk memenuhi persyaratan tersebut. Para guru kurang termotivasi membuat karya tulis ilmiah. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru SMP di kota Marisa dalam membuat karya tulisan ilmiah. Metode yang dipergunakan adalah workshop dan pelatihan membuat tulisan ilmiah yang diarahkan untuk membuat artikel ilmiah yang dapat dipublikasikan pada OJS Open journal system. Pengabdian ini diharapkan dapat memotivasi dan meningkatkan pengetahuan para guru tentang bagaimana cara membuat artikel ilmiah, sehingga dapat memenuhi kebutuhan artikel ilmiah. Pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh guru pada pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi, kapasitas dan profesionalitas para guru sebagai pendidik.
Â
Kata kunci: guru SMP; karya ilmiah.
Â
ABSTRACT
Making scientific work is one of the requirements for teachers to apply for promotions/ranks. Some teachers experience problems in making scientific work to meet these requirements. Teachers are less motivated to write scientific papers. This service aims to improve the ability of junior high school teachers in the city of Marisa in making scientific writing. The method used is workshops and training on making scientific writing directed at making scientific articles that can be published on the OJS Open journal system. This service is expected to motivate and increase teachers' knowledge about how to make scientific articles, so that they can meet the needs of scientific articles. The knowledge and skills acquired by teachers in this training can improve the competence, capacity and professionalism of teachers as educators
Â
Keywords: middle school teacher; scientific works
References
Handayani, S. L. R. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(1), 8–13. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.9752
Karwan, D. H., & Hariri, H. (2020). PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU SMK MUHAMMADIYAH. In Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/jss.v4i1.196
Muslimah. (2021). Peran Profesi Guru Dalam Pendidikan. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.31219/osf.io/2p9zr
Peraturan Menteri PAN Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Rahyasih, Y., Hartini, N., Liah, D., & Syarifah, S. (2020). Sustainability Professional Development: A Scientific Paper Training Need Analysis for Teachers. Jurnal Peniltian Pendidikan, 20(1), 134–144. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/24565
Ritonga, R. R. I. (2018). PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KARAWANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidkan, 1(1), 31–38. https://doi.org/https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i01.75
Sri Mujiwati, E., Putera Permana, E., Sahari, S., Nitya Santi, N., Damariswara, R., Amirul Mukmin, B., Nurlaila Zunaidah, F., Andri Aka, K., & Saidah, K. (2017). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK GURU SEKOLAH DASAR PADA ANGGOTA GUGUS 1 KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI. Abdinus, 1(1), 53–68. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/ja.v1i1.11729
Sukoyo, J. (2022). WORKSHOP PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU-GURU BAHASA JAWA SMA DAN SMK DI KOTA SEMARANG. Dharmakarya, 11(1), 29. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i1.34850
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.