PELATIHAN PEMBUATAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN WIZER.ME DI SDN DARUREJO I PELANDAAN JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14967Keywords:
student worksheet, wizer.meAbstract
ABSTRAK
Tantangan guru saat ini menentukan cara menghadapi kemajuan zaman yang memasukki era revolusi industri 4.0 dan siswa generasi Z. Salah satu caranya adalah guru harus memahami IT dan bisa menggunakan IT.  Oleh sebab itulah, Di SDN Darurejo I Pelandaan Jombang,setiap guru di SDN Darurejo I Pelandaan Jombang diwajibkan memahami pembelajaran yang berbasis IT. Sehingga, tujuan pelatihan ini adalah menambah pengetahuan guru dalam mengaplikasian media pembelajaran yang berbasis teknologi yaitu Wizer.me. Kegiatan ini dilakukan karena guru di sekolah tersebut masih kurang pengetahuan tentang media pembelajaran interaktif berbasis web Wizer.me, belum mengetahui bagaimana cara pembuatan lembar kerja sekaligus penilaian lebar kerja siswa menggunakan media pembelajaran interatif berbasis web Wizer.me, belum mengetahui bagaimana membagikan hasil lembar kerja interatif siswa kepada siswa. Solusi dari pemasalahan di atas adalah memberikan pelatihan pembuatan lembar kerja siswa. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di SDN Darurejo I Pelandaan Jombang, dihadiri oleh 20 guru. Metode pelatihaan yaitu penyampaian materi, tanya jawab, demostrasi, praktek.  Adanya kegiatan pengabdian ini dapat menambah pengetahuan dan kerativitas guru dalam membuat lembar kerja siswa berbasis IT khususya Wizer.me.
Â
Kata kunci: lembar kerja siswa; wizer.me
Â
ABSTRACT
The current challenge for teachers is to determine how to deal with the times that are entering the era of the industrial revolution 4.0 and generation Z students. One way is for teachers to understand IT and be able to use IT. For this reason, at SDN Darurejo I Pelandaan Jombang, every teacher at SDN Darurejo I Pelandaan Jombang is required to understand IT-based learning. this training aims to increase teachers' knowledge in applying technology-based learning media, namely Wizer.me. This activity was carried out because the teachers at the school still lacked knowledge about Wizer.me web-based interactive learning media, did not know how to make worksheets as well as assess student work width using Wizer.me web-based interactive learning media, did not know how to share worksheet results interactive student to student. The solution to the problem above is to provide training on making student worksheets. This training activity was held at SDN Darurejo I Pelandaan Jombang, attended by 20 teachers. The training method is delivery of material, question and answer, demonstration, practice. The existence of this service activity can increase the knowledge and creativity of teachers in making IT-based student worksheets, especially Wizer.me.
Â
Keywords: student worksheet ; wizer.me
References
Alfatih, A. N. (2021). Wizer.me: sebuah platform lembar kerja siswa daring dengan penilaian otomatis. https://www.edoemedia.com/2021/04/wizerme-sebuah-platform-lembar-kerja.html
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Indonesian Journal of Education (INJOE), 2(1), 64–73.
Basrina, Y., Afryansih, N., & Febriani, T. (2023). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Wizer . Me pada Mata Pelajaran IPS di MTs Darussalam Aryojeding. 8(1), 210–217.
Erawati, N. K., Kadek, N., Purwati, R., Wayan, N., Putri, S., Wayan, I., & Wardika, G. (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN WIZER.ME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL. Edisi Januari, 4(2), 125–134.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Indraswati, D., Sobri, M., Fauzi, A., Wira, L., Amrullah, Z., & Nikmah, A. (2023). Keefektifan Pelatihan Pembuatan Worksheet Interaktif dengan Wizer . Me untuk Mengoptimalkan Pembelajaran di SDN 26 Mataram. 05(04), 14615–14624.
Kaliappen, N., Nurisma, W., Ismail, A., Bashawir, A., Ghani, A., & Sulisworo, D. (2021). Wizer.me and Socrative as Innovative Teaching Method Tools: Integrating TPACK and Social Learning Theory. I. International Journal of Evaluation and Research in Education, 3(10), 1028–1037.
Khotimah, R.P, D. (2022). PELATIHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS STEM BAGI GURU SMA/SMK/MA MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 534–542.
Kumalasari, O. D., & Julianto. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam Berbantu Website Wizer . me Materi Energi Alternatif Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 9(07), 2827–2837. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/41382
Kustandi, C. & S. B. (2011). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Ghalia Indonesia.
Madu, F. J. (2022). INTERAKTIF BERBASIS WEB LIVEWORKSHEETS BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Tentang “ Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat secara synchronous dengan bantuan jaringan internet , media elektronik proses pembelajaran secara virtual adalah google. 6(5), 5–9.
Maryono, & Pamela, I. S. (2021). Pelatihan Pembelajaran Aktif Secara Daring melalui Lembar Kerja Peserta Didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah Singkut. Jurnal Publikasi Pendidikan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(12), 141–145.
Ristawati. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar SiswaKelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Sinja. UNM Makasar.
Sobri, M., Fauzi, A., Rahmatih, A. N., & Indraswati, D. (2023). Pemanfaatan Website Wizer Me Untuk Mengembangkan E-Lkpd Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar. 4(1), 22–29.
Sobri, M., Indraswati, D., Rahmatih, A. N., Fauzi, A., & Amrullah, L. W. Z. (2022). Pelatihan Pembuatan Worksheet Interaktif Dengan Wizer.Me Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Di Sd Negeri 26 Mataram. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(2), 118–124. https://doi.org/10.29303/jwd.v4i2.189
Utari, T., Hobri2, & Ervin Oktavianingtyas. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Matematika Berorientasi Scientific Approach Untuk Menumbuhkan Kemampuan Higher Order Thinking (Hot) Pokok Bahasan Persamaan Lingkaran Pada Siswa Sma Kelas Xi. Kadikma, 8(2), 13–23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.