PENINGKATAN KUALITAS PRODUK GANDOS DI UKM NUR WAHID, SURAKARTA MELALUI PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) DAN DIGITAL MARKETING

Authors

  • Dian Rachmawanti Affandi Universitas Sebelas Maret
  • Prakoso Adi Universitas Sebelas Maret
  • Yenny Febriana Ramadhan Abdi Universitas Sebelas Maret
  • Rizka Mulyani Universitas Sebelas Maret http://orcid.org/0000-0002-7540-7329
  • Rahmania Nur Afiah Universitas Sebelas Maret
  • Khusnul Khotimah Universitas Sebelas Maret
  • Anis Asmediana Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13351

Keywords:

gandos, implementation, traditional cake, digital marketing.

Abstract

ABSTRAK

UKM Nur Wahid adalah produsen makanan lokal/tradisional sejak tahun 2010 yang  berlokasi di Kelurahan Banyuanyar, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, fasilitas produksi yang digunakan UKM Nur Wahid cenderung belum memenuhi standar GMP atau dapat dikatakan belum layak dan cenderung rawan menimbulkan permasalahan keamanan pangan. Ketidaklayakan kondisi tempat produksi serta fasilitas peralatan yang sudah mulai usang dan berkarat mengakibatkan pengurusan P-IRT dari UKM Nur Wahid menjadi terhambat hingga saat ini, sehingga produk gandos dari UKM ini belum memiliki P-IRT. Permasalahan lain yang menjadi kendala adalah SOP proses produksi produk Gandos. UKM Nur Wahid belum memiliki SOP proses pembuatan gandos, sehingga menyebabkan mutu dari gandos yang diproduksi belum memiliki standar yang terukur. Selain itu, UKM Nur Wahid dalam melakukan kegiatan pemasaran masih mengandalkan metode konvensional, hal ini juga menjadi permasalahan yang dapat menghambat berkembangnya usaha kue Gandos ini.  Sebagai upaya dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pada UKM Nur Wahid, maka Tim Pengabdian UNS bersinergi dengan UKM Nur Wahid untuk menyelenggarakan program (1) Pelatihan GMP untuk persiapan pengurusan sertifikat P-IRT, (2) Pendampingan penyusunan SOP produksi gandos, (3) Pelatihan Pemasaran produk menggunakan metode digital marketing. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas produksi Gandos di UKM Nur Wahid.

 

Kata kunci: gandos; implementasi; kue tradisional; pemasaran digital.

 

ABSTRACT

UKM Nur Wahid is a local/traditional food producer since 2010 which is located in Banyuanyar Village, Surakarta City, Central Java. Based on the results of observations that have been made, the production facilities used by UKM Nur Wahid tend not to meet GMP standards or can be said to be inadequate and prone to causing food safety problems. The inadequacy of the conditions of the production site and equipment facilities that were already worn out and corroded had resulted in the processing of P-IRT from UKM Nur Wahid being hampered until now, so that gandos products from this UKM did not yet have a P-IRT. Another problem that becomes an obstacle is the SOP for the production process of Gandos products. UKM Nur Wahid does not yet have an SOP for the process of making gandos, so that the quality of the gandos produced does not yet have measurable standards. In addition, Nur Wahid's UKM in carrying out marketing activities still relies on conventional methods, this is also a problem that can hinder the development of this Gandos cake business. As an effort to solve the problems that occurred in Nur Wahid's UKM, the UNS Service Team worked together with Nur Wahid's UKM to organize programs (1) GMP training in preparation for obtaining P-IRT certificates, (2) Assistance in preparing gandos production SOPs, (3) Training Product marketing uses digital marketing methods. The purpose of this activity is to improve the quality of Gandos production at UKM Nur Wahid.

 

Keywords: gandos; implementation; traditional cake; digital marketing.

References

Agustina, T. (2014). Kontaminasi Logam Berat Pada Makanan dan Dampaknya Pada Kesehatan. TEKNOBUGA 1(1), 53-65.

Alfin, A. (2021). Analisis Strategi UMKM dalam Menghadapi Krisis di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (8), 1543-1552.

Fawaid, A. (2017). Pengaruh Digital Marketing System, Terhadap Daya Saing Penjualan Susu Kambing Etawa. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 4(1), 104-119.

Girsang, T. P., Wijaya, I. M. M., & Gunam, I. B. W. (2020). Deteksi Migrasi Material Pembungkus Makanan ke Air karena Pemanasan. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri 8(2), 310-318.

Herdiansyah, D., Gustina., Patadjai, A. B., & Asriani. (2021). Kajian Penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) Pada Pengolahan Keripik Pisang. AGROINTEK, 15(3), 845-853.

Hasibuan, S., Syafriadiman, S., Martina, A., Syawal, H., & Rinaldi, R. (2019). Pendugaan laju sedimentasi pada kolam tanah budidaya ikan patin intensif di Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar. Riau Journal of Empowerment, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31258/raje.2.2.71-80

Kilgour, M., Sasser, S. L. & Larke, R. (2015). The social media transformation process: curating content into strategy. Corporate communications: An International Journal, 20(3), 326-343.

Lestari, T. R. P. (2020). Penyelenggaraan Keamanan Pangan sebagai Salah Satu UpayaPerlindungan Hak Masyarakat sebagai Konsumen. Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(1), 57-72.

Pasparingi, M., & Hadi, L. (2014). Karakteristik Kue Rangin yang Terbuat dari Berbagai Macam Tepung. Nabatia 11(1): 11-20.

Setiawati, I. & Widyartati, P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM (pp. 343-347). Seminar Nasional dan Call for Paper 2017 Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Publikasi Jurnal Ilmiah dalam Menyikapi Permenristekdikti RI No.20 Tahun 2017. STIE Dharmaputra, Semarang.

Sulmiyati, S., & Said, N. S. (2017). Pengolahan briket bio-arang berbahan dasar kotoran kambing dan cangkang kemiri di Desa Galung Lombok Kecamatan Tinambung, Polewali Mandar. 2017,3(1), 108-117.

Sumaiyah., Marianne, Nasution, E. S., Pertiwi, D., & Nugraha S. E. (2019). Sosialisasi Langkah Cuci Tangan Yang Benar Guna Mewujudkan Masyarakat Sehat di SMA Negeri 2 Sibolga. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 3 (2), 129-132.

Vinerean, S. (2017). Content Marketing Strategy. Definition, Objectives and Tactics. Expert Journal of Marketing, 5 (2). 92-98.

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2014). Teknologi dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 13-24.

Yekti, G. I. A., & Supatra. (2022). Penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) Pada UKM Jagung Marning Sari Bagus Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo. AGRIBIOS, 20 (1), 145-150.

Downloads

Published

2023-03-10

Issue

Section

Articles