PENGUATAN LITERASI DIGITAL GURU MELALUI PELATIHAN PENULISAN RUMUS FISIKA, MATEMATIKA, DAN KIMIA BERBASIS MS. WORD

Authors

  • Khairil Anwar Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Lukman Lukman Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Linda Sekar Utami Universitas Muhammadiyah Mataram
  • M. Isnaini Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Islahuddin Islahuddin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Zulkarnain Zulkarnain Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Fatimah Fatimah Universitas Almuslim Aceh
  • Sirajuddin Sirajuddin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nursina Sari Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15166

Keywords:

IT-based training, writing mathematical formulas, ms.word.

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan teknologi digital mendorong para guru dapat mengimplementasikannya untuk membantu pencapaian tujuan belajar mengajar, namun para guru masih sangat minim pengalaman dan pengetahuan dalam menggunakannya, seperti memanfaatkan Ms. Word untuk menggambar, menulis rumus matematis/ kimia/ fisika secara benar, cepat, dan praktis. Melihat permasalahan ini maka dilakukan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru menulis rumus dan menggambar objek untuk pembelajaran sains menggunakan software dasar Ms.Word, dan mengetahui bagaimana espektasi para guru dalam mengembangkan keilmuan dan keterampilan digital. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan kepada para guru mitra sekolah Asshohwah Al-Islamiyah yang berjumlah 20 orang. Kegiatan ini dilaksanakan pada akhir September 2021 secara tatap muka di ruang Laboratorium komputer sekolah mitra. Kegiatan diawali dengan proses koordinasi, observasi, penyusunan jadwal, pengembangan modul, sosialisasi materi, pelaksanaan pelatihan, serta monitoring dan evaluasi yang dilakukan dengan pengamatan kinerja, penyebaran angket, dan wawancara. Kegiatan ini telah terlaksana dengan baik dan lancar, serta berhasil menunjukkan bahwa para guru menjadi tahu dan terampil menggunakan software Ms. Word untuk penulisan rumus dan menggambar materi sains-matematika secara benar dan praktis, selanjutnya 96 % dari seluruh peserta memberikan kesan mendukung keberlanjutan kegiatan pengabdian ini dengan materi terkait teknologi untuk pembelajaran karena menyatakan sangat bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan para guru dan siswa masa kini.

 

Kata kunci: pelatihan berbasis IT; penulisan formula matematis; ms.word.

 

ABSTRACT

The development of digital technology encourages teachers to implementation for achieve teaching and learning goals, but teachers still have very little experience and knowledge in using it, such as using Ms. Word to draw, write mathematical/chemical/physical formulas correctly, quickly, and practically. Seeing this problem, training activities were carried out to improve knowledge and skills of teachers in digital literacy learning science using Ms.Word, and find out how the expectations of teachers are in developing digital science and skills. This activity was carried out through training for teachers of Asshohwah Al-Islamiyah school, totaling 20 people. This activity will be held in September 2021 in the partner school's computer laboratory. The activity begins with a process of coordination, observation, scheduling, module development, material dissemination, training implementation, as well as monitoring and evaluation carried out by observing performance, distributing questionnaires, and interviews. This activity has been carried out well and smoothly, and has succes in showing that teachers know and are skilled at using Ms. Word software for writing formulas and drawing science-mathematical materials correctly and practically, then 96% of all participants gave the impression of supporting the sustainability of this activity with material related to technology for learning because they stated that it was very useful and in accordance with the needs of today's teachers and students.

 

Keywords: IT-based training; writing mathematical formulas; ms.word.

Author Biographies

Khairil Anwar, Universitas Muhammadiyah Mataram

------------------------

Scopus ID: -

Sinta ID: 6029323

Google Scholar

------------------------

Field of Research Interest:

Physic Education, Physics Experiment, ICT for learning physics, Physics-Music

Islahuddin Islahuddin, Universitas Muhammadiyah Mataram


References

Anwar, K., Rusdiana, D., Kaniawati, I., & Viridi, S. (2017). Profil Pembelajaran dan Pengajaran Fisika (Getaran-Gelombang) yang Sesuai Abad 21. Paedagoria.

Farida, M., Agustini, D., Yuridka, F., Sari, M., Zaenuddin, Z., & Rosadi, M. E. (2021). PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI GUNA PERSIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA BAGI SISWA PADA MADRASAH ALIYAH AR-RAHMAH SUNGAI TABUK. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas. https://doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i2.6262

Fatwa, I., Harjuna, H., Amaliah, R., Sutamrin, S., Khadijah, K., & Lihing, P. N. (2022). PENGENALAN EQUATION TOOLS UNTUK MATRIKS, LIMIT FUNGSI DAN EKSPONEN UPT. SMAN 8 TAKALAR. Jurnal Abdimas Indonesia. https://doi.org/10.53769/jai.v2i2.245

Funny, R. A., & Ghofur, M. A. (2023). Pelatihan Equation Editor untuk menulis rumus dan simbol matematika bagi siswa SMA / SMK Sederajat di Desa Banjarasri. 2(1), 100–110. https://doi.org/https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.959

Irmayani, I., & Sudirman, A. M. (2019). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Microsoft Office Pada Aparat Desa di Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. https://doi.org/10.30605/atjpm.v1i1.96

Islahudin, I., Isnaini, M., Zulkarnain, Z., Sabaryati, J., & Utami, L. S. (2021). PENDAMPINGAN PRAKTIKUM LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS SOFTWARE LIVEWIRE BAGI GURU IPA DI MASA PANDEMI COVID-19. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4630

Isnaini, M., & Anwar, K. (2018). EVALUASI KESIAPAN GURU FISIKA SMA DALAM KEGIATAN LABORATORIUM DI KOTA MATARAM. Paedagoria | FKIP UMMat. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v6i1.104

Isnaini, M., Fujiaturahman, S., Utami, L. S., Zulkarnain, Z., Anwar, K., Islahudin, I., & Sabaryati, J. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI SCRATCH SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA BELAJAR SISWA “Z GENERATION†UNTUK GURU-GURU SDN 1 LABUAPI. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6554

Pratiwi, R., Sastrawan, U., & Ginoga, L. F. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN KOMPUTER AKUNTANSI MYOB VERSI 22 PADA SMK TARUNA TERPADU 2 BOGOR. MINDA BAHARU. https://doi.org/10.33373/jmb.v5i2.3501

Sinduningrum, E., Hanif, I. F., Rosalina, R., Pratiwi, N., & Sholeh, M. (2021). PELATIHAN APLIKASI CANVA DALAM MENDUKUNG PELAJARAN JARAK JAUH BAGI GURU SMK MUHAMMADIYAH 7 JAKARTA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4898

Sriyansyah, S. P., & Anwar, K. (2021). Pembelajaran Gelombang Bunyi Menggunakan Alat Musik Suling dan Gawai pada Pelajaran IPA SMP di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Natural Science and Integration. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.13277

Sugianto, N., & Samdara, R. (2022). PELATIHAN KOMPUTER DAN MICROSOFT OFFICE BAGI PERANGKAT DESA UNTUK OPTIMALKAN PELAYANAN MASYARAKAT. Jurnal Berdaya Mandiri. https://doi.org/10.31316/jbm.v4i2.1897

Downloads

Published

2023-06-15

Issue

Section

Articles