PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CANVA DI SMK NEGERI KEBASEN

Authors

  • Ali Nur Ikhsan Universitas Amikom Purwokerto
  • Alif Nur Fadilah Universitas Amikom Purwokerto
  • Imun Faizal Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15211

Keywords:

training, community service, tutorial video, canva, workshop.

Abstract

 

ABSTRAK

SMK Negeri Kebasen merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang berada di Kabupaten Banyumas. SMK Negeri Kebasen selalu meningkatkan kualitas anak didik dan berupaya menjadi sekolah unggulan dalam bidang teknologi dan rekayasa di Kabupaten Banyumas. Dalam menjalankan aktivitas pembelajaran para guru berupaya untuk membuat kondisi belajar yang interaktif dan menyenangkan salah satunya dengan menggunakan video pembelajaran. Dalam pembuatan video pembelajaran masih banyak guru yang mengalami kesulitan dan memutuskan untuk memberikan materi secara konvensional. Tim pengabdian masyarakat Amikom Mitra Masyarakat (AMM) berinisiatif melakukan pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Canva di SMK Negeri Kebasen. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu berupa workshop. Tim PkM melakukan pelatihan secara langsung dengan 1 narasumber sebagai pemateri workshop dan 2 pendamping untuk mendampingi guru dalam pelaksanaan workshop. Pelatihan ini dapat menambah pengetahuan guru dalam memanfaatkan Canva sebagai media pembuatan video pembelajaran.

 

Kata kunci: pelatihan; pengabdian masyarakat; video pembelajaran; canva; workshop.

 

ABSTRACT

Kebasen State Vocational School is one of the vocational high schools in Banyumas Regency. Kebasen State Vocational School always improves the quality of students and strives to become a superior school in the field of technology and engineering in Banyumas Regency. In carrying out learning activities, teachers strive to create interactive and fun learning conditions, one of which is by using learning videos. In making learning videos there are still many teachers who experience difficulties and decide to provide material conventionally. The Amikom Mitra Masyarakat (AMM) community service team took the initiative to conduct training on Making Learning Videos Using Canva Media at the Kebasen State Vocational School. The method used in this training is in the form of a workshop. The PkM team conducts hands-on training with 1 resource person as a workshop speaker and 2 assistants to assist the teacher in conducting the workshop. This training can increase teachers' knowledge of using Canva as a medium for making learning videos.

 

Keywords: training; community service; tutorial video; canva; workshop.

References

Arifin, A. N., Ismail, Daud, F., & Azis, A. (2021). Pelatihan aplikasi canva sebagai strategi untuk meningkatkan technological knowledge guru sekolah menengah di kabupaten Gowa. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2021 “Penguatan Riset, Inovasi Dan Kreatifitas Penelitian Di Era Pandemi Covid-19,†5, 468–472. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/25748

Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., Susilowaty, R. A., Farmasi, J., Matematika, F., Alam, P., & Cenderawasih, U. (2021). Jurnal Ilmiah Pro Guru , Vol . 7 No . 1 , Januari 2021 ISSN : 2442 – 2525 , E _ ISSN : 2721-7906 PELATIHAN PEMBUATAN MATERI PRESENTASI DAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA KEPADA GURU DI KOTA MEDAN DAN JAYAPURA SECARA ONLINE Jurnal Ilmiah Pro. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1–10.

Canva. (2023). Tentang Canva. https://www.canva.com/id_id/about/

Juanita, S., Hayati, P., & Sakti, D. V. S. Y. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN PRESENTASI MENARIK DAN INTERAKTIF BAGI GURU PKBMNEGERI 27 PETUKANGAN DENGAN PELATIHAN MICROSOFT POWERPOINT. SEBATIK, 528–533.

Mashud, M., Rohayati, R., Wanita, F., Gatot, E., Darwis, I. T., & Paramita, P. (2021). Implementasi Program Aplikasi Rekapitulasi Pembayaran Spp Pada Smk Prima Tiara Makassar. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717

Restyandito, & Kurniawan, E. (2018). Sistem Infromasi Data Usia Tua Berbasis Websyte. December 2017, 49–53. https://www.researchgate.net/publication/323734276_Pemanfaatan_Teknologi_oleh_Orang_Lanjut_Usia_di_Yogyakarta

Triningsih, D. E. (2021). Penerapan aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan menyajikan teks. Cendekia, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667.Selama

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.

Downloads

Published

2023-06-17

Issue

Section

Articles