PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGUATAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM DI DESA JONO KECAMATAN BAYAN KABUPATEN PORWOREJO

Authors

  • Endah Pri Ariningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Astri Wulandari
  • Achmad Syaufiq
  • Danandra Dewi
  • Rama Dwi Nurivansah
  • Eva Elviana Rahmawati
  • Fani Nailil Muna
  • Raihan Daffa Ghifari
  • Taufik Faturacman
  • Nurani Syifa Wibowo
  • Triana Widayanti

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13772

Keywords:

thematic KKN, branding, digital, social media, market share

Abstract

ABSTRAK

KKN Tematik sebagai salah satu jenis KKN bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo memberikan kesempatan bagi dosen dan mahasiswa untuk melakukan salah satu Catur Dharma yaitu Pengabdian pada Masyarakat. KKN ini dilakukan di Desa Jono, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo yang sebagian masyarakatnya memiliki berbagai jenis usaha mikro kecil menengah (UMKM). Masyarakat desa yang memiliki UMKM mayoritas adalah orang tua yang belum dapat secara maksimal memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produknya, sehingga keterjangkaun pemasarn produknya masih sangat terbatas. Tujuan dari pengabdian ini adalah  penguatan branding, serta mengembangkan dan meningkatkan pangsa pasar melalui berbagai media. Metode pelaksanaan dilakukan dengan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan yang dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu: tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil yang diperolah dari kegiatan pengabdian ini adalah UMKM memiliki merek dan adanya komunikasi pemasarn dengan berbagai media baik konvensional maupun digital melalui media sosial.

 

Kata kunci: KKN tematik; branding; digital; media social; pangsa pasar

 

ABSTRACT

Thematic KKN as a type of KKN for University of Muhammadiyah Purworejo provides an opportunity for lecturers and students to do one of the Catur Dharma, namely Pengabdian pada Masyarakat. This KKN was carried out in Jono Village, Bayan District, Purworejo Regency, where some of the people have various types of micro, small and medium enterprises (MSMEs). Villagers who have the majority of MSMEs are parents who have not been able to optimally utilize technology to market their products, so that the affordability of marketing their products is still very limited. The purpose of this service is branding training, as well as developing and increasing market share through various media. The implementation method is carried out by socialization, training and mentoring which is carried out in several stages, namely: the preparation, implementation and evaluation stages. The results obtained from this service activity are that MSMEs have a brand and have marketing communications with various media, both conventional and digital through social media.

 

Keywords: thematic KKN; branding; digital; social media; market share

Author Biography

Nurani Syifa Wibowo


References

Amaliyah. (2022). Digital Marketing Tinjauan Konseptual (Strategi Digital Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Omset). Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital pada Strategi Pemasaran dan Jalur Distribusi UMKM di Indonesia,. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 1(2), 69–74.

Kurniawan, E., Nofriadi dan Maharani, D. (2021). Sosialisasi Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 31–36.

Nandang Mulyana, I. (2018). Pelatihan Wirausaha bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Desa Sakerta Barat dan Sakerta Timur Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Jurnal Penelitian & PPM, 5(1), 31–42.

Patimah, S. (2012). Siti Patimah (2012) Pengembangan UKM Melalui Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Usaha di Sentra Sepatu Cibaduyut. Jurnal Ilmu Administrasi, 9(3).

Rafiah, K.K dan Kirana, D. H. (2019). Adopsi Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran Digital bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinagor. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah, 2(1), 188–198.

Sudarsi, S., Nuswandari. C., Yunianto, A., Kartika, A., Sudiyatno, B. (2022). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi UMKM Bandeng di Kendal. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (PENAMAS), 6(1), 75–80.

Suhartini, S., Sudianto, A., Gunawan, I., Permana, B. A. C., Ahmadi, H., Fathurrahman, I., ... & Nurhidayati, N. (2021). Pembinaan kewirausahaan berbasis teknologi untuk mengembangkan jiwa Technopreneurship. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1–7.

Wahyu Eko Setianingsih, Ibna Kamilia Fiel Afroh, Ipung Dwiansyah, R. N. S. (2021). Upaya Peningkatan Omset Penjualan Keripik Tempe Berbasis Digital dan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 2(1), 42–45.

Zagota, Y. (2022). Peran Pemasaran melalui Media Sosial dalam meningkatkan Pendapatan UMKM di Masa Pandemi. Jurnal Peradapan Masyarakat., 2(1), 37–40.

https://purworejokab.go.id/web/letak

https://disdukcapil.purworejokab.go.id

https://purworejokab.bps.go.id

Downloads

Published

2023-03-15

Issue

Section

Articles