PENYULUHAN KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PADA SISWA SMK PRAJA PANDWAWA

Authors

  • Nyoman Sudirman ITP Markandeya Bali

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15058

Keywords:

Penyuluhan, kesadaran berbangsa dan bernegara

Abstract

Perkembangan akan sebuah zaman dan teknologi baru telah menghadirkan berbagai persoalan bagi sebuah negara terutama eksistensi sebuah negara. Negara akan tetap eksis jika rakyatnya memiliki akan kesadaran berbangsa dan bernegara. Untuk dapat mewujukan akan kesadaran berbangsa dan bernegara perlu di lakukan sebuah action atau tindakan yang mampu menggugah atau menanamkan akan pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara bagi kalangan pelajar. Salah satu tindakan yang bisa di lakukan  ialah memberikan sebuah penyuluhan kepada kalangan pelajar akan arti atau makna pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara sejak dini. Melalui sebuah kegiatan pegabdian masyarakat tim ITP Markandeya Bali merancang kegiatan berupa pegabdian masyarakat yang di lakukan di SMK Praja Pandawa. Adapun bentuk pegabdianya ialah berupa penyuluhan akan penting penanaman sikap  kesadaran berbangsa dan bernegara bagi siswa SMK Praja Pandawa. Hasil dari kegiatan ini siswa memiliki pemahahan dan makna akan perlunya kesadaran berbangsa dan bernegara di tanamkan sejak masih berada dalam masa sekolah

References

Ismail, S. H. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan Konsep Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Indonesia. In 1 (Ed.), Qiara Media (1st ed.). Qiara Media.

Jeriko, A., & Pati, F. (2021). MENUMBUHKAN KESADARAN HIDUP BERBANGSA DAN. 38–43.

Limbong, M. (2020). Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Book, 53(9), 1689–1699.

Rukmi, W., Astuti, D., Nathanael, G. K., & Yudono, R. M. (2022). Penyuluhan Peningkatan Kesadaran Bela Negara Di Paud Srikandi , Jakarta Timur. 2(1), 7–11.

Siregar. (2012). Empat Pilar Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. In Jenderal MPR RI: Vol. (Issue).

Downloads

Published

2023-06-15

Issue

Section

Articles