PELATIHAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN VIRTUAL LABORATORY BERBASIS PHET INTERACTIVE SIMULATION DI SMAS YPK MERAUKE

Authors

  • Merta Simbolon Universitas Musamus
  • Anderias Henukh Universitas Musamus
  • Andi Reski Universitas Musamus
  • Helga Charolina A. Silubun Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13755

Keywords:

PhET Interactive Simulation, laboratorium virtual, praktikum

Abstract

ABSTRAK

Peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini tak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Banyak kebutuhan pendidikan yang dapat dipenuhi dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, salah satunya adalah kebutuhan untuk melaksanakan praktikum. Masalah umum yang dialami guru IPA dalam pembelajaran adalah minimnya peralatan laboratorium untuk melaksanakan praktikum. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih guru-guru agar mampu memanfaatkan PhET Interactive Simulation dalam laboratorium virtual untuk kegiatan praktikum. Metode yang digunakan adalah pelatihan dalam bentuk presentasi berupa pemaparan mengenai PhET Interactive Simulation, pelatihan, evaluasi, dan pendampingan secara langsung kepada para guru yang masih mengalami kesulitan. Dari kegiatan pelatihan ini diperoleh hasil bahwa 90% guru telah mampu mengoperasikan kegiatan praktikum virtual menggunakan peralatan yang tersedia dalam PhET Interactive Simulation. Sejumlah 10% guru lainnya sudah mampu membuka PhET Interactive Simulation namun masih kesulitan mengoperasikan kegiatan praktikum virtualnya.

 

Kata kunci: PhET Interactive Simulation; laboratorium virtual; praktikum

 

ABSTRACT

Increasing science and technology today cannot be separated from the world of education. Many educational needs can be met by utilizing technology in learning, one of which is the need to carry out practicums. A common problem experienced by science teachers in learning is the lack of laboratory equipment to carry out practicums. This service activity aims to train teachers to be able to utilize PhET Interactive Simulation in a virtual laboratory for practicum activities. The method used is training in the form of presentations in the form of exposure to PhET Interactive Simulation, training, evaluation, and direct assistance to teachers who are still experiencing difficulties. From this training activity, the result was that 90% of teachers were able to operate virtual practicum activities using the equipment available in the PhET Interactive Simulation. Another 10% of teachers have been able to open PhET Interactive Simulation but still have difficulty operating their virtual practicum activities.

 

Keywords: PhET Interactive Simulation; virtual laboratory; practicum

References

Bahri, S., Simbolon, M., & Rettob, A. L. (2021). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Online Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tanah Miring. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 248–259. https://doi.org/10.29313/ethos.v9i2.7075

Gunawan, & Liliasari. (2012). Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Disposisi Berpikir Kritis Calon Guru. Cakrawala Pendidikan, XXXI(2), 185–199. https://doi.org/10.1109/iceta.2013.6674403

Hamida, N., Mulyani, B., & Utami, B. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Laboratorium Virtual Dan Laboratorium Riil Dalam Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 2(2), 7–15. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/1051/1109

Lestari, W. P., & Sujarwo, A. (2018). DevOps: Disrupsi Pengelolaan ICT Pendidikan Tinggi. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), E26–E31.

Nurhayati, Fadilah, S., & Mutmainnah. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Animasi Software Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Listrik Dinamis Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(2), 1–7.

Pertiwi, Y., Ferdian, R., Teknologi, P. S., Elektromedis, R., Al, S., & Pekanbaru, I. (2022). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Berbasis Aplikasi Phet Simulation di Kabupaten Kampar. Abdimas Universal, 4(1), 34–39. http://abdimasuniversal.uniba-bpn.ac.id/index.php/abdimasuniversalDOI:https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v4i1.125

Putra, I. E., Halim, A., Aceh, B., & Aceh, B. (2016). Listrik Dinamis Dengan Menggunakan Media. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 04(02), 13–19. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi%0AANALISIS

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65, Tahun 2013, tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Simbolon, M., Henukh, A., & Bahri, S. (2021). Pelatihan Google Classroom Terintegrasi Quizizz Bagi Guru Smp Yppk Santo Mikael Merauke. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, 2(2), 290–296. http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/abdimandalika/article/view/547%0Ahttp://ojs.cahayamandalika.com/index.php/abdimandalika/article/download/547/437

Sumintono, B., Ibrahim, M. A., & Phang, F. A. (2010). Pengajaran Sains dengan Praktikum Laboratorium: Perspektif dari Guru-Guru Sains SMPN di Kota Cimahi. Jurnal Pengajaran MIPA, 15(2), 120–127.

Downloads

Published

2023-03-15

Issue

Section

Articles