PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA TATANAN SEKOLAH DI SLTP NEGERI 10 KOTA TERNATE

Authors

  • Tutik Lestari Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Suryani Mansur Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Asrul S. Silayar Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Damra Mandae Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Dina Imran Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Fahdiyani Alimuddin Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Fitria Aufat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Guslianti Panigfat Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Ivon A. S. Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Jamaluddin Sailili Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Karmila Samsudin Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Masra Aslam Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Nia Arfita M. N. Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Novrianti Togubu Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Nurhadiyat Puradin Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Sahratulsita B. Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Siti Nirwani Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Zulfira A. Pinang Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15254

Keywords:

learners, PHBS, school

Abstract

ABSTRAK

Anak usia sekolah merupakan usia yang rentan menderita penyakit infeksi tertular seperti diare, kecacingan dan gangguan pencernaan lainnya. Kebiasaan mengkonsumsi makanan jajanan di sekolah serta lingkungan sekolah yang kotor sebagai salah satu faktor penyebab sehingga perlu kesadaran bersama dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah sebagai upaya pencegahan penyakit dalam meningkatkan derajat kesehatan. Metode yang dilakukan dalm bentuk ceramah melalui penyuluhan kesehatan dengan sasaran 39 orang peserta didik SLTP Negeri 10 Kota Ternate yang berada di kecamatan Pulau Hiri. Tahapan yang dilakukan berupa persiapan, pelaksanaan dan evaluasi menggunakan pre-post test Hasil yang diperoleh dari analisis uji t dependen adalah adanya peningkatan pengetahuan (p=0,018), sehingga menunjukkan adanya pengaruh penyuluhan dalam peningkatan pengetahuan peserta didik tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Saran yang dapat direkomendasikan perlunya dukungan kebijakan penerapan dan praktik perilaku hidup bersih dan sehat oleh seluruh komponen sekolah atau masyarakat sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, peserta didik, staf sekolah lainnya untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

 

Kata kunci: peserta didik; PHBS; sekolah

 

ABSTRACT

School-age children are an age that is vulnerable to contracting infectious diseases such as diarrhea, worms, and other digestive disorders. The habit of consuming snacks at school is one of the causal factors, so that there is a need for joint awareness in implementing clean and healthy living behaviors in the school environment. The purpose of this service activity is to increase students' understanding of clean and healthy living behavior in schools as an effort to prevent disease in improving health status. The method is carried out in the form of lectures through health counseling with a target of 39 studentsi SLTP Negeri 10 Kota Ternate who are on Hiri Island. The steps taken are in the form of preparation, implementation and evaluation using the pre-post test. The results obtained from the dependent t test analysis were an increase in knowledge (p = 0.018), thus indicating the existence of effect counseling to increase students' knowledge about clean and healthy living behaviors. Suggestions that can be recommended are the need for policy support  implementation and practice of clean and healthy living behavior by all components of the school starting from students, teachers, other school staff to create a healthy environment.

 

Keywords: learners; PHBS; school

Author Biographies

Tutik Lestari, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara


Dina Imran, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara


References

Aeni, Q., Beniarti, F., & Warsito, B. E. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Pemutaran Video tentang PHBS Cuci Tangan terhadap Pengetahuan dan Sikap. Jurnal Keperawatan, 7(2), 1–5.

Direktorat Sekolah Dasar, K. (2021). Buku Saku Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Di Sekolah Untuk Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid19. 24.

Fahrurrozi, M. uhammad et al. (2023). Pendidikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Di SMP Negeri 3 Narmada. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 15–20. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i1.2087

Febriani, C. A., & Al, E. (2022). Penyuluhan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Sekolah Di 01 Langkapura. Journal of Community Services in Humanities and Social Sciences, 4(1), 27–38.

Febriawati, H. et al. (2023). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyatakat (PKM), 6(4), 1412–1426.

Gabur, M. G., Yudiernawati, A., & Dewi, N. (2017). Hubungan Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) terhadap Personal Hygiene Anak Usia Sekolah Di SDN Tlogomas 2 Malang. Journal Nursing News, 2(1), 533–542.

Lina, H. P. (2017). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Di SDN 42 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang. Jurnal Promkes, 4(1), 92–103. https://doi.org/10.20473/jpk.v4.i1.2016.92-103

Nurmahmudah, E., Puspitasari, T., & Agustin, I. T. (2018). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak Sekolah. Jurnal ABDIMAS UMTAS, 1(2), 46–52. https://doi.org/10.35568/abdimas.v1i2.327

Rismawan, M., Angraini, K., & Kasmini, N. K. (2018). Plaksanan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada SDN Di Kota Denpasar. JRKN, 02(01), 71–80.

Sugiritama, I. W. et al. (2021). Pengembangan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak Sekolah Melalui Metode Penyuluhan. Buletin Udayana Mengabdi, 20(1), 64–70. https://doi.org/10.24843/bum.2021.v20.i01.p11

Downloads

Published

2023-06-17

Issue

Section

Articles