PENDIDIKAN DAN PELATIHAN UNTUK MENGOPTIMALISASIKAN KETRAMPILAN MENGAJAR BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING BAGI SISWA TK DAN PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19416Keywords:
english learning, kindergarten and early childhood education, glory learning centreAbstract
ABSTRAK
Glory Learning Center (GLC) adalah sebuah lembaga bimbingan belajar bahasa Inggris untuk siswa TK yang telah bekerjasama dengan beberapa TK di wilayah Purwokerto, Purbalingga, Jatilawang, Banyumas, hingga Banjarnegara. Perekrutan pengajar di GLC lebih berfokus pada kemampuan calon pengajar dalam menangani siswa di kelas. Sementara itu, ketrampilannya dalam mengajar bahasa Inggris menjadi persyaratan tambahan untuk kegiatan pembelajaran di kelas. Akibatnya, terdapat keluhan dari orang tua siswa, seperti cara mengajar yang kurang sesuai dan pelafalan yang kurang tepat. Melihat permasalahan ini, pengabdian berupa edukasi dan pelatihan dilakukan agar mereka memiliki pemahaman tentang pembelajaran bahasa Inggris, khususnya untuk siswa TK. Pengajar diperkenalkan dan melakukan praktik mengenai cara menggunakan kamus daring yang dapat dimanfaatkan sebagai penunjang pembelajaran, khususnya dalam hal pelafalan. Survei pasca kegiatan menunjukan keberhasilan kegiatan dengan indikator kognitif para peserta. Sebanyak 80 % pengajar dapat memahami materi dengan baik dan dapat menggambarkan rencana implementasinya di kelas. Selain itu, terjadi peningkatan pada pengenalan terhadap kamus. Awalnya, hanya sekitar 20% pengajar yang mengetahui adanya kamus daring untuk pembelajaran pelafalan. Setelah kegiatan pengabdian dilaksanakan, seluruh pengajar memahami dan termotivasi dalam memanfaatkannya. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini memberikan dampak baik bagi pengajar, khususnya bagi mereka yang memiliki latar belakang keilmuan non-bahasa. Kegiatan ini juga meningkatkan nilai jual lembaga bimbingan tersebut karena memiliki sumber daya berkualitas yang menunjang kegiatan pembelajaran.
Â
Kata kunci: pembelajaran bahasa Inggris; TK dan PAUD; glory learning center
Â
ABSTRACT
Problems in the beginner-level English learning try to be solved by a community service activity, Amikom Mitra Masyarakat scheme. It is carried out by giving education and learning to teacher in Glory Learning Center (GLC). Teacher recruitment at GLC is more focused on how to handle children in class and English teaching skills become an additional requirement. Seeing this problem, service needs to be carried out so that they will have a better understanding of English learning for kindergarten students. Hence, they not only convey the material based on the module, but also have consideration in delivering learning material and assessing student learning outcomes. Then, teachers are introduced to online dictionaries that can be used as learning reference, especially in terms of pronunciation. The teachers also practice to use the dictionary. Through the post-activity survey, it was seen that the activity was successful with the cognitive indicators of the participants. Teachers can understand the material well and can describe the implementation plan in class. Thus, this service activity has a good impact on teachers, especially for those who have non-language education background, as well as increasing the value of institution because it has quality resources.
Â
Keywords: english learning; kindergarten and early childhood education; glory learning centre
References
Aljumah, F. H. (2020). Second Language Acquisition: A Framework and Historical Background on Its Research. English Language Teaching, 13(8), 200. https://doi.org/10.5539/elt.v13n8p200
Amalia, T. Z. (2021). Peran Guru Anak Usia Dini Dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dasar di PAUD. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(2). https://doi.org/10.51529/ijiece.v5i2.195
Amelia, F., & Lailiyah, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 75. https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.4441
Arif, N., Ernanda, E., Heryanti, R., & Volya, D. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Guru PAUD Al-Hikmah di Kelurahan Mayang Mangurai Kota Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 461–467. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11563
Bulan, A., Nurhasanah, E., Mardiah, M., & Hasan, H. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ): Sebuah Kajian Reflektif Teoritis. E-Journal Lppm Unsa, 1(2020), 348–353. http://journal.lppmunsa.ac.id/index.php/ippemas2020
Erni, E. (2021). Pelatihan Penerapan Teknik Fun Game Pada Guru Bahasa Inggris PAUD Kecamatan Bengkalis. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(1), 89–101. https://doi.org/10.46306/jub.v1i1.18
Fitriani, L., Fatimah, D. D. S., & Novitasari, S. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Bahasa Inggris untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 19(2). https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1140
Fitriani, S. (2019). A Child Language Acquisition in Indonesian and English Language: A Longitudinal Case Study. Register Journal, 12(2), 126–156. https://doi.org/10.18326/rgt.v12i2.126-156
Masruroh, L., Ainiyah, M., & Hidayah, B. (2018). Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris Usia Dini bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di PAUD-TK-MI. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 2(1). https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.247
Nyamapfene, A. (2009). Computational Investigation of Early Child Language Acquisition Using Multimodal Neural Networks: A Review of Three Models. Artificial Intelligence Review, 31(1–4), 35–44. https://doi.org/10.1007/s10462-009-9125-6
Ryanto, B., Rahaningsih, N., & ... (2022). Game Puzzle Hewan Untuk Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Paud Menggunakan Metode Addie. JURSIMA (Jurnal …, i. https://ejournal.stmikgici.ac.id/index.php/jursima/article/view/432
Safitri, H., Al-Baroroh, A., Antika, R., & Astuti, P. P. (2022). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini dengan Variasi. Acitya Bhakti, 2(2).
Safitri, L. (2020). Children Language Acquisition Process. LET: Linguistics, Literature and English Teaching Journal, 10(2), 157. https://doi.org/10.18592/let.v10i2.4042
Sudirman, A., Widyarin, T. L., & Maulana, W. A. (2019). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Guru PAUD di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 19(2). https://doi.org/10.14421/aplikasia.v19i2.2234
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.