EDUKASI GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN MEDIA INFOGRAFIS DAN MEDIA WEBSITE MELALUI APLIKASI WHATSAPP PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15273Keywords:
education, balanced nutrition, infographics, website, whatsapp.Abstract
ABSTRAK
Pedoman gizi seimbang harus diperkenalkan pada seluruh masyarakat khususnya pada anak usia sekolah karena anak sekolah merupakan usia yang rawan mengalami permasalahan gizi. Salah satu cara untuk memperkenalkan pedoman gizi seimbang pada masyarakat yaitu dengan memberikan edukasi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan gizi seimbang siswa sekolah dasar menggunakan media infografis dan media website melalui aplikasi whatsapp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan anak sekolah dasar sebelum dan sesudah diberikan edukasi mengenai gizi seimbang menggunakan media infografis (p=0,001) dan terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan anak sekolah dasar sebelum dan sesudah diberikan edukasi mengenai gizi seimbang menggunakan media website (p=0,003). Dapat disimpulkan bahwa edukasi gizi seimbang menggunakan media infografis dan media website melalui aplikasi Whatsapp dapat meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dasar.
Â
Kata kunci: edukasi; gizi seimbang; infografis; website; whatsapp.
Â
ABSTRACT
Guidelines for balanced nutrition must be introduced to the whole community, especially to school-age children because school children are an age that is prone to nutritional problems. One way to introduce balanced nutrition guidelines to the community is by providing education. This activity aims to increase elementary school students' balanced nutrition knowledge using infographic media and website media through the WhatsApp application. The results showed that there was a significant difference between the knowledge of elementary school children before and after being given education about balanced nutrition using infographic media (p=0.001) and there was a significant difference between the knowledge of elementary school children before and after being given education about balanced nutrition using the media website (p=0.003). It can be concluded that balanced nutrition education using infographic media and website media through the Whatsapp application can increase elementary school students' knowledge
Â
Keywords: education; balanced nutrition; infographics; website; whatsapp.
References
Fitriana, W. A. (2021). Efektivitas Peningkatan Pengetahuan Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA) Melalui Whatsapp Grup Menggunakan Media Infografis dan Video. Jurnal Andaliman : Jurnal Gizi Pangan, Klinik dan Masyarakat, 13-21.
Haris, V. S. (2018). Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Animasi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Makanan Bergizi, Seimbang dan aman Bagi Siswa SD 08 Cilandak Barat Jakarta Selatan Tahun 2017. Quality Jurnal Kesehatan, Vol. 1 No. 1, 38-42.
Hootsuite. (2020). Hootsuite (We Are Social) : Indonesia Digital Report. United State: Hootsuite.
Khomsan, A. (2000). Teknik Pengukuran Pengetahuan Gizi. Bogor: Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor.
Kurniasari, R., & Rahmatunnisa, R. (2020). Pendidikan Gizi Menggunakan Media Nutriedutaintment Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi dan Kuliner, Vol. 1 No. 2, 33-40.
Mahmud, M. R. (2017). Efektivitas Edukasi Dengan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Gizi Seimbang. Jurnal Riset Gizi, Vol. 5 No. 1, 21-25.
Nurhannifah Rizky Tampubolon, & Kaban, A. R. (2021). Penyuluhan Gizi Seimbang pada Anak dengan Gaya Hidup Sedentari di Masa Pandemi di Kecamatan Medan Area. Jurnal Pengabdian Masyarakata Aufa (JPMA), 91-94.
Redyastuti, E., & dkk. (2017). Efektivitas Edukasi Gizi Menggunakan Media Komik Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah dasar. Jurnal Riset Gizi, Vol. 5 No. 2.
Riskesdas. (2018). Hasil Riskesdas 2018. Kementrian Kesehatan RI.
WHO. (2013). Global Nutrition Policy Review: What Does It Take to Scale Up Nutrition Action? Switzerland: World Health Organization.
Zulfitria, Ansharullah, & Faadhillah. (2020). Penggunaan Teknologi dan Internet sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.