TOEFL ONLINE SPECIAL RAMADHAN (TOSR): PROGRAM PELATIHAN UNTUK MAHASISWA TINGKAT AKHIR UPN “VETERAN” JAWA TIMUR

Authors

  • Roudlotul Badi'ah Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Evi Maya Odelia Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Yoga Dwi Anugrahadi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Rusfian Effendi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Ika Korika Swasti Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11673

Keywords:

training, TOEFL, final year students.

Abstract

ABSTRAK

Kuota pelatihan gratis yang diberikan UPN Veteran Jawa Timur hanya memenuhi 1,11 % dari keseluruhan mahasiswa. Pelatihan TOEFL ini memberikan solusi bagi mahasiswa tingkat akhir dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan TOEFL untuk memenuhi standarisasi syarat kelulusan di UPN Veteran Jawa Timur. Tujuan pengabdian ini untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa agar mendapatkan strategi, trik dan ketrampilan dalam mengerjakan soal tes TOEFL. Metode pengabdian ini yaitu pelatihan sebagai proses pembelajaran dan praktik partisipatif (Participatory Learning and Action). Pelaksanaan pelatihan TOEFL online ini melalui tahapan pengantar TOEFL dan pre-test; ceramah, diskusi, tanya jawab, dan latihan soal; serta post-test. Hasil adanya pelatihan ini pengetahuan dan pemahaman tes TOEFL peserta semakin meningkat terlihat dari hasil skor TOEFL post-test lebih baik dibanding dengan skor TOEFL pre-test. Secara keseluruhan 50% peserta pelatihan sudah memperoleh skor TOEFL sesuai standar kelulusan dari yang semula hanya sebesar 32%. Hasil rata-rata skor TOEFL saat pre-test sebesar 381 meningkat signifikan menjadi 462 saat post-test.

 

Kata kunci: pelatihan; TOEFL; mahasiswa tingkat akhir.

 

ABSTRACT

The free training quota provided by UPN Veteran Jawa Timur only fulfills 1.11% of the total students. This TOEFL training offers a solution for final-year students to improve their TOEFL knowledge and skill to standardize graduation requirements at UPN Veteran Jawa Timur. This community service aims to help students get strategies, tricks, and skills for the TOEFL test. The method used in this service is training as a learning process and participatory practice (Participatory Learning and Action). This online TOEFL training is implemented through the introductory of TOEFL and pre-test stages; lectures, discussions, questions and answers, exercises; and post-test. The result of this training was that participants' knowledge and understanding of the TOEFL test increased, as seen from the post-test TOEFL scores, which were better than the pre-test TOEFL scores. 50% of the trainees obtained a TOEFL score according to the passing standard, from the original 32%. The average TOEFL score during the pre-test was 381, which increased significantly to 462 during the post-test.

 

Keywords: training; TOEFL; final year students.

References

Amanah, S. N. (2020). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Jakarta Senayan dengan Metode Servey Explanative. SEBATIK, 24(2), 259–266. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/1139

Badi’ah, R., Swasti, I. K., & Ariyanto, R. (2021). Analisis Manajemen Talenta pada Divisi Public Relation dan Partnership Program Internship Campuspedia Batch 9.0. Maker: Jurnal Manajemen, 7(1), 64–80. https://doi.org/10.37403/mjm.v0i0.283

Darmawan, D., Alamsyah, T. P., & Rosmilawati, I. (2020). Participatory Learning and Action untuk Menumbuhkan Quality of Life pada Kelompok Keluarga Harapan di Kota Serang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 160–169. https://doi.org/10.15294/pls.v4i2.41400

Desnaranti, L., & Putra, F. P. (2020). Sosialisasi Jenis–Jenis Tes Bahasa Inggris Pada Guru Di Sdn Depok 4, Pancoran Mas Depok. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 515–522. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.460

Esnirani, & Rahayu, W. (2021). Penggunaan Video Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6150–6156. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1920

Fitria, T. N., & Prastiwi, I. E. (2020). Pelatihan Tes TOEFL (Test Of English Foreign Language) untuk Siswa SMK/SMA, Mahasiswa, Dosen dan Umum. Jurnal Budimas, 02(02), 173–180. https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1457

Juliana, & Amaniarsih, D. S. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Pemahaman Siswa SMA Nurul Hasanah terhadap Tes Berbahasa Inggris Toefl. Jurnal SOLMA, 09(1), 143–155. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4877

Juniawan, F. P., Marini, M., Sylfania, D. Y., Antonius, F. R., & Gautama, S. (2021). Penerapan Metode Participatory Learning and Action (PLA) pada Pelatihan Uji Kompetensi Keahlian. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 2(4), 257–265. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v2i4.215

Lubis, I. S., Fauziah, F., Anitra, V., & Latief, A. (2022). Pelatihan Test Of English Foreign Language (TOEFL) Bagi Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Abdimas Mahakam Journal, 6(01), 57–62. https://doi.org/10.24903/jam.v6i1.1142

Marbun, Y. Y., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2016). Pembuatan Aplikasi TOEFL sebagai Media Pelatihan Bahasa Inggris Berbasis WEB. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 83–92. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.83-92

Mustopa, R., Barjah, M. K., Ahsaina, N. A., & Rais, Y. (2021). Pelatihan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Masa Pandemi COVID-19. SOSTECH: Jurnal Sosial Dan Teknologi, 1(3), 166–174. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i3.21

Pahlevi, R. (2021). Rendah, Tingkat Kecakapan Bahasa Inggris Masyarakat RI Peringkat 5 di Asia Tenggara. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/30/rendah-tingkat-kecakapan-bahasa-inggris-masyarakat-ri-peringkat-5-di-asia-tenggara

Poeryono, U. Q. I. W., Ahmad, Y. B., & Nugraha, S. I. (2021). Students’ Motivation in Learning Listening by Using YouTube: Case Study. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 782–790. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1874

Rasman. (2021). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris pada Masa Pandemi Covid 19. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 118–126. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i2.442

Swasti, I. K., Badi’ah, R., Anugrahadi, Y. D., & Odelia, E. M. (2022). Behavior Change wit Operant Conditioning and Classical Conditioning in Education and Training TOEFL Online Student UPN “Veteran†Jawa Timur. Jurnal Mebis: Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.33005/mebis.v7i1.304

Utami, F. T., & Zanah, M. (2021). Youtube Sebagai Sumber Informasi Bagi Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 11(1), 78–84. https://doi.org/10.53696/27219283.64

Utomo, A., & Damayanti, P. (2019). Bentuk Tes TOEFL Untuk Mahasiswa Universitas Kaltara: Studi Kualitatif. Jurnal Penelitian Humaniora, 20(2), 59–66. https://doi.org/10.23917/humaniora.v20i2.7376

Yuliani, A., & Mansur, U. (2021). Peran Pelatihan Dalam Meningkatkan Kinerja SDM Dimasa Covid 19: Literature Review. SENMABIS: Conference Series, 1(1), 1–8. https://prosiding.senmabis.nusaputra.ac.id/article/view/18

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Articles