PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA GURU SDN 2 PANCOR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14909

Keywords:

augmented reality (AR), development, RnD, elementary school

Abstract

ABSTRAK

Tujuan pengabdian ini berupaya mengembangkan bahan ajar Bahasa Indonesia di SD berbasis Teknologi Argumented Reality (AR) menggunakan peranti Asemblr Edu. Pengabdian ini sebagai upaya partisipatif dalam memperkuat Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), salah satunya penguatan literasi digital pada guru kelas atau bidang studi. Upaya kreatif dan inovatif berbasis teknologi sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam literasi digital. Pendekatan pengabdian menggunakan deskriptif kualitatif, meskipun dalam beberapa telaah memerlukan data kuantitatif sebagai penguat analisis. Metode pengembangan berupa Research & Development (RnD) dengan objek pengembangan pada bahan ajar Bahasa Indonesia di SD. Lokasi pengabdian di SD Negeri 2 Pancor, Lombok Timur (NTB). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan studi dokumentasi. Penganalisisan data secara kualitatif dengan tahapan reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil pengabdian berupa bahan ajar berbasis AR dapat meningkatkan minat belajar siswa, penggunaan teknologi AR dalam pembelajaran dapat membantu siswa untuk lebih memahami dan mengingat konsep-konsep yang diajarkan, peserta pelatihan memperoleh keterampilan untuk membuat bahan ajar berbasis AR yang dapat dimanfaatkan dalam konteks pembelajaran, pelatihan ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk berkolaborasi dan berbagi pengalaman dengan peserta lainnya, dan pemanfaatan teknologi AR dalam pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan membuka peluang untuk mengembangkan bahan ajar yang lebih kreatif dan inovatif.    

 

Kata kunci: augmented reality (AR); pengembangan; RnD; sekolah dasar

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to develop Indonesian language teaching materials in elementary schools based on Augmented Reality (AR) technology using the Asemblr Edu tool. This research is a participatory effort in strengthening the Implementation of the Independent Curriculum (IKM), one of which is strengthening digital literacy in class teachers or fields of study. Technology-based creative and innovative efforts as an effort to increase the competence of teachers and students in digital literacy. The research approach uses descriptive qualitative with the perspective of learning phenomenology in the classroom. The research process uses the principles of Research & Development (RnD) with the object of developing Indonesian language teaching materials in elementary schools. The research location is SD Negeri 2 Pancor, East Lombok (NTB). Data collection was carried out by observation and documentation methods. Qualitative data analysis with the stages of reduction, presentation, and verification. The results of the research are the development of AR-based teaching materials can increase students' interest in learning, the use of AR technology in learning can help students to better understand and remember the concepts being taught, training participants acquire the skills to make AR-based teaching materials that can be utilized in learning contexts, this training provides opportunities for participants to collaborate and share experiences with other participants, and the use of AR technology in learning can improve the quality of learning and open up opportunities to develop more creative and innovative teaching materials.

 

Keywords: augmented reality (AR); development; RnD; elementary school

Author Biography

Irma Setiawan, Universitas Muhammadiyah Mataram

S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Cresswel, J. W. (2022). Research design:Qualitative, quantitative and moxed method. In Sage Publications Inc. Sage Publications Inc.

Hastuti, I. D., Setiawan, I., & Mariyati, Y. (2021). Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Melalui Buku Cerita Bergambar. INTAN CENDEKIA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 55–59. https://doi.org/https://doi.org/10.47165/intancendekia.v2i1.53

Mahsun, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, dan Tekniknya. In Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2021). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. In The SAGE Handbook of Applied Social Research Methods.

Mislaini, M., & Martin, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas XI TKR SMKN I Narmada. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 314–323. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.11754

Mustaqim, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 4(1).

Mustaqim, I. (2022). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan (JPTK), 20(1), 728–732. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525

Setiawan, Irma, Khosiah, Raden Sudarwo, S. M. (2021). PENGEMBANGAN PROFESI BERKELANJUTAN PADA GURU. 4(4), 1030–1042. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jces.v4i4.6508

Setiawan, I. (2022). Language Kinship as Regional Conflict Resolution in West Nusa Tenggara : Comparative Historical Linguistic Study. REiLA: Journal of Research and Innovation in Language, 4(1), 82–100. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/reila.v4i1.9579

Setiawan, I., Ibrahim, Isnaini, Muallifah Anugrah, Murojatul Aslamiah, & Nurhayati. (2021). Peran Pasar Digital di Era Pandemi pada Wirausaha Muda di Banyumulek. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 440–447. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1161

Downloads

Published

2023-06-11

Issue

Section

Articles