KOLABORASI DENGAN BERBAGAI PIHAK DALAM MENYUKSESKAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SD NEGERI 004 KARAKEAN, KABUPATEN MAMASA, PROVINSI SULAWESI BARAT

Authors

  • Muhammad Nur Universitas Sulawesi Barat
  • Ratna Ratna
  • Rinda Rinda
  • Dwi Anggrini

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.13822

Keywords:

sekolah penggerak, west sulawesi, SDN 4 karakean, pancasila students

Abstract

ABSTRAK

Sekolah Dasar Negeri 4 Karakean adalah salah satu Sekolah Penggerak di Provinsi Sulawesi Barat. SDN 004 Karakean, terletak di Desa  Bambang Timur, Kecamatan Bambang, Kabupaten  Mamasa. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyukseskan program sekolah penggerak melalui berbagai aktifitas kolaborasi yang dilakukan  di SD Negeri 004 Karakean, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Semester pertama Tahun Akademik 2022/2023 periode bulan Juli-Desember 2022.  Tahapan pelaksanaan kegiatan ini yaitu mengadakan rapat  bersama Kepala Sekolah, guru, dan Tenaga Kependidikan serta perwakilan Siswa untuk merumuskan dan menyusun program tindak lanjut dari lolosnya SDN 004 Karakean pada Program  Sekolah Penggerak, Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan, Membentuk Tim Projek Penguatan Pelajar Profil Pancasila (P5) dan  mengundang Pihak-Pihak Terkait untuk berkolaborasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan tingginya partisipasi dari pihak pihak yang terkait seperti adanya dukungan dari pengawas, kepala sekolah, guru, komite sekolah, perwakilan orang tua siswa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh-tokoh adat dan pemerintah setempat, serta perwakilan siswa dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.  Kolaborasi tersebut telah menunjukkan hasil positif dengan terlaksananya dengan baik berbagai kegiatan di Sekolah penggerak, mulai dari penyusunan KOSP, penyusunan modul dan pelaksanaan P5, pembelajaran berpusat pada peserta didik, berbagi praktik baik, pengefektifan komunitas belajar dan berbagai  kegiatan lainnya. Dengan kolaborasi dan dukungan berbagai pihak peningkatan mutu SD Negeri 004 Karakean terus meningkat, literasi numerasi dan pembelajaran, satu tahap ke tahap yang lebih baik menuju perwujudan visi pendidikan Indonesia Maju.

 

Kata kunci: sekolah penggerak; sulawesi barat; SDN 4 karakean; pelajar profil pancasila

 

ABSTRACT

SDN 4 Karakean is one of the Sekolah Penggerak in Mamasa Regency West Sulawesi Province. SDN 004 Karakean, located in East Bambang Village, Bambang District, Mamasa Regency. This activity aims to succeed in the Sekolah Penggerak through various collaborative activities carried out at SD Negeri 004 Karakean, Mamasa Regency, West Sulawesi Province. This activity is carried out in the first semester of the 2022/2023 Academic Year for the period July-December 2022. The steps taken are as follows holding a meeting with the Principal, teachers, and Education Personnel as well as Student representatives to formulate and develop a follow-up program for passing SDN 004 Karakean on the  Program Sekolah Penggerak, Compilation of KOSP, Forming a Project Team for Strengthening Pancasila Profile Students (P5) and inviting Related Parties to collaborate. The results of this activity show the high participation of related parties such as the support of supervisors, principals, teachers, school committees, representatives of parents of students, community leaders, religious leaders, traditional leaders and local government, as well as student representatives in each activity implemented. This collaboration has shown positive results with the implementation of various activities in the Sekolah Penggerak, starting from the preparation of KOSP, the preparation of modules and the implementation of P5, learning for students, sharing good practices, effective learning communities and various other activities. With the collaboration and support of various parties, the quality improvement of SD Negeri 004 Karakean continues to increase, numeracy literacy and learning, one stage to a better stage towards realizing the vision of Advanced Indonesia education.

 

Keywords: sekolah penggerak; west sulawesi; SDN 4 karakean; pancasila students

References

Abdal, I., Rahman, M. H., Rahman Janang, A., Pascasarjana, P., Khairun, U., Abdulrahman Kampus Unkhair Gambesi Kota Ternate Selatan, J. I., Utara, M., Studi Manajemen, P., & Konsentrasi Manajemen Pendidikan, F. (2022). Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (Kosp) TK Berbasis Kearifan Lokal Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(21), 315–320. https://doi.org/10.5281/zenodo.7275272

Desianti, L. C., & Rahayuningsih, T. (2022). Sekolah Penggerak and Guru Penggerak Evaluation Policy as Pioneers of Changes in The Education System in The New Paradigm Curriculum. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 128–140. https://doi.org/10.55215/pedagonal.v6i1.4936

Fauzi, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Jurnal Pahlawan , 18(2), 18–22. https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/

Hasanah, L., Tuffahaty, N., Nada, R., Puspa, R., & Kholasah, S. (2022). Orientasi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi , 6(2), 576–584.

Hasibua, A., Aufa, Kahirunnisa L, Siregar WA, & Halimatul Adha. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7414–7419.

Hernawati, & Kurniasih, I. (2021). Pentingnya kolaborasi antara guru dan orang tua siswa serta masyarakat pada pendidikan taman kanak-kanak. Fastabiq: Jurnal Studi Islam, 02(02), 119–128. https://doi.org/10.47281/fas.v2i2.36

Husain, D., Agustina, S., Rohmana, & Alimin. (2023). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) sebagai Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Kab. Kolaka Utara. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(1), 13–19. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Lestari, E. E., Darmansyah, & Desyandri. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak SDN 12 Padanglua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD Unards, 12(2), 131–138. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index

Lutfiana, D. (2022). Penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika SMK Diponegoro Banyuputih. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4).

Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239–4254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2624

Patilima. (2022). Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, Sekolah Penggerak Sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Dasar, 2228–2236.

Ramdani, Z., Amrullah, S., & Tae, L. F. (2019). Pentingnya Kolaborasi dalam Menciptakan Sistem Pendidikan yang Berkualitas. Mediapsi, 5(1), 40–48. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2019.005.01.4

Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022). Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jernal Pendidikan, 31(2), 195. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2637

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Waruwu, M., Dwikurnaningsih, Y., Ismanto, B., Iriani, A., Tri, S., & Wasitohadi, S. (2022). Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Guru dalam Mengimplementasikan Program Sekolah Penggerak dan Merdeka Belajar. Jurnal Magistrorum et Scholarium, 2(3), 440–450.

Downloads

Published

2023-03-11

Issue

Section

Articles