URGENSI PENDIDIKAN BERKUALITAS BAGI PEKERJA ANAK
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.18308Keywords:
urgency, quality education, child laborAbstract
ABSTRAK
Anak memiliki peran strategis penentu masa depan bangsa. Anak harus di lindungi segala kepentingannya, baik fisik, psikis dan intelektualnya serta hak-hak lainnya beserta harkat dan martabatnya. Namun bagi pekerja anak hak-haknya kurang sempurna didapatkan, di mana prestasi anak lemah, kemudian kecakapan sosial dan kepribadiannya kurang bisa dikembangkan. Padahal pendidikan sesungguhnya bertujuan membentuk manusia cerdas intelektualnya, serta mampu mengembangkan spiritualnya. Berkaitan dengan hal tersebut urgensi pendidikan berkualitas bagi pekerja anak sangat penting untuk dilakukan. Melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat yang memberikan penjelasan dan pemahaman pentingnya pendidikan berkualitas bagi pekerja anak. Teknik yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi beberapa tahapan diantaranya: persiapan dilakukan dengan koordinasi kepada mitra pengabdian pada masyarakat. Selanjutnya pelaksanaan yang berisi pelatihan terkait penjelasan tentang konsep pendidikan secara umum, penjelasan pentingnya pendidikan berkualitas bagi pekerja anak kemudian sesi interaktif. Selanjutnya evaluasi dan pelaporan. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat bahwa peserta mendapatkan pemahaman yang kompleks tentang urgensi pendidikan berkualitas bagi pekerja anak dengan mengenal pekerja anak, identifikasi permasalahan belajar pekerja anak, serta langkah yang dapat dilakukan dalam memberikan pendidikan berkualitas bagi pekerja anak.
Â
Kata kunci: urgensi; pendidikan berkualitas; pekerja anak
Â
ABSTRACT
Children have a strategic role in determining the future of the nation. Children must have all their interests protected, both physical, psychological and intellectual, as well as other rights along with their honor and dignity. However, for child workers, their rights are less than perfect, where children's performance is weak, their social skills and personality cannot be developed. In fact, education actually aims to form people who are intellectually intelligent and able to develop spiritually. In this regard, the urgency of quality education for child workers is very important. The techniques used in this activity include several stages including: preparation is carried out in coordination with community service partners. Next, the implementation contained training related to an explanation of general education concepts, an explanation of the importance of quality education for child workers and then an interactive session. Next is evaluation and reporting. The results of community service activities show that participants gain a complex understanding of the urgency of quality education for child workers by getting to know child workers, identifying learning problems for child workers, as well as steps that can be taken to provide quality education for child workers.
Â
Keywords: urgency; quality education; child labor
References
Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. . Jurnal Edik Informatika, 3(2).
Hasanah, U., & Raharjo, S. T. (2016). Penanganan Kekerasan Anak Berbasis Masyarakat. Share Social Work Journal, 6(1).
Manizar, E. (2017). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Tadrid Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2).
Nursaptini, Syafruddin, & Suryanti, N. M. N. (2023). Pendidikan Pekerja Anak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 6(1).
Oktavia, S. A., Dwi, Y. V., & Deti, R. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(2).
Permana, S. A. (2020). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Syifaul Qulub Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2).
Ramdani, H., Krisnani, H., & Basar, G. G. K. (2015). Peran Pekerja Sosial dalam Isu Pekerja Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1).
Sahlberg, P. (2011). The Fourth Way of Finland. Journal of Educational Change, 12(2).
Santriati, amanda T. (2020). Perlindungan Hak Pendidikan Anak Terlantar Menurut Undang-Undang Perlindungan Anak. Jurnal Pendidikan El Wahdah, 1(1).
Scheerens, J., & Blomeke, S. (2016). Integrating Teacher Education Effectiveness Research Into Educational Effectiveness Models. Educational Research Review, 18.
Wulandari, B. D. (2016). Kebiasaan Belajar Dua Siswa Dari Keluarga Marginal di MTs Al-Makmur. Jurnal Psiko-Edukasi, 14(2).
Zaki, M. (2014). Perlindungan Anak dalam Perspektif Islam. Asas, 6(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.