PENDAMPINGAN SISWA SD N 1 CEMPAGA YANG MENGALAMI KESULITAN MEMBACA

Authors

  • N. W. S. Darmayanti ITP Markandeya Bali
  • Desak Putu Anom Janawati ITP Markandeya Bali
  • I Nyoman Sudirman ITP Markandeya Bali
  • I Ketut Dedi Agung Susanto Putra ITP Markandeya Bali
  • Ni Nengah Persi ITP Markandeya Bali
  • Ni Wayan Indah Setiawati ITP Markandeya Bali
  • Ni Wayan Tina Saputri ITP Markandeya Bali
  • Ni Nyoman Arianti ITP Markandeya Bali
  • Dewa Ayu Ketut Meitri ITP Markandeya Bali
  • I Gusti Ayu Tri Wahyun ITP Markandeya Bali

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.12822

Keywords:

assistance, difficulties, reading

Abstract

ABSTRAK

Beberapa siswa dari kelas 1 sampai kelas 4 ada yang mengalami kesulitan dalam membaca. Siswa yang kesulitan mengidentifikasi kata-kata dan membaca dengan lambat memiliki pemahaman bacaan yang rendah, yang merupakan tanda lain dari kesulitan membaca. Untuk mengatasi kondisi tersebut, perlu adanya bimbingan dari guru, orang tua, atau orang dewasa yang dekat dengan anak untuk memberikan bantuan dan pendampingan agar anak yang mengalami kesulitan membaca segera mendapatkan penanganan yang tepat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk pendampingan siswa SDN 1 Cempaga yang mengalami kesulitan membaca dengan harapan bahwa pengabdian ini dapat membantu siswa yang memiliki kesulitan membaca tersebut. Jenis pengabdian ini yaitu menggunakan metode pendampingan belajar secara langsung di sekolah yang dilakukan di luar jam pembelajaran berlangsung, mitra dalam pengabdian ini kurang lebih berjumlah 10 orang, Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan selama 120 menit, pada setiap pembinaan siswa yang mengalami kesulitan belajar. Dengan di adakannya kegiatan pendampingan membaca, siswa termotivasi untuk meningkatkan kemampuan membacanya.

 

Kata kunci: pendampingan; kesulitan; membaca

 

ABSTRACT

Some students from grade 1 to grade 4 have difficulties in reading. Students who have difficulty identifying words and read slowly have low reading comprehension, which is another sign of reading difficulties. To overcome these conditions, it is necessary to have guidance from teachers, parents, or adults who are close to children to provide assistance and assistance so that children who have difficulty reading immediately get the right treatment. This service activity aims to assist students at SDN 1 Cempaga who experience reading difficulties with the hope that this service can help students who have reading difficulties. This type of service is to use the method of direct learning assistance at school which is carried out outside the hours of learning taking place, partners in this service are approximately 10 people. This mentoring activity is carried out for 120 minutes, for each coaching of students who experience learning difficulties. By holding reading assistance activities, students are motivated to improve their reading skills.

 

Keywords: assistance; difficulties; reading

References

Ady, W. N. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA terhadap Mata Pelajaran Fisika pada Materi Gerak Lurus Beraturan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(1), 104. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i1.1599

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Nurdini, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 42–54. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.2849

Masing, M. (2021). Pembelajaran Daring : Tantangan Dan Peluang Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Kampung Mamahak Besar. 1(1), 6–12.

Meo, A., Wau, M. P., & Lawe, Y. U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sdi Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 277–287. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/index

Ntelok, Z. R. E. (2021). Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. 5(2), 148–155.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/907

Sugiyono. (2020). Problematika pembelajaran daring di sekolah dasar.

Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 93–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91

Downloads

Published

2023-01-10

Issue

Section

Articles