UPAYA PENINGKATAN PEMASARAN SENTRA WISATA KULINER PENJARINGANSARI PASCA PSBB COVID-19 DI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14088Keywords:
marketing, SWK penjaringansari.Abstract
ABSTRAK
Dampak pandemi Covid-19 membuat melemahnya kegiatan perekonomian dikota Surabaya. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berupaya memulihan keadaan perekonomian kota Surabaya. Salah satu upaya pemulihan tersebut yaitu membantu pelaku UMKM Sentra Wisata Kuliner (SWK) Penjaringansari. Pemkot Surabaya bekerja sama dengan Universitas Hayam Wuruk Perbanas untuk membantu pelaku UMKM di SWK sebagai program Pengabdian Masyarakat. Tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan penjualan SWK Wonorejo dan memudahkan pedagang berjualan di kondisi pandemi. Upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung salah satunya adalah, meninjau lokasi SWK Penjaringan dan keadaan sekitar SWK Penjaringansari, menentukan permasalahan, dan merumuskan strategi pemasaran, membuat 200 kalender yang bersifat promosi produk SWK Penjaringansari dan menyebar 200 kalender tersebut dengan radius 1km dari SWK Penjaringansari, Publikasi artikel pada jurnal yang terkait. Dampak mendistribusikan kalender tersebut memudahkan pelanggan untuk memesan secara online dan mempermudah mecari lokasi SWK Penjaringansari
Â
Kata kunci: pemasaran; SWK penjaringansari
Â
ABSTRACT
The impact of the Covid-19 pandemic has weakened economic activity in the Surabaya. The Surabaya City Government (Pemkot) is trying to restore Surabaya economic activity. One of these recovery efforts is to help UMKM in the Culinary Tourism Center (SWK) Penjaringansari. The Government of Surabaya  is collaborating with Hayam Wuruk Perbanas University to assist UMKM actors in SWK as a Cityzen Community Service program. The main purpose of this activity is to increase sales of SWK Wonorejo and make it easier for traders to sell their product in a pandemic condition. The efforts have been made to increase the number of visitors, one of which is reviewing the location of SWK Penjaringan and the conditions around SWK Penjaringansari, determining problems, and formulating marketing strategies, making 200 calendars that are promotional products of SWK Penjaringansari and spreading the 200 calendars with a radius of 1km from SWK Penjaringansari with randomly. The articles publication in related journals. The impact of distributing the calendar makes it easier for customers to order online and makes it easier to find Penjaringansari SWK locations
Â
Keywords: marketing; SWK penjaringansari.
References
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01). https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296
Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh Puguh Kurniawan Universitas Trunojoyo Madura. Kompetensi, 11(2).
Morissan M.A. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Journal of Nonprofit & Public Sector Marketing, 3(2).
Sudirwo, S., Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1). https://doi.org/10.35130/jrimk.v5i1.178
We Are Social. (2021). HootSuite We are social (January 2021), “Hootsuite-We-are-Social-Indonesian-Digital-Report-2021“. Global Digital Insights.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.