PELATIHAN PENGGUNAAN POWERPOINT BERBASIS ANIMASI UNTUK MATERI PRESENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK GURU SMA DI KABUPATEN SUBANG DAN SEKITARNYA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12611Keywords:
interactive mathematics learning, animation-based power point, computer science technologyAbstract
ABSTRAK
Pada jenjang Pendidikan SD (Sekolah Dasar) hingga SMA (Sekolah Menegah Atas), salah satu pelajaran wajib yang harus dipelajari adalah matematika. Akibat terjadinya pademi covid-19, maka pembelajaran di kelas dialihkan menjadi belajar dari rumah atau (PJJ “Pembelajaran Jarak Jauhâ€). Teknik pengajaran berupa presentasi menggunakan powerpoint berbasis animasi dipandang sebagai solusi dalam meningkatkan kualitas pengajaran matematika. Agar dapat memahami matematika dengan baik, diperlukan perhatian dan fokus yang baik dalam proses pembelajarannya. Penggunaan media TIK (Teknologi Informatika dan Komunikasi) bisa membantu guru agar menimbulkan minat, ketertarikan dan fokus, juga menumbuhkan motivasi dan keinginan siswa untuk mempelajari materi matematika. Metode pengabdian yang digunakan adalah waterfall, dimana dilakukan observasi di lokasi sekolah, kemudian dilakukan pelatihan pengajaran menggunakan media powerpoint berbasis animasi secara daring menggunakan Zoom dengan Teknik diskusi, ceramah serta pendampingan. Hal ini sebagai upaya agar tercapai tujuan terciptanya suasana pelajar-mengajar yang lebih efektif dan efisien. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa diadakannya pelatihan kepada para guru SMA di Kabupaten Subang dan sekitarnya. Pelatihan pembuatan animasi dengan media power point yang akan digunakan guru dalam melakukan presentasi materi pembelajaran matematika. Hasil total keseluruhan dari kuesioner dengan skala likert terhadap pelatihan ini didapatkan nilai 80,63%.
Â
Kata Kunci : pembelajaran matematika interaktif; power point berbasis animasi; teknologi ilmu komputer
Â
ABSTRACT
At the level of elementary school (elementary school) to senior high school (high school), one of the compulsory subjects that must be learned is mathematics. As a result of the Covid-19 pandemic, learning in class has been shifted to learning from home or (PJJ "Distance Learning"). Teaching techniques in the form of animation-based PowerPoint presentations are seen as a solution in improving the quality of mathematics teaching. In order to understand mathematics well, it requires good attention and focus in the learning process. The use of ICT (Information and Communication Technology) media can help teachers generate interest, interest and focus, as well as foster students' motivation and desire to study mathematics material. The service method used is the waterfall, where observations are made at the school location, then teaching training is carried out using online animation-based PowerPoint media using Zoom with discussion, lecture and mentoring techniques. This is an effort to achieve the goal of creating a more effective and efficient learning-teaching atmosphere. The result of this community service activity was in the form of holding training for high school teachers in Subang Regency and its surroundings. Training on making animation using power point media that will be used by teachers in presenting mathematics learning material. The overall total result of the questionnaire with a Likert scale for this training obtained a value of 80.63%.
Â
Keywords: interactive mathematics learning; animation-based power point; computer science technology
References
Budiana, Sjafirah, B. (2019). Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Dan Informasi Dalam Pembelajaran PKN. Phinisi Integration Review, 2(2), 238. https://doi.org/10.26858/pir.v2i2.10002
Eka, D., & Wardhana, C. (2022). Pelatihan Mendesain Media Pembelajaran Animasi pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kabupaten Bengkulu Tengah. 3, 41–52.
Indrawan, G., Aryanto, K. Y. E., & Sariyasa. (2017). Pelatihan dan Pendampingan Animasi 2D sebagai Media Pembelajaran di SMKN 1 Sawan. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SENADIMAS), 217–223. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_725177022578.pdf
Munawar. (2016). Pelatihan Penggunaan Power Point Untuk Membuat Presentasi Yang Menarik Jurnal Abdimas Volume 2 Nomor 2. Maret, 2, 43.
Ommi Alfina, E. T. S. (2020). Pelatihan Pembuatan Animasi Pada Power Point Mengggunakan. Prioritas : Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(September), 60–63.
Siahaan, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran: Peluang, Tantangan, Dan Harapan. Jurnal Teknodik, 19(3), 321–332.
Umniy Salamah, Yuwan Jumaryadi, B. P. (2022). Pelatihan Penggunaan Microsoft Power Point Untuk Membuat Slide Animasi Bagi Para Guru SDN Meruya. 02, 120–125.
Yuliansah. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi. Jurnal Efisiensi, XV(2), 24–32. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Candrasangkala/article/download/2886/2253
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.