PKM PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK GURU DI SMA DHARMA AYU, KEFAMENANU, TIMOR TENGAH UTARA, NUSA TENGGARA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15190Keywords:
dharma ayu high school, teacher, training, scientific writingAbstract
ABSTRAK
SMA Dharma Ayu merupakan salah satu sekolah di kota Kefamenanu yang memiliki minat besar dalam berupaya meningkatkan kompetensi guru agar dapat memberikan bimbingan kepada siswa untuk berkompetisi bidang kepenulisan karya ilmiah baik lokal hingga internasional. Namun, kompetensi guru dalam bidang kepenulisan karya ilmiah masih terbatas, sehingga dibutuhkan pelatihan kepenulisan karya ilmiah untuk meningkatkan kompetensi guru. PKM yang dilakukan adalah pelatihan karya tulis ilmiah bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada guru di SMA Dharma Ayu untuk dapat meningkatkan kompetensi guru. Metode yang dilakukan dengan memberikan pelatihan menulis karya ilmiah secara teoritikal dan secara praktikal. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan kepenulisan karya ilmiah mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menulis karya ilmiah di SMA Dharma Ayu Kefamenanu dengan hasil evaluasi pelatihan menunjukkan aspek kepenulisan mendapatkan nilai rata-rata 77% sangat baik dan aspek kemampuan publikasi artikel dengan nilai rata-rata 73% sangat baik, serta kepuasan peserta pelatihan terhadap dilaksanakannya pelatihan mendapatkan respon positif pada aspek materi dengan nilai rata-rata 83% sangat baik dan pada aspek pelayanan dengan nilai rata-rata 85% sangat baik.
Â
Kata kunci: sma dharma ayu; guru; pelatihan; karya ilmiah.
Â
ABSTRACT
Dharma Ayu High School is one of the schools in the city of Kefamenanu that has a great interest in trying to improve teacher competence so that they can provide guidance to students to compete in the field of writing scientific papers both locally and internationally. However, teacher competence in the field of writing scientific papers is still limited, so training in writing scientific papers is needed to improve teacher competence. The PKM that is being carried out is scientific writing training aimed at providing facilities to teachers at SMA Dharma Ayu to be able to improve teacher competence. The method is carried out by providing theoretical and practical scientific writing training. The results of the dedication show that scientific writing training is able to increase teacher competency in writing scientific papers at Dharma Ayu Kefamenanu High School, with the results of the training evaluation showing the authorship aspect getting an average score of 77% very good and the aspect of article publication ability with an average score of 73% very good, and the satisfaction of the trainees with the implementation of the training receiving a positive response on the material aspect with an average score of 83% very good and on the service aspect with an average score of 85% very good.
Â
Keywords: dharma ayu high school; teacher; training; scientific writing
References
Priyambodo, H., Amrulloh, M. F. F., & Moi, M. Y. (2022). Persepsi Guru terhadap Pelatihan Penggunaan Kahoot! Di SMA Dharma Ayu Kefamenanu. JUPEMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat. , 1(1), 43–52. https://doi.org/https://doi.org/10.58290/jupemas.v1i1
Koro, M., Taneo, S. P., Adoe, T. Y. N., Benu, A. B. N., Lala, S. G. U., Sampe, M., Ngara, M., & Boboy, D. O. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru di SDN Balfai Penfui Timur. Jurnal Pemimpin, 3(1), 17–20. https://doi.org/https://doi.org/10.37792/pemimpin.v3i1.776
Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Guru SMA Swasta di Sidoarjo. Jurnal ABDI, 2(2), 45–50. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p45-50
Kusumawardhani, R., Dias Andris S, Prastikawati, E. F., & Ajeng Setyorini. (2012). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Guru Bahasa Inggris SMA di Kota Semarang. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/e-dimas.v3i2.364
Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.48
Prihadi, S., Hum Yayuk Eny Rahayu, M., Hum Kusmarwanti, M., & Pd, M. (2007). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru SMP se-Kotamadya Yogyakarta.
Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa STKIP Andi Matappa Kabupaten Pangkep.
Setiaji, A. B., & Mursalin, E. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa IAIN Ambon Scientific Writing Training for IAIN Ambon Students (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.37638/indonesiaraya.3.2.39-44
Purnamasari, I., Hayati, M. N. &, & Yuniarti. D. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Mendorong Peningkatan Kualitas Siswa Tingkat SMA. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 131. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.3664
Wahyuni, E. S. (2016). Pengaruh kemampuan berpikir kritis pemahaman bacaan, dan pengaturan diri terhadap kemampuan menulis ilmiah. Ranah, 5(2), 120–132.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.