PELATIHAN PEMBUATAN APLIKASI MOBILE TANPA CODING BAGI MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES PALEMBANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13504

Keywords:

application, glideapps, no code, training.

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan topik pembuatan aplikasi mobile menggunakan metode no code yang dilaksanakan bagi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Palembang. Metode no code merupakan alternatif pembuatan aplikasi yang dapat dilakukan tanpa melalui serangkaian proses pemrograman atau coding. Meskipun banyak tools no code yang dapat digunakan dalam pembuatan aplikasi mobile, pelatihan ini memilih glideapps dikarenakan kemudahan penggunaannya dan fitur gratisnya dinilai cukup untuk membuat aplikasi-aplikasi sederhana. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mulai dari persiapan-persiapan administratif, survei pra pelatihan menggunakan kuesioner pra pelatihan, pelaksanaan pelatihan dalam bentuk penyuluhan yang disertai dengan demonstrasi atau praktik bersama, hingga evaluasi pasca pelatihan menggunakan kuesioner pasca pelatihan. Pelatihan ini mensimulasikan pembuatan aplikasi mobile sederhana dengan nama Aplikasi Mahasiswa Polkesbang. Database yang digunakan adalah Glide Tables yang memiliki tampilan sangat mirip dengan Microsoft Excel. Dari hasil evaluasi kuesioner pasca pelatihan, pertanyaan kuesioner dijawab dengan respon sangat baik dan sangat sesuai oleh  rata-rata 80% pernyataan responden. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum pelatihan telah mendapatkan respon positif dari para peserta pelatihan yang dapat mengikuti tahapan demi tahapan dalam pembuatan aplikasi mobile melalui metode no code.

 

Kata kunci:  aplikasi; glideapps; no code; pelatihan.

 

ABSTRACT

This activity was carried out in the form of training with the topic of making a mobile application using the no code method which was conducted for students of the Poltekkes Kemenkes Palembang. The no code method is an alternative to making applications that can be done without any programming or coding processes. Even though there are many no-code tools that can be used in making mobile applications, this training chooses glideapps because of its ease of use and its free features which are considered sufficient to make simple applications. The stages are started from administrative preparations, pre-training surveys, training in the form of counselling accompanied by demonstrations or joint practice, and post-training evaluation. This training creates a simple mobile application called Aplikasi Mahasiswa Polkesbang. The used database is Glide Tables which is very similar to Microsoft Excel. From the results of the post-training questionnaire evaluation, the questionnaire questions were answered with very good responses and very appropriate by an average of 80% of respondents' statements. This shows that the training has received a positive response from the training participants who are able to follow the step by step in making mobile applications through the no code method.

 

Keywords: application; glideapps; no code; training.

Author Biographies

Ahmad Farisi, Universitas Multi Data Palembang

Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa Universitas Multi Data Palembang

Yohannes Yohannes, Universitas Multi Data Palembang

Program Studi Informatika Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa Universitas Multi Data Palembang

Dafid Dafid, Universitas Multi Data Palembang

Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Rekayasa Universitas Multi Data Palembang

References

Chyper, A., Dontcheva, M., Lau, T., & Nichols, J. (2010). No Code Required Giving Users Tools to Transform The Web. Morgan Kaufmann Publisher.

Farisi, A., Rachmat, N., Ezar, M., & Rivan, A. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE PORTAL DENGAN MENGGUNAKAN WORDPRESS UNTUK SISWA / SISWI SMA NEGERI 6 PALEMBANG. 5(1), 25–32.

Hema, T. (2020). No Code — Low Code Platform dan Powerapps. https://medium.com/ecomindo-dev/no-code-low-code-platform-dan-powerapps-dac8a9d56bf9

IBM Cloud Education. (2022). Low-Code vs. No-Code: What’s the Difference? https://www.ibm.com/cloud/blog/low-code-vs-no-code

Mohd Nor, A. M. (2021). Development of Final Project Evaluation Application Using Google Sheet and Glide Apps. International Journal of Modern Education, 3(8), 71–90. https://doi.org/10.35631/ijmoe.38007

Rahmawati, A. I. N., Ariffudin, I., Latifah, L., & Soejanto, L. T. (2021). “say no to codingâ€: Designing of mobile-app-based learning media using Glide apps. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012079

Rahmawati, D., Pratiwi, N. E. W., Mutmainna, A. S. N. R., Wardani, S. P. K., & Julianto, J. (2021). Pemanfaatan Glideapps Dalam Pembelajaran E-Learning Di Mi Ma’Arif Sambiroto Taman Sidoarjo. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(3), 156–165. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p156-165

Swinhoe, D. (2017). GitHub CEO: “The future of coding is no coding at all.†https://www.idgconnect.com/article/3578431/github-ceo-the-future-of-coding-is-no-coding-at-all.html

Vor, S. De. (2022). 45 mobile app usage statistics to grow your user engagement in 2023. https://www.amity.co/blog/mobile-app-usage-statistics-to-grow-your-user-engagement#:~:text=1 - A total of 230,140.7 billion apps were downloaded.

Downloads

Published

2023-03-10

Issue

Section

Articles