PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PUBLIKASI ILMIAH DI BIDANG PENELITIAN PENDIDIKAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19578

Keywords:

scientific articles, teacher professionalism, publications, educational research

Abstract

ABSTRAK

Dalam rangka untuk meningkatkan profesionalitas guru sebagai tenaga pendidik, maka penting bagi guru untuk cakap melakukan penelitian di bidang pendidikan sebagai bentuk evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan kepada peserta didik. Selain itu, kegiatan penelitian yang dilaksanakan wajib dilaporkan dan ditulis menjadi suatu artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah untuk membentuk budaya akademis bagi guru dan meningkatkan profesionalisme guru dengan peningkatan jabatan fungsional. Hasil observasi pada mitra didapatkan bahwa pengalaman guru untuk melakukan penelitian dan publikasi artikel ilmiah masih tergolong rendah, sehingga penting dilakukan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel serta publikasi ilmiah bagi guru di SMAN 1 Grabag dan SMAN 2 Grabag. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan dengan metode in house training dan pendampingan secara daring. Adapun kegiatan terdiri dari persiapan, pelatihan publikasi artikel ilmiah, dan pendampingan penulisan artikel ilmiah. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta kegiatan sebanyak 5% pada kategori baik sekali, sebanyak 19,52% pada kategori baik, dan 22,19% pada kategori cukup setelah dilakukan paparan materi mengenai metode penelitian pendidikan dan publikasi artikel ilmiah yang diukur melalui nilai pre test dan post test. Selain itu, kegiatan terus berlanjut dengan melakukan pendampingan penulisan artikel ilmiah dan publikasi artikel ilmiah di jurnal nasional melalui sistem open journal system secara daring dan intensif pada guru yang betul-betul berkomitmen.

 

Kata kunci: artikel ilmiah; profesionalisme guru; publikasi; penelitian pendidikan

 

ABSTRACT

In order to improve the professionalism of teachers as educators, it is important for teachers to be competent in conducting research in the field of education as a form of evaluating learning that has been delivered to the students. In addition, research activities must be reported and written into scientific articles published in scientific journals to form an academic culture for teachers and increase the teacher professionalism. The results of observations showed that teachers' interest in conducting research and publishing scientific articles is still relatively low, so it is important to provide workshop and assistance in writing articles and scientific publications for teachers at SMA N 1 Grabag and SMA N 2 Grabag. The method of this activity consists of preparation, workshop for publication of scientific articles, and assistance in writing scientific articles. The results of the activity showed that there was an increase in the understanding of activity participants by 5% in the very good category, 19.52% in the good category, and 22.19% in the sufficient category after exposure to material regarding educational research methods and publication of scientific articles as measured by grades pre test and post test. Apart from that, activities continued by providing assistance in writing scientific articles and publishing scientific articles in national journals through an open journal system online and intensively for teachers who are truly committed.

 

Keywords: scientific articles; teacher professionalism; publications; educational research

Author Biographies

Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum, Universitas Tidar

Pendidikan Biologi

Shefa Dwijayanti Ramadani, Universitas Tidar

Pendidikan Biologi

References

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Bhakti, Y. B. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire sebagai Media Pembelajaran Guru. Abdimas Dewantara, 2(2), 107. https://doi.org/10.30738/ad.v2i2.2872

Fazalani, R., Handayani, S., Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P., Qamarul Huda Badaruddin, U., Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., & Qamarul Huda, I. (t.t.). PELATIHAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SMK AL-KARIMAH KECAMATAN PRAYA LOMBOK TENGAH 1). Dalam Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1).

Idrus, A., Setiyadi, B., & Pratama, R. (2022). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 71–77. https://doi.org/10.31949/jb.v3i1.1803

Liberna, H., Saputra, A., & Sulistyaningsih, E. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-guru MTs N 40 Jakarta Barat. Jurnal Abdidas, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.196

Melfianora, I., & Si, M. (t.t.). PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DENGAN STUDI LITERATUR. http://banjirembun.blogspot.co.id/2012/04/penelitian-kepustakaan.html

Neuvonen, K. A., Launonen, K., Smith, M. M., Stadskleiv, K., & von Tetzchner, S. (2022). Strategies in conveying information about unshared events using aided communication. Child Language Teaching and Therapy, 38(1), 78–94. https://doi.org/10.1177/02656590211050865

UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rosadi, A., Nur, R. A., Ridwan, D., & Apriandinata, I. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Pengabdian Kepada Masyarakat Pada Mahasiswa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 125–130. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.297

Sabandi, A. (2013). SUPERVISI PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU BERKELANJUTAN. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 1. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i2.4275

Turbek, S. P., Chock, T. M., Donahue, K., Havrilla, C. A., Oliverio, A. M., Polutchko, S. K., Shoemaker, L. G., & Vimercati, L. (2016). Scientific Writing Made Easy: A Stepâ€byâ€Step Guide to Undergraduate Writing in the Biological Sciences. The Bulletin of the Ecological Society of America, 97(4), 417–426. https://doi.org/10.1002/bes2.1258

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Widiana, I. W., Tristiantari, N. K. D., Rediani, N. N., Yudiana, K. E., & Sari, N. M. D. V. S. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 140–149. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.52117

Downloads

Published

2023-12-10

Issue

Section

Articles