OPTIMALISASI KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH BAGI GURU SMA/SMK
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12920Keywords:
writing skills, scientific work, high school/ vocational school teachers.Abstract
ABSTRAK
Keterampilan menulis karya ilmiah merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki guru. Namun, pada praktiknya kemampuan ini masih sangat sulit dikuasai oleh guru. Analisis kebutuhan yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa pelatihan menulis karya ilmiah menjadi hal yang urgent dilakukan sebagai upaya meningkatkan stimulus guru untuk menulis. Tujuan pengabdian ini yaitu: (1) meningkatkan pemahaman guru SMA/SMK terkait penulisan karya ilmiah pada jurnal ilmiah, (2) memberikan stimulus untuk merangsang semangat guru dalam mengembangkan kompetensi terutama dalam bidang penulisan karya ilmiah, serta (3) merangsang ide dan gagasan guru dalam menulis karya ilmiah untuk kepentingan pendidikan dan pengembangan profesi. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan peserta berjumlah 30 orang guru SMA/SMK yang tergabung pada Program Profesi Guru dalam Jabatan Tahun 2022 di Universitas Jember. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi: pemaparan tentang berbagai tema yang dapat dikembangkan dalam penulisan karya ilmiah bidang pendidikan, presentasi tentang sistematika penulisan karya ilmiah dan prosedur penulisan di jurnal ilmiah, diskusi tentang berbagai hal terkait upaya meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah. Hasil pelatihan berkontribusi terhadap meningkatnya pemahaman guru SMA/SMK terkait penulisan artikel ilmiah, guru-guru peserta pelatihan memiliki semangat baru dalam mengembangkan kompetensi dalam bidang penulisan karya ilmiah, serta guru-guru menjadi lebih terstimulasi untuk mengembangkan ide dan gagasan dalam bentuk karya ilmiah untuk kepentingan pendidikan serta pengembangan profesi guru.
Â
Kata kunci: keterampilan menulis; karya ilmiah; guru-guru SMA/SMK.
Â
ABSTRACT
The skill of writing scientific papers is a basic ability that teachers must possess. However, this ability is still very difficult by teachers. The needs analysis carried out by the team shows that training in writing scientific papers is an urgent thing to do to increase teacher stimulus for writing. The objectives of this community service are: (1) to increase the understanding of high school/vocational school teachers regarding writing scientific papers in journals, (2) to provide a stimulus to stimulate teachers' enthusiasm in developing competencies, especially for writing scientific papers, and (3) to stimulate teachers' ideas in writing scientific papers for the benefit of education and professional development. This activity was carried out online with participants 30 SMA/SMK teachers who are members of the 2022 in office Teacher Professional Program at University of Jember. The training activities are divided into presentations on various themes that can be developed in writing scientific papers of education, presentations on the systematics of writing scientific papers and procedures for writing in scientific journals, and discussions on various matters related to efforts to improve scientific writing skills. The results of the training contributed to increasing the understanding of high school/vocational school teachers regarding writing scientific articles, participating teachers had a new enthusiasm in developing competence of writing scientific papers, and teachers became more stimulated to develop ideas in the scientific work for the benefit of education and professional development of teachers.
Â
Keywords: writing skills; scientific work; high school/ vocational school teachers.
References
Ananda, Rizki, and Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi. 2018. “Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di SD.†Jurnal Basicedu 2(2):11–21.
Ardi, Zadrian, Erlamsyah Erlamsyah, and Ifdil Ifdil. 2017. “Peningkatan Kualitas Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Kepala Sekolah.†Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia 1(1):25–34.
Asari, Andi, Taufiq Kurniawan, Sokhibul Ansor, and Andika Bagus Nur Rahma Putra. 2019. “Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang.†BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi 3(2):98–104.
Emaliana, Ive. 2019. “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA Se-Malang Raya.†Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):273–79.
Gunawan, Imam, Teguh Triwiyanto, and Desi Eri Kusumaningrum. 2018. “Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama.†Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2):128–35.
Hendriana, Heris, M. Afrilianto, and Dinah Sumayyah. 2014. “Panduan Bagi Guru Penelitian Tindakan Kelas: Suatu Karya Tulis Ilmiah.â€
Ilfiandra, Ilfiandra, Uman Suherman, Sudaryat Nurdin Akhmad, Amin Budiamin, and Setiawati Setiawati. 2016. “Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD.†Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1(1):70–81.
Jailani, Muhammad, Dibyo Waskito Guntoro, and Irmadatus Sholekhah. 2022. “Jenis Kelamin Dan Umur Sebagai Pengaruh Individu Dalam Memilih Pendidikan Tinggi.†Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 10(1):8–14.
Kartowagiran, Badrun. 2011. “Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi).†Jurnal Cakrawala Pendidikan 3(3).
Maharani, Nia, and Ketut Sepdyana Kartini. 2019. “Penggunaan Google Classroom Sebagai Pengembangan Kelas Virtual Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika Pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer.†PENDIPA Journal of Science Education 3(3):167–73.
Noorjannah, Lilies. 2014. “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung.†Jurnal Humanity 10(1).
Prabawati, Mega Nur, and Siska Ryane Muslim. 2020. “Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya.†ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1):207–12.
Rosyidah, Awal Nur Kholifatur, Ida Ermiana, Arif Widodo, Linda Feni Haryati, Setiani Novitasari, and Ashar Pajarungi Anar. 2020. “Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru Di SDN 1 Dan 5 Pemenang Lombok Utara.†Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 3(4).
Siswoyo, Andika Adinanda, and Khusnul Hotimah. 2021. “Pengembangan Budaya Literasi Menulis Bagi Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Pembuatan PTK Dan Artikel Ilmiah.†Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 4(1):51–56.
Susilawati, Tri, Desi Maulidyawati, Indra Darmawan, and Eka Ardiansyah. 2022. “WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN PENTINGNYA PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU.†JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6(5).
Sutrisno, Sutrisno, and Muhammad Saifuddin Zuhri. 2019. “PKM Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas.†Journal of Dedicators Community 3(1):53–61.
Udil, Patrisius Afrisno. 2021. “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Untuk Publikasi Pada Jurnal IIlmiah.†Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat 2(1):21–27.
Widayati, Widayati, and Vita Istihapsari. 2019. “Workshop Penyusunan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru SMP Muhammadiyah Se-Kabupaten Bantul.†Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2):225–30.
Yulhendri, Yulhendri, Jean Elikal Marna, and Oknaryana Oknaryana. 2018. “Analisis Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Ekonomi Di Kabupaten Pasaman Barat.†Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE) 8(1):56–59.
Zulfika, Ika. 2021. “Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SD Muhammadiyah.†Jurnal IPMAS 1(2):83–89.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.