IMPLEMENTASI PERPUSTAKAAN DIGITAL UNTUK MENDUKUNG LITERASI BELAJAR BAGI WARGA PELAJAR DI DAERAH PEDESAAN

Authors

  • Nirwana Haidar Hari Universitas Madura
  • Ukhti Raudhatul Jannah Universitas Madura
  • Sholeh Rachmatullah Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13720

Keywords:

digital literacy, pandemic period, teaching materials.

Abstract

ABSTRAK

Selama masa pandemi, para pelajar dari Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan mengalami pengurangan jam belajar di Sekolah, sehingga para pelajar tersebut mengalami kesulitan dalam mendapatkan literasi yang berkaitan dengan materi ajar di sekolahnya. Perpustakaan Desa Pademawu Timur sebelumnya masih beroperasi secara manual. Tujuan pengabdian ini yaitu untuk merancang dan mengimplementasikan perpustakaan digital yang dapat melayani pengunjung khususnya kaum pelajar dari berbagai jenjang pendidikan baik secara offline maupun secara online. Konsep yang ditawarkan yaitu menyediakan koleksi literasi digital dalam bentuk ebook yang dapat dengan mudah diakses. Sistem dirancang dan dikembangkan dengan model Waterfall dengan tahapan diantaranya Analisis Kebutuhan, Desain Sistem, implementasi, pengujian, Deployment dan Maintenance. Sistem yang akan diimplementasikan dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah Perpustakaan Digital dengan koleksi buku dalam bentuk cetak maupun digital sehingga pelayanan tidak terbatas pada tempat dan waktu pelayanan.

 

Kata kunci: literasi digital; masa pandemi; materi ajar.

 

ABSTRACT

During the pandemic, students from Pademawu Timur Village, Pademawu District, Pamekasan Regency experienced reduced study hours at school, so these students experienced difficulties in obtaining literacy related to teaching materials at their schools. Previously the Pademawu Timur Village Library was still operating manually. The purpose of this service is to design and implement a digital library that can serve visitors, especially students from various levels of education both offline and online. The concept offered is to provide a collection of digital literacy in ebook form that can be easily accessed. The system is designed and developed using the Waterfall model with stages including Requirements Analysis, System Design, implementation, testing, Deployment and Maintenance. The system that will be implemented in this Community Service activity is a Digital Library with a collection of books in print and digital form so that services are not limited to the place and time of service.

 

Keywords: digital literacy; pandemic period; teaching materials.

Author Biography

Ukhti Raudhatul Jannah, Universitas Madura


References

ASNAWI. (2015). Perpustakaan Desa Sebagai Sumber Layanan Informasi Utama. MEDIA PUSTAKAWAN, 22(03).

Husna, A. N., Yuliani, D., Rachmawati, T., Anggraini, D. E., Anwar, R., & Utomo, R. (2021). Program Literasi Digital untuk Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Desa Sedayu, Muntilan, Magelang. Community Empowerment, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.31603/ce.4259

Irawan, D., . S., Mukti, A. R., Syazili, A., & . M. (2022). Implementasi Sistem dan Pelatihan Pemanfaatan Perpustakaan Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.33557/PENGABDIAN.V2I1.1702

Mardiana, S., Annisarizki, Marthalena, Liza Diniarizky Putri, & Sigit Surahman. (2022). Literasi Digital dalam Upaya Mendukung Pembelajaran Online pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Cilegon. KAIBON ABHINAYA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.30656/ka.v4i1.3809

Masrianto, Harianto, Kahfi, A., & Sarjan, M. (2020). Implementasi Peta Digital untuk Smart Village (Studi Kasus Desa Tammangalle, Polewali Mandar). Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar, 6(1), 13–18. https://doi.org/10.35329/JIIK.V6I1.125

Septiawati, K., Sari, Y., & Romadhon, S. (2022). Pengembangan gerakan Gubuk Literasi untuk meningkatkan minat baca tulis anak di desa Pademawu Timur Pamekasan Madura. Journal of Community Engagement |, 4(2), 2022. https://doi.org/10.19105/pjce.v4i2.6261

Setyaningsih, O. R., & Utama, S. N. (2022). PENDAMPINGAN LITERASI DIGITAL UNTUK PENGEMBANGAN KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT DESA BITING. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(12), 3265–3278. https://www.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/2050

Widyatmoko, K., Muslih, M., Budiman, F., Sugiarto, E., P, E. R., Soeleman, M. A., Syarif, A. M., Hastuti, K., & A, A. Y. (2022). Pendampingan Implementasi Sistem Perpustakaan Digital “Kebon Arum†untuk Desa Kebonan Kabupaten Boyolali. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2), 331–338. https://doi.org/10.33633/JA.V5I2.529

Yusup, P. M., Rachmawati, T. S., & Damayani, N. A. (2019). LAYANAN IMPLEMENTASI PERPUSTAKAAN UNTUK MENDUKUNG LITERASI PENGHIDUPAN MASYARAKAT DESA DI KABUPATEN CIAMIS. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UNPAD, 4(5).

Yusup, P. M., Rachmawati, T. S., Ninis, D., & Damayani, A. (2019). LAYANAN IMPLEMENTASI PERPUSTAKAAN UNTUK MENDUKUNG LITERASI PENGHIDUPAN MASYARAKAT DESA DI KABUPATEN CIAMIS. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5), 107–115. http://journal.unpad.ac.id/pkm/article/view/25252

Zuni, E., & Astuti, L. (2019). Gerakan Literasi Digital: Studi Pemberdayaan Pemuda Melalui Program Sistem Informasi Potensi Kreatif Desa di Kulonprogo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 3(2), 331–352. https://doi.org/10.14421/JPM.2019.032-05

Downloads

Published

2023-03-11

Issue

Section

Articles