PELATIHAN PENGELOLAAN WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL BPMP YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11642Keywords:
training, website management, social media management, BPMP, ICTAbstract
ABSTRAK
Pengelolaan data dan informasi publik oleh lembaga pemerintah sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berbasis internet dapat memberikan informasi tanpa terbatas ruang dan waktu. Berbagai layanan publik dapat diakses oleh masyarakat melalui website maupun sosial media. Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Yogyakarta (BPMP) sebagai salah satu entitas publik hadir di tengah masyarakat untuk memberikan layanan informasi pendidikan melalui website dan sosial media. Peningkatan layanan publik yang berkualitas menjadi salah satu prioritas penting untuk menjaga performa layanan yang semakin baik. BPMP Yogyakarta melalui fungsi PMPSI (Pemetaan Mutu dan Pengelolaan Sistem Informasi) bermitra dengan IST AKPRIND menyelenggarakan pelatihan untuk aparatur pengelola website dan sosial media pada selasa 11 Oktober 2022 di Ruang Rapat 2 BPMP DIY. Kegiatan Bimtek Pengelolaan Data dan Informasi dengan tema Pengelolaan Website dan Sosial Media tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi aparatur dalam pengelolaan informasi publik. Materi pelatihan tentang pengelolaan website pemerintah, dan pengelolaan media sosial diikuti dengan praktek langsung oleh 25 peserta. Hasil pelatihan secara umum menunjukkan bahwa peserta puas terhadap hasil pelatihan dan pelatihan sudah sesuai dengan harapan peserta. Adanya kerjasama antara BPMP dengan dosen dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan kapasitas lembaga pemerintah, khususnya BPMP dalam memberikan keberlanjutan layanan informasi yang valid pada masyarakat. Hasil dari pengabdian masyarakat ini yaitu peningkatan kemampuan dari pengelola website dan sosial media BPMP dalam menyediakan konten yang lebih menarik dan terupdate untuk masyarakat.
Â
Kata kunci: pelatihan; pengelolaan website; pengelolaan sosial media; BPMP; TIK
Â
ABSTRACT
The data and information public management is essential for public services. Internet-based Information and Communication Technology (ICT) can provide information without being limited by space and time. The public can access services through websites and social media. Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) is a public community that provides educational information through websites and social media. Improving the quality of public services is one of the priorities to maintain better service performance. BPMP with PMPSI (Pemetaan Mutu dan Pengelolaan Sistem Informasi) function in collaboration with the IST AKPRIND held training for website and social media management officials on Tuesday, 11 October 2022, in Meeting Room 2 BPMP DIY. The Bimtek of Data and Information Management with the theme of Website and Social Media Management aims to improve the competence of the apparatus in managing public information. The training materials consist of managing the website and social media followed by hands-on practice by the 25 participants. The results generally show that the participants are satisfied with the training results, and the training is in line with the expectations of the participants. The collaboration between BPMP and lecturers in this public service activity can increase the capacity of government institutions, especially BPMP, to provide sustainable and valid information services to society. The result of this community service is an increase in the ability of the BPMP website and social media managers to provide more attractive and updated content for the community.
Â
Keywords: training; website management; social media management; BPMP; ICT
References
Aripin, D. (2022). Evaluasi Kualitas Website Dinas Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Menggunakan Metode Webqual 4.0. Ejurnal.Unmerpas.Ac.Id, 7(1). https://doi.org/10.37438/jimp.v7i1.415
Ayu Rahmadhani, W., King, D., Melviyani Br Ginting, E., Diego Sijabat, F., Raviqy, R., & Amin, M. (2022). PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI BENTUK DIGITALISASI PELAYANAN PUBLIK UNTUK MEWUJUDKAN TRANSPARANSI DI DINAS SOSIAL PROVINSI. Jurnal.Staialhidayahbogor.Ac.Id, 11(01). https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2979
Devella, S., Yohannes, Y., & Rachmat, N. (2021). Pelatihan Pembuatan Website Sekolah Menggunakan Wordpress Untuk Guru Tik Sma Negeri 17 Palembang. Journal.Ummat.Ac.Id, 4. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/4488
Dewi, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Website Brisik. Id terhadap Peningkatan Aktivitas Jurnalistik Kontributor. KomunikA, 17(2), 1–14. Retrieved from https://talenta.usu.ac.id/komunika/article/view/7560
Fandi, F., Imaniawan, D., Wijianto, R., & Mulyanto, J. D. (2020). Penerapan Search Engine Optimization Untuk Meningkatkan Peringkat Website Pada Search Engine Results Page Google (Studi Kasus: www. superbengkel. co. id). Evolusi: Jurnal Sains Dan Manajemen, 8(2). Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/evolusi/article/view/9172
Handriyotopo, H. (2021). RETORIKA INFOGRAFIS PANDEMI CORONA VIRUS MEDIA JURNALISTIK DIGITAL ONLINE. Acintya, 13(1), 28–41. Retrieved from https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/acintya/article/view/3819
Hayaty, M., & Meylasari, D. (2018). Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Media Promosi. Jurnal Informatika, 5(2). Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/4027
Maulida, R., & Sevilla, V. (2021). Pelatihan Penulisan News Release untuk Pranata Humas pada Instansi Pemerintah Kabupaten Lebak. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 4(4), 174–183. Retrieved from http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2248
Mus, S., Habibah, S., & Wahed, A. (2020). Pengelolaan Website Sekolah Berbasis Wordpress. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/15924
Nasution, N., & Hasan, M. (2019). IBM pelatihan cms content dan digital jurnalistik. Journal.Unilak.Ac.Id, 3(1), 22–30. Retrieved from http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/1482
Pradatha, K., & Muksin, N. N. (2021). KOMUNIKASI PEMASARAN SECARA PERSUASIF MELALUI INFOGRAFIS PADA INSTAGRAM ETHIS.CO.ID. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5(1), 29–39. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/perspektif/article/view/11593
Pratiwi, D., Santoso, G. B., Mardianto, I., Sediyono, A., & Rochman, A. (2020). Pengelolaan Pengelolaan Konten Web Menggunakan Wordpress, Canva dan Photoshop untuk Guru-Guru Wilayah Jakarta. Journals.Unihaz.Ac.Id, (1), 11–15. https://doi.org/10.32663/abdihaz.v2i1.1093
Puspita, R., & Suciati, T. N. (2020). Mobile Phone dan Media Sosial: Penggunaan dan Tantangannya pada Jurnalisme Online Indonesia. EKSPRESI DAN PERSEPSI : JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 3(2), 132–146. https://doi.org/10.33822/JEP.V3I2.1781
Setiawan, Y., Rostianingsih, S., & Setiawan, I. (2019). Penerapan Metode Content Management System Untuk Mempermudah Mengubah Tampilan Website. Jurnal Infra, 7(2), 1–7. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/viewFile/8742/7891
Sukri, S., & Zulfikar, Z. (2021). Mendapatkan Peringkat Terbaik Website Pada Search Engine Dengan Metode Search Engine Optimization (SEO). Pdfs.Semanticscholar.Org, 4(3). Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/189d/a321d399ccca8f48aec607d611ee515b5fd5.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.