PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU PRODUKTIF SMK DALAM PENDIDIKAN 4.0 MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN DAN PUBLIKASI VIDEO PEMBELAJARAN DI YOUTUBE
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.17827Keywords:
education 4.0, learning video, vocational high school, youtubeAbstract
ABSTRAK
Pendidikan 4.0 merupakan paradigma pendidikan masa depan, dimana pembelajaran cybergogy yang diterapkan. Pembelajaran ini memerlukan teknologi digital dan internet dalam penerapannya. Salah satu teknologi digital tersebut adalah video pembelajaran. Salah satu SMK Negeri di Kabupaten Tegal siap mendukung pendidikan 4.0 dengan menerapkan pembelajaran interaktif dengan menggunakan video. Tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan digital guru produktif SMK.. Ada 3 tahapan dalam pengabdian ini yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan dilakukan dengan (1) mengumpulkan informasi situasi di SMK, (2) mengatur waktu dan tempat pelatihan, dan (3) mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan saat pelatihan, lembar kuesioner dan soal pretest & posttest. Tahap pelaksanaan menggunakan beberapa metode, yaitu ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung. Evaluasi dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest, mengisi kuesioner kebermanfaatan pengabdian, dan pengamatan selama proses pelatihan. Hasil pengabdian ini menunjukan bahwa pelatihan ini diadakan pada tanggal 27 Juli 2023 dengan jumlah peserta 15 guru dapat meningkatkan pengetahuan peserta pelatihan dari 56,00 menjadi 77,33 dari skor maksimal 100. Selama proses pelatihan peserta pelatihan termotivasi. Peserta pelatihan merasa sangat puas dengan pelatihan yang dilakukan.
Â
Kata kunci: pendidikan 4.0; SMK; video pembelajaran; youtube
Â
ABSTRACT
Education 4.0 is a future educational paradigm, where cybergogy learning is applied. This learning is not only assisted by digital technology but uses the internet in its use. One of these digital technologies is learning videos. One State Vocational School in Tegal Regency is ready to support education 4.0 by implementing learning using videos. The purpose of this service is to improve the productive digital skills of SMK teachers. There were 3 stages in this service, namely, preparation, implementation, and evaluation. The preparatory phase was carried out by (1) gathering information on the situation at the SMK, (2) arranging the time and place for the training, and (3) preparing the tools and materials to be used during the training and the pretest & posttest sheets. The implementation phase used several methods, namely lectures, demonstrations, and direct practice. Evaluation was carried out before, during and after the activity by providing pretest and posttest, observing during the training process, and assessing the performance of the trainees. The results of this service showed that this training held on July 27 2023 with a total of 15 teachers participating can increase the training participants' knowledge from 56.00 to 77.33 from a maximum score of 100. During the training process the training participants were motivated. The training participants were very satisfied with the training carried out..
Â
keywords: education 4.0; learning video; vocational high school; youtube
References
Andhika, A. (2019). Penggunaan Video Promosi Wisata Melalui Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan ke Provinsi Kalimantan Selatan. MUTAKALLIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 26–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jm.v2i2.3515
Arieffansyah, F. (2023). Analisa Proses Editing Video Berita Menggunakan Software Edius Dan Adobe Premiere Pada Pasca Produksi Untuk Program Televisi Di PT. Indrasakti Media Televisi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 55–71. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i3.2473
Baron, R., Arfani, S., & Lestari, V. L. (2022). Students’ Perception of YouTube as Authentic Material in Online Learning. Jurnal Paedagogy, 9(3), 514–520. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5418
Ceci, L. (2023). Countries with the most YouTube users 2023.
Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru terhadap Gaya Belajar Siswa di SDN 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25–33. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p25-33
Hakiki, S. S., Hidayat, A. A., Wilani, Qistina, Y., Alfikri, M. H., Azkia, R. S., & Muftie, Z. (2021). Pendampingan Kiat-kiat Belajar Menyenangkan dari Rumah bagi Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Pasanggrahan. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(56), 27–39. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1186
Hamzah, I., & Usmeldi, U. (2022). Dampak Media Youtube terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 192–201. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jpte.v3i2.218
Haq, R., Astuti, D. S. F., Iskandar, R., Sunarsih, & Kusuma, Y. R. (2021). Pelaksanaan Dan Evaluasi Penyuluhan Pertanian Pembuatan Pupuk Bokashi Di Desa Mangunrejo Magelang. Abdimas Mandalika, 1(1), 01–09. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Hermawansa, H., & Susanto, E. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Youtube terhadap Hasil Belajar Siswa. Computer and Informatics Education Review, 3(2), 5–9. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/cier.3022022.2467.5-9
Kadarusman, A. (2022). Penggunaan Media Sosial Youtube terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Teknik Otomotif di Kelas X TMO 1 SMKN Bantarkalong. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan (JURINOTEP), 1(2), 162–168. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i2.119
Kausar, A., Sutiawan, Y. F., & Rosalina, V. (2015). Perancangan Video Company Profile Kota Serang dengan Teknik Editing menggunakan Adobe Premier Pro CS 5. Jurnal Prosisko, 2(1), 19–26. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/94/153
Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Yayasan Kita Menulis.
