PEMANFAATAN POJOK BACA SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN MINAT BACA PADA SISWA DI SDN II KERU

Authors

  • Hidayati Hidayati Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ilham Ilham Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Rima Rahmaniah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Irwandi Irwandi Universitas Muhammadiyah Mataram
  • M. Hudri Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Muhamad Zainudin Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nadila Ika Pratiwi Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Rosa Karisma Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Putri Amalia Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Rika Risanti Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sarah Marchela Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Alfith Turangga Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19246

Keywords:

reading area, strategy, interest in reading, elementary school.

Abstract

ABSTRAK

Sebagai komponen vital dari lingkungan pendidikan, School Literacy Movement (GLS) melibatkan semua individu yang terkait dengan sekolah (guru, siswa, orang tua/wali, dan masyarakat) (Paradina, 2017). Penjelasan ini menunjukkan betapa pentingnya menerapkan program keaksaraan di sekolah karena mereka membantu pertumbuhan anak-anak, terutama dalam hal memelihara kecintaan membaca. Penelitian ini bermula dari masalah minat baca yang rendah di kalangan Siswa SDN 2 Keru. Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi efektivitas pemanfaatan pojok baca sebagai strategi untuk meningkatakan minat baca pada Siswa SDN 2 Keru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara dan observasi sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan sig[1]nifikan dalam minat baca siswa setelah implementasi pojok baca. Pembahasan mengidentifikasi pentingnya pemilihan buku yang sesuai dan lingkungan yang mendukung. Saran meliputi perluasan program pojok baca dan pengembangan koleksi buku yang lebih beragam untuk mendukung minat baca siswa secara berkelanjutan.

 

Kata kunci: pojok baca; strategi; minat baca; siswa SD.

 

ABSTRACT

The School Literacy Movement (GLS) encompasses all people connected to the school (teachers, students, parents/guardians, and the community) and is an essential part of the educational environment (Paradina, 2017). This demonstrates how crucial it is to conduct literacy initiatives in schools because they aid in children's development, particularly when it comes to fostering a love of reading. This research began with the issue of low reading interest among students at SDN 2 Keru. The research objective was to evaluate the effectiveness of utilizing the reading corner as a strategy to increase reading interest among SDN 2 Keru students. The research method employed was qualitative with interviews and observations as data collection tools. The research results indicated a significant increase in the students' reading interest after the implementation of the reading corner. The discussion identified the importance of selecting suitable books and creating a supportive environment. Recommendations include expanding the reading corner program and diversifying the book collection to sustain and enhance students' reading interests.

 

Keywords: reading area; strategy; interest in reading; elementary school.

Author Biographies

Hidayati Hidayati, Universitas Muhammadiyah Mataram

PBI FKIP

Rima Rahmaniah, Universitas Muhammadiyah Mataram

PGSD FKIP

Irwandi Irwandi, Universitas Muhammadiyah Mataram

PGSD FKIP

M. Hudri, Universitas Muhammadiyah Mataram

PGSD FKIP

Muhamad Zainudin, Universitas Muhammadiyah Mataram

PGSD FKIP

Nadila Ika Pratiwi, Universitas Muhammadiyah Mataram

PGSD FKIP

Rosa Karisma, Universitas Muhammadiyah Mataram

PGSD FKIP

References

Gunawan, A. N., Latifah, N., & Mawardi, M. (2023). Pendekatan Whole Language Terhadap Keterampilan Bahasa Indonesia Kelas V SD Ilmu Teknologi Bahasa dan Budaya. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6129

Haniefa, R. (2022). Implementasi Model Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Penilaian Empat Keterampilan Berbahasa Arab. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i1.11

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.†Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://jurnaldidaktika.org/

Hidayati, Mandala, H., Rahmaniah, R., Hudri, M., Irwandi, & Nurmiwati. (2022). Pojok Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Dan Kreativitas Di Masa Covid-19 Bagi Anak Usia Sekolah. JCES (Journal of Character Education Society).

Hijrawatil Aswat, & Andi lely Nurmaya G. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562

Nayren, J., & Hidayat, H. (2021). PENGARUH NILAI-NILAI ESTETIKA PADA PENATAAN POJOK BACA TERHADAP MINAT BACA ANAK USIA DINI. Al-Abyadh. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.321

Nirmala, S. D. (2019). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SE-GUGUS 2 PURWASARI DALAM MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL FIVES DAN MODEL GUIDED READING. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3889

Tumbel, M. E. (2023). Analisis Proses Pembelajaran pada Peserta Didik di TK Frater Don Bosco Tomohon. 12(4), 921–934.

Wicaksana, A. (2016). Pengaruh Pojok Baca Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Di Mi Al-Furqan Muhammadiyah Banjarmasin 3. Https://Medium.Com/.

Downloads

Published

2023-12-25

Issue

Section

Articles