PEMBERDAYAAN IBU-IBU PKK KELURAHAN TOMANG MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN BOUQUET SNACK DAN PEMASARAN SECARA DIGITAL SEBAGAI ALTERNATIF USAHA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.13657Keywords:
snack bouquet, digital marketing, POKJA PKK, entrepreneurship,Abstract
ABSTRAK
Berdasarkan dengan program kerja (POKJA) I dan II, program pengembangan untuk meningkatan pendapatan keluarga, salah satunya dengan usaha bouquet sncak. Bouquet snack merupakan rangkaian makanan ringan yang dihias dan dirangkai lebih menarik dan menyerupai seperti bouquet bunga pada umumnya. Kurangnya kemampuan dalam membuat kerajinan bouquet yang memiliki nilai jual serta pemasaran produknya, menjadi kendala yang dihadapi. Selain itu, pemanfaatan limbah kertas di lingkungan Kelurahan Tomang juga belum maksimal. Kegiatan pemberdayaan dan pelatihan pembuatan bouquet snack kepada ibu-ibu PKK Kelurahan Tomang yang selaras dengan kelompok kerja (POKJA) menjadi salah satu solusi atas permasalahan yang dihadapi sehingga diharapkan dapat menjadi peluang usaha yang dapat menambah pendapatan keluarga. Metode pada pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan pemaparan materi tentang kewirausahaan, pemasaran di era digital serta praktek langsung pembuatan bouquet snack. Hasil dari kegiatan ini adalah, adanya peningkatan kemampuan dalam membuat kerajinan bouquet snack, inovasi baru serta bertambahnya kemampuan dalam pemilihan media digital untuk memasarkan produk.
Â
Kata kunci: bouquet snack; pemasaran digital; POKJA PKK; kewirausahaan
Â
ABSTRACT
Based on the work program (POKJA) I and II, the development program is to increase family income, one of which is the bouquet snack business. Bouquet snacks are a series of snacks that are decorated and assembled more interestingly and resemble a bouquet of flowers in general. The obstacles faced are the lack of skills in making bouquet crafts that have selling value and marketing their products. In addition, the utilization of waste paper in Tomang Village has not been maximized. The empowerment and training activities of making bouquet snacks for Tomang Village PKK women who are aligned with the working group (POKJA) are one of the solutions to the problems faced so it is expected to become a business opportunity that can increase family income. The method in implementing this activity is by presenting material about entrepreneurship, marketing in the digital era, and direct practice in making bouquet snacks. The results of this activity are an increase in the ability to make bouquet snack crafts, new innovations, and increased ability in the selection of digital media to market products.
Â
Keywords: snack bouquet; digital marketing; POKJA PKK; entrepreneurship
References
Dwijaya, A. I., & Suciyani, S. (2021). Pemberdayaan Kaum Perempuan Dalam Menunjang Peningkatan Pendapatan Keluarga. Jurnal Ilmiah Mahasiswa : Studi Syariah, Hukum DanFilantropi, 3(2), 251–265.
Hayati, K., Sinaga, J. B., Fatimah, V., Sitanggang, T. N., Ginting, W. A., Sari, I. R., Astuty, F., & Dini, Si. (2022). Pemberdayaan Remaja dalam Membuat Aneka Bucket Hadiah dan Pelatihan Pemasaran Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi, 1(February), 28–35. https://journals.stimsukmamedan.ac.id/index.php/inovasi/article/view/20%0Ahttps://journals.stimsukmamedan.ac.id/index.php/inovasi/article/download/20/6
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119–124. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129
Nurrahman, A., & Sulma, A. (2022). Sosialisasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Kuliner Di Kelurahan Kadidi Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 1(2), 99–115. https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v1i2.343
Parmadi, E. H., & Widodo, Y. H. (2021). Pemberdayaan Ibu PKK Desa Bleberan Melalui Pelatihan Kewirausahaan dalam Upaya Mendukung Desa Wisata Bleberan. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 114–118. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i2.2797
Ridwan, M. I., Asfar, A. M. I. T., Ewing, E., & Jamaluddin, J. (2020). Pelatihan Pembuatan Buket Bunga dan Snack Sebagai Kado Wisuda di Perpustakaan Bone. SNPKM: Seminar Nasional …, 2, 51–58. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/5252%0Ahttps://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/download/5252/2433
Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366
Sukmasetya, P., Apriyani, H., Wahyuni, T., Wulan, B. S., Nugroho, W., & Ardiyansah, A. H. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono. Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 4(3), 322–328. http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2331
Widyakto, A., Suryawardana, E., & Santo, S. (2021). Pendampingan Umkm Kelurahan Gendongan, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Melalui Pemasaran Digital. Jurnal Abdimas, 25(2), 192–196. https://doi.org/10.15294/abdimas.v25i2.32964
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.