Ma’mun, S. (2021). Analisis Metode Pembelajaran Ceramah Masa Pandemi Covid-19. Mimbar Kampius: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 20(2), 137–150. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/mk.v20i2.512
Miller, K. (2012). Playing Along: Digital Games, YouTube, and Virtual Performance. Oxford University Press.
Nabela, D., Kasiyun, S., Rahayu, D. W., & Akhwani, A. (2021). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi selama Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2653–2663. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1301
Nafilah, N. P., & Sakti, A. W. (2022). The Effectiveness of Using Youtube Applications as Learning Media to Increase Reading and Writing Interest of Elementary School Students’. ASEAN Journal of Educational Research and Technology, 1(1), 71–78.
Pangaribuan, A. Z., Siregar, R., & Handoko, D. (2020). Aplikasi Bicubic Interpolation Dan Histogram Equalization Dalam Peningkatan Kualitas Video Resolusi Rendah. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi, 1(1), 9–16.
Patiño, A., RamÃrez-Montoya, M. S., & Buenestado-Fernández, M. (2023). Active learning and education 4.0 for complex thinking training: analysis of two case studies in open education. Smart Learning Environments, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s40561-023-00229-x
Permana, G. B., Puriartha, I. K., & Putra, I. H. K. (2021). Penerapan Acousmatic untuk Membangun Dimensi Ruang pada Tata Suara Film “Sepenggal Kisah Bunga.†Calaccitra: Jurnal Film Dan Televisi, 1(2), 31–40. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra/article/view/756
Primananda, R., & Hamid, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Oleh Guru Geografi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 5 Model Palu. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 18(1), 15–43.
Purwanto, A., Fahmi, K., & Cahyono, Y. (2023). The Benefits of Using Social Media in the Learning Process of Students in the Digital Literacy Era and the Education 4.0 Era. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.4444/jisma.v2i2.296
Rahmanto, R., & Ayuningtyas, B. (2021). Adaptive power control on dvb-t system based on no-reference perceptual picture quality metric. Jurnal Teknika Dan Informatika (JTI), 1(1), 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.52909/jti.v1i1.7
Rahmatika, R., Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The effectiveness of YouTube as an online learning media. Journal of Education Technology, 5(1), 152-158. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628
Rofingah. (2020). Penerapan Gaya Belajar Kinestetik (Metode Demonstrasi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya (Tari Kuala Deli) Di Kelas VII.3 SMP Negeri 3 Enok Kabupaten Indragiri Hilir Tahun 2019/2020 [Universitas Islam Riau]. https://repository.uir.ac.id/12703/
Sillence, E., & McKellar, K. (2023). Communicating knowledge and embodied experiences of personal menstrual cup use through YouTube. Qualitative Health Communication, 2(1), 58–72. https://doi.org/https://doi.org/10.7146/qhc.v2i1.133038
Sitompul, W. W., Masitoh, S., Tanjung, S. P., & Kartini, K. (2022). Penelitian Tentang Youtube. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 14–19.
Sugiarto, I. (n.d.). Selayang Pandang SMK Negeri 2 Slawi. https://smkn2slawi.sch.id/tentang-kami/
Susanthi, N. L., Suryatini, N. K., & Budiyana, K. H. (2019). Penyutradaraan Video Pembelajaran Gender Wayang Untuk Generasi Digital. Proceeding: International Conference on Art, Design, Education, and Cultural Studies (ICADECS), 177–182. https://icadecs.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/05/31-nyoman-lia-susanthi.pdf
Umaroh, S. T., Soeryanto, S., Warju, W., & Muslim, S. (2022). Peningkatan Kualitas Proses dan Prestasi Belajar Siswa SMK Teknik Otomotif dengan Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1150–1155. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2068 1150-1155
Wibowo, D. Y. (2021). Proses Produksi Media Pembelajaran Instrumen Musik Drum Berbasis Video Tutorial. Jurnal Seni Musik, 11(1), 67–84. https://ojs.uph.edu/index.php/JSM/article/view/3745
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.