PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KAMPUS DALAM BIDANG ENTERPRENEURSHIP MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS TEKNOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11693Keywords:
empowerment, entrepreneurship, campus, technologyAbstract
ABSTRAK
Dewasa ini dunia kampus dituntut untuk menghasilkan lulusan yang ungul dalam dunia akademis dan juga diharapkan memiliki jiwa enterprener yang baik sehingga mereka bisa mengembangkan diri dalam meningkatkan kesejahteraannya. Tujuan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK menghasilkan wirausahawan muda yang mandiri  berbasis teknologi melalui program yang terintegrasi dengan melibatkan dosen, narasumber, mahasiswa dan alumni.  Metode yang digunakan dalam PPK ini adalah pemberdayaan dan partsisipasi peserta dengan prinsip berkelanjutan dan transformasi kegiatan menuju pada perubahan ke arah jiwa enterpreneurship. Hasil kegiatan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan terhadap 16 peserta (mahasiswa aktif sebanyak 12 dan alumni 4 orang) menunjukkan ada peningkatan pengetahuan bidang kewirausahaan rata rata sebelum pelatihan sebesar 41,3 % dan setelah pelatihan rata rata 67,18 %, dengan rata rata selisih 29,18 %, disamping itu menghasilkan sebanyak 6 peserta telah memiliki usaha dan sudah berjalan, sementara 6 peserta masih merintis dan 4 orang lain lagi masih dalam proses pengambilan keputusan. Kesimpulan kegiatan PPK di Kampus meningkatkan pemahman kewirausahaan dan menghasilkan wirausahawan baru dan mengembangkan wirausaha pada mahasiwa dan alumni. Saran kegiatan perlu pelibatan berbagai sector.
Â
kata kunci: pemberdayaan; kewirausahaan; kampus; teknologi
Â
ABSTRACT
Nowadays the campus world is required to produce excellent graduates in academia and are also expected to have a good entrepreneurial spirit of improving their health. The Entrepreneurship Development Program (PPK) aims at the Karawang Midwifery Study Program to produce young, technology-based independent entrepreneurs through an integrated program involving lecturers, resource persons, students and alums. The method used in this PPK is the empowerment and participation of participants with sustainable principles and the transformation of activities towards a change in the spirit of entrepreneurship. The results of entrepreneurship training and mentoring activities for 16 participants (12 active students and four alumni) show an average increase in knowledge in the field of entrepreneurship before training by 41.3%. After training, an average of 67.18%, with an average difference of 29. 18%; besides that, 6 participants already have a business and are running, while 6 participants are still pioneering, and four others are still in the decision-making process. Conclusion PPK activities in the Karawang Midwifery Study Program increase entrepreneur knowledge, produce new entrepreneurs and develop entrepreneurship for students and alums. Recommendations need to involve a variety of sectors.
Â
Keywords: empowerment; entrepreneurship; campus; technology
References
Adri, M., Hanesman, H., … T. S.-J. T., & 2019, U. (2019). Digital Marketing sebagai Metoda Alternatif Wirausaha Bagi Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Tip.Ppj.Unp.Ac.Id, 12(2), 68–76. http://tip.ppj.unp.ac.id/index.php/tip/article/view/241
Agora, S. S.-. (2014). Entrepreneurial motivation dan persepsi terhadap hambatan pertumbuhan usaha mikro dan kecil pada sektor formal di Jawa Timur. Publication.Petra.Ac.Id, 2(1). http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/1408
Buletin, A. H.-, & 2009, U. (2014). Kewirausahaan di perguruan tinggi dalam perspektif psikologi. Journal.Ugm.Ac.Id, 41(1). https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/viewFile/11483/8547
dan, H. E.-P. P. J. I. S., & 2018, undefined. (2018). Spirit Pengembangan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi. Journal.Unpas.Ac.Id, 1(2). https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/paradigmapolistaat/article/view/1304
Dewi, H. P., Wahyuni, D., Putri, A. P., & Battuta, U. (2022). Pentingnya Perubahan Mindset Dan Penerapan Teknologi Digital Marketing Dalam Berwirausaha Pada Siswa/I SMA Darul Ilmi Murni. Abdimasjumas.Cattleyadf.Org, 01(02), 6–9. https://abdimasjumas.cattleyadf.org/index.php/Jumas/article/view/28
Ikramullah, M., Ikramullah, M., … A. A.-J. K., & 2020, undefined. (2014). Faktor Determinan Minat Berwirausaha Mahasiswa (Evaluasi Pembelajaran Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Perikanan Dan Kelautan). Eprints.Unm.Ac.Id, 41(1). http://eprints.unm.ac.id/23393/
Informatika, S. M.-J. I. E. P. dan, & 2017, U. (2017). Kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneurship) dalam perspektif ilmu pendidikan. Journal.Trunojoyo.Ac.Id, 3(2), 75–82. https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/2927
Kebudayaan, S. W.-J. P. dan, & 2012, undefined. (2014). Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di pendidikan tinggi. Jurnaldikbud.Kemdikbud.Go.Id, 41(1). http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/101
Lyas, M., Anas, A., Yusrini Islamiah, R., & Artikel, H. (2018). Program Pengembangan Kewirausahaaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Caradde, 1(1), 65–67. https://doi.org/10.31960/CARADDE.V1I1.13
Pancasasti, R., Ekonomika, E. K.-T., & 2017, U. (2017). Mengelola Perilaku Kewirausahaan Mompreneur Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi di Kota Tangerang Selatan. Jurnal.Untirta.Ac.Id, 12(2), 113–122. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTE/article/view/4440
Prastyaningtyas, E., ICECRS, Z. A.-P. of the, & 2019, U. (2019). Pentingnya pendidikan kewirausahaan pada mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai upaya menghadapi revolusi 4.0. Icecrs.Umsida.Ac.Id, 2(1), 281–285. https://icecrs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/1399
Sosial, M. S.-F. I., & 2014, undefined. (2014). Model pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi dalam menumbuhkan entrepreneur muda kreatif dan inovatif di Kota Semarang. Journal.Unnes.Ac.Id, 41(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/FIS/article/view/5377
Tanjung, A., Pendidikan, G. G.-J.-P. (Jurnal A. S., & 2020, U. (2020). Perkembangan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Universitas Lancang Kuning Pekanbaru Berbasis Teknologi. Journal.Fdi.or.Id, 4(1), 1–8. https://www.journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/281
Winarsih, E., & Y. F.-P. S. N., & 2018, undefined. (2021). Literasi Teknologi Dan Literasi Digital Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berwirausaha Bagi Kelompok Pemuda Di Kota Madiun. Jurnal.Unimus.Ac.Id, 2(1), 2774–6755. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/4181
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